Erdoğanisme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Erdoğanisme mengacu kepada cita-cita dan agenda politik dari Presiden dan mantan Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdoğan, yang menjadi Perdana Menteri pada tahun 2003 dan menjabat hingga dia terpilih menjadi Presiden pada tahun 2014. Dengan dukungan secara signifikan yang berasal dari otoritas karismatik, Erdoğanisme telah digambarkan sebagai "fenomena terkuat di Turki sejak Kemalisme" dan mendapat dukungan luas di seluruh negara tersebut.[1] Akar ideologisnya berasal dari konservatisme Turki dan penyokong politiknya yang paling dominan adalah Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berkuasa, sebuah partai yang didirikan Erdogan pada tahun 2001.

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Sebagai versi yang diwujudkan dari demokrasi konservatif, cita-cita utama Erdoğanisme mencakup kepemimpinan kuat terpusat yang terinspirasi oleh agama yang didasarkan terutama pada persetujuan pemilihan dan intinya pada pemisahan kekuasaan dan checks and balances.[2] Para pengkritik sering menyebut pandangan politik Erdogan sebagai otoriter dan kediktatoran elektif. Pandangan pemilihan-sentris Erdoğanisme sering digambarkan sebagai demokrasi yang tidak liberal oleh para pemimpin asing, seperti Perdana Menteri Hungaria Viktor Orbán.[3][4]

Erdoğanisme juga sangat dipengaruhi oleh keinginan untuk mendirikan "Turki Baru", menyimpang dari prinsip-prinsip Kemalis pendirian Republik Turki dan menghapus cita-cita konstitusional lestari utama yang bertentangan dengan visi Erdoğan, seperti sekulerisme.[5] Para pendukung Erdoğanisme sering menyerukan bagi kebangkitan nilai-nilai budaya dan tradisional dari Kekaisaran Utsmaniyah dan mengkritik reformasi sosial dan modernisasi pro-Barat yang diprakarsai oleh pendiri Republik Turki, Mustafa Kemal Atatürk. Dukungan akar rumput untuk Erdoğanisme terutama berasal dari pengembangan kultus individu di sekitar Erdoğan, dan juga dominasi otoritas karismatik. Peran Erdoğan yang dipersonifikasikan sebagai agen individu nilai-nilai konservatif Turki telah terwujud sendirinya dalam bentuk slogan kampanye yang menonjol untuk pemilihan Presiden Turki seperti "Insan Rakyat", yang diterjemahkan dalam bahasa Turki sebagai "Milletin Adam".

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Recep Tayyip Erdoğan, yang cita-cita dan agenda politiknya disebut sebagai 'Erdoğanisme'

Istilah 'Erdoğanisme' pertama kali muncul tak lama setelah kemenangan Erdoğan dalam pemilihan umum tahun 2011, di mana hal itu secara umum digambarkan sebagai cita-cita ekonomi liberal dan demokratis konservatif yang menyatu dengan demagoge Erdoğan dan kultus individunya.[6] Penggunaan istilah tersebut meningkat bersamaan dengan pengakuan yang lebih besar terhadap Erdoğan di pentas global, sebagian besar karena cita-cita kebijakan luar negerinya yang proaktif berdasarkan Neo-Ottomanisme, sebuah faktor inti yang Erdoğanisme rangkul.[7]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Erdoganism and Turkey's new prime minister – Middle East Monitor". Middleeastmonitor.com. 2016-05-23. Diakses tanggal 2016-07-30. 
  2. ^ "Türk tipi Başkanlık Sistemi nedir Kuzu açıkladı". Internethaber.com. 2015-11-06. Diakses tanggal 2016-07-30. 
  3. ^ Doug Bandow. "Why Both Erdoganism and Kemalism May Finally Be Dead in Turkey". Huffingtonpost.com. Diakses tanggal 2016-07-30. 
  4. ^ Zoltan Simon (2014-07-28). "Orban Says He Seeks to End Liberal Democracy in Hungary". Bloomberg.com. Diakses tanggal 2016-07-30. 
  5. ^ East 61 Turkey. "Erdoganism and democracy". Eastonline.eu. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-08-22. Diakses tanggal 2016-07-30. 
  6. ^ Awiti, Alex (2011-10-02). "Erdoganism: A Word of Caution". Intpolicydigest.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-08-15. Diakses tanggal 2016-07-30. 
  7. ^ "Party purges and a war against the Kurds move Turkish President Erdogan closer to one-man rule". Gisreportsonline.com. 2016-05-24. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-08-12. Diakses tanggal 2016-07-30.