Maurice Barrès

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Maurice Barrès
Barrès tahun 1923
Barrès tahun 1923
LahirAuguste-Maurice Barrès
(1862-08-19)19 Agustus 1862
Charmes, Vosges, France
Meninggal4 Desember 1923(1923-12-04) (umur 61)
Neuilly-sur-Seine, Paris, France
PekerjaanJurnalis, novelis, politisi
Aliran sastra

Auguste-Maurice Barrès (bahasa Prancis: [baʁɛs]; 19 Agustus 1862 – 4 Desember 1923) adalah seorang novelis, jurnalis, dan politikus Prancis. Menghabiskan beberapa waktu di Italia, ia menjadi tokoh di sastra Prancis dengan merilis karyanya The Cult of the Self pada tahun 1888. Dalam politik, ia pertama kali terpilih menjadi anggota Chamber of Deputies pada tahun 1889 sebagai Boulangist dan akan memainkan peran politik penting selama sisa hidupnya.

Barrès dalam karya sastranya diasosiasikan dengan Simbolisme, sebuah gerakan yang setara dengan Estetika Inggris dan Dekadentisme Italia; memang dia adalah rekan dekat Gabriele d'Annunzio yang mewakili yang terakhir. Seperti yang ditunjukkan oleh nama triloginya, karya-karyanya memuliakan cinta humanistik pada diri sendiri dan dia juga bermain-main dengan mistisisme occult di masa mudanya. Skandal Dreyfus yang ia pahami mengalami pergeseran ideologis dari individualisme liberal yang berakar pada Revolusi Prancis ke konsep bangsa yang lebih organik dan tradisional, ia juga menjadi anti-Dreyfusard terkemuka[1] mempopulerkan istilah nasionalisme untuk menggambarkan pandangannya. Dia berdiri di atas platform "Nasionalisme dan Proteksionisme.".

Secara politik, ia terlibat dengan berbagai kelompok seperti Ligue des Patriotes Paul Déroulède, yang menjadi pemimpinnya pada tahun 1914. Barrès dekat dengan Charles Maurras, pendiri Action Française, sebuah partai monarki. Terlepas dari kenyataan bahwa ia tetap seorang republik, Barrès akan memiliki pengaruh yang kuat pada berbagai monarki Prancis berikut, serta berbagai tokoh lainnya. Selama Perang Dunia Pertama, dia adalah pendukung kuat gencatan senjata politik Union Sacrée. Di kemudian hari, Barrès kembali ke iman Katolik dan terlibat dalam kampanye untuk memulihkan bangunan gereja Prancis dan membantu menetapkan 24 Juni sebagai hari peringatan nasional untuk St. Joan of Arc.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Maurice Barres and His Books," The Living Age, 25 November 1922.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]