Fabio Oliveira

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Fabio Oliveira (lahir di Rio De Janeiro, Brazil, 25 Juni 1973) adalah seorang mantan pemain yang kemudian menjadi pelatih sepak bola di Indonesia. Ia memulai karier pada klub sepak bola Brazil sampai klub sepak bola Indonesia dan juga pernah menjadi asisten pelatih tim nasional sepak bola Indonesia.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Ia Memulai kariernya di klub kampung halamannya, Olaria Atlético Clube, di usia 16 tahun pada 1989. Tiga tahun kemudian, ia bergabung dengan Clube de Regatas Flamengo selama dua tahun. Kemuadian, ia bergabung dengan Madureira Esporte Clube tetapi hanya beberapa bulan kemudian, ia terpilih ke Stuttgart kickers Germany pada tahun 1994. Ia kembali ke kampung kelahirannya untuk bernostalgia di klub Olaria Atlético Clube pada tahun 1995.

Sepak Bola Indonesia[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1996 ia mulai merintis karier di klub sepak bola Indonesia yaitu Persita Tangerang. Semusim menjadi gelandang serang membuat ia di lirik-lirik oleh banyak klub sepak bola tanah air. Pada musim kedua di Indonesia tahun 1998 sampai tahun 2000 ia hijrah ke tanah Minang untuk bergabung dengan klub PSP Padang dan pada musim ketiga ia kembali bergabung dengan klub Persita Tangerang sebelum ia mengakhiri karier sepak bola di Indonesia, ia bergabung di klub PSIM Jogyakarta dan berakhir pada klub Persiter Ternate pada tahun 2005.

Pelatih[sunting | sunting sumber]

Setelah gantung sepatu dari dunia sepak bola, ia kembali ke Brazil untuk mengikuti pelatihan menjadi pelatih sepak bola profesional (treinador de futebol profissional). Setelang mengantongi lisensi resmi, ia berkecimpung untuk menjadi pelatih yang di mulai pada tahun 2007 untuk Brazillian Soccer Academy di Indonesia. Satu tahun berlalu ia mulai melatih untuk klub Suryanaga FC, pada tahun 2009 ia berkesempatan melatih klub Persebaya U-23 selama semusim.

Karier Pelatih[sunting | sunting sumber]

Setelah berkesempatan menjadi pelatih klub sepak bola di Indonesia, kariernya mulai serius dengan di awali menjadi asisten pelatih PSM Makassar (2010-2011). Sukses dengan kemampuannya, pada tahun 2012 ia di panggil ke Jakarta untuk menjadi kepala pelatih Persija Jakarta dan membekali strategi-stragi dalam putaran liga IPL. Semusim berpengalaman membekali klub Persija Jakarta pada kejuaraan IPL, ia di berikan kesempatan untuk menjadi asisten pelatih Tim Nasional Indonesia tim senior selama satu musim. Selanjutnya ia melatih beberapa klub-klub sepak bola di Indonesia antara lain: Pelatih klub Persebaya Surabaya (2013-2014), pelatih klub Persita Tangerang (2014-2015), Sport Research and Development of PERSSOCI Street Soccer Indonesia (2015), pelatih klub Carsae FC Timor Leste (2015-2016), Technical Coordinator Madura United (2017), ia juga sempat melatih di salah satu klub sepak bola Korea Selatan beberapa saat lalu (2018).