Empanada

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Empanada
Empanadas argentinas 2017.jpg
JenisPastri
SajianHidangan pembuka
Tempat asalSpanyol
Masakan nasional terkaitSpanyol, Portugis, Tanjung Verde, Sisilia, Amerika Latin, Indonesia, Filipino
Suhu penyajianPanas atau dingin
Bahan utamaDaging, keju, jagung, atau bahan lain
VariasiPastel

Empanada adalah roti isi atau pastri panggang atau goreng di banyak negara di Amerika Latin, Eropa Selatan, dan bagian dari Asia Tenggara. Namanya berasal dari kata kerja empanar, yang berarti bungkus atau mantel dalam roti. Empanada dibuat dengan melipat adonan di sekitar isian. Isian dapat terdiri dari berbagai daging, keju, telur, sayuran atau buah-buahan.

Penganan ini dibawa ke Amerika Latin dan Filipina oleh Spanyol pada masa kolonial, dan ke Indonesia oleh Portugis, yang tetap populer hingga saat ini. Empanada di Amerika Latin, Filipina, dan Indonesia memiliki isian yang beragam.

Variasi[sunting | sunting sumber]

Argentina[sunting | sunting sumber]

Proses pembuatan empanada di Argentina

Empanada Argentina sering disajikan di pesta-pesta sebagai menu pembuka atau utama, atau di festival. Sejumlah toko mengkhususkan diri dalam menjual empanada yang baru saja dibuat, dengan varian rasa dan isian.[1]

Adonan empanada ini biasanya terbuat dari tepung terigu dan mentega dengan isian yang berbeda dari satu provinsi ke provinsi: dalam beberapa hal utamanya ayam, daging sapi (dipotong dadu atau digiling tergantung pada daerahnya), dan mungkin dibumbui dengan jintan dan paprika, sementara yang lain memasukkan isian bawang, telur rebus, zaitun, atau kismis. Empanada dapat dipanggang (gaya Salta) atau digoreng (gaya Tucuman). Mereka juga mungkin berisi ham, ikan, humita (jagung manis dengan saus putih) atau bayam; isian buah digunakan untuk membuat empanada sebagai makanan penutup.[2]

El Salvador[sunting | sunting sumber]

Masyarakat El Salvador sering menggunakan "empanadas" sebagai makanan pembuka atau hidangan penutup yang terbuat dari pisang raja yang diisi dengan krim manis. Pisang tersebut kemudian digoreng sebentar dan disajikan hangat dengan taburan gula. Empanada ini juga terkadang diisi dengan kacang merah goreng.[3]

Filipina[sunting | sunting sumber]

Empanada Ilocos

Empanada Filipina biasanya berisi daging sapi atau daging ayam, kentang, bawang merah cincang, dan kismis (agak mirip dengan "picadillo" Kuba) dalam adonan tepung gandum manis. Terdapat pula versi adonan yang dipanggang, serta versi digoreng renyah. Seringkali, untuk menurunkan biaya, kentang ditambahkan sebagai isian.[4]

Empanada di Ilocos Utara sangat berbeda. Empanada ini terbuat dari isian pepaya gurih hijau, kacang hijau dan, atas permintaan, sosis cincang Ilocano (Chorizo) dan/atau kuning telur [5] Adonan lembut yang manis disukai di wilayah Tagalog, adonan yang digunakan untuk memasukkan isiannya bersifat tipis dan garing, terutama karena empanada Ilocano menggunakan tepung beras, berwarna oranye dengan achuete (annatto), dan adonan tersebut digoreng, bukan dipanggang.[6]

Ghana[sunting | sunting sumber]

Di Ghana, empanada bergaya tradisional disebut "pai daging" yang dibuat dengan kulit pastri dan isian daging cincang.[7]

Haiti[sunting | sunting sumber]

Di Haiti, kue daging yang penuh mirip dengan empanada tetapi dengan kerak tebal disebut pate secara teratur dimakan pada acara-acara meriah. Ini pada dasarnya adalah daging yang penuh. Adonan sering diisi dengan daging sapi, ikan, atau ayam dan ditutup dengan rempah-rempah. Adonan tersebut kemudian disegel dan dipanggang.

Indonesia[sunting | sunting sumber]

Panada Minahasa

Di Indonesia, penganan ini dikenal sebagai panada atau pastel. Di Sulawesi Utara, penganan yang umum dipanggil panada, memiliki kerak tebal yang terbuat dari roti goreng, memberikan tekstur roti dan didalamnya diisi dengan tuna dan cabai pedas.[8] Varian lain yang agak sedikit pedas, yang disebut pastel, memiliki kerak tipis sehingga membuatnya lebih renyah dan isian biasanya terbuat dari kentang yang dipotong dadu, wortel, daun bawang, ayam, bawang putih, dan lada putih. Beberapa orang juga menambahkan soun ke dalamnya. Sebuah varian yang kurang umum juga dapat ditemukan, seperti pastel yang diisi dengan ayam kari dan/atau kentang dengan telur puyuh.[9]

Varian lain dari pastel adalah pastel tutup. Pastel jenis ini memiliki isian yang sama seperti pastel pada umumnya namun memiliki bentuk yang mirip seperti kue panci ayam hanya dengan kerak tebal lembut terbuat dari kentang tumbuk. Pastel tutup tersebut dipanggang, dan bukan digoreng.

Maladewa[sunting | sunting sumber]

Empanada Maladewa, secara lokal dikenal dengan Patty adalah kue pastri yang berisi tuna pedas disertai dengan bawang bombay cincang, bawang putih cincang, kentang dan cabe Maladewa.

Malaysia[sunting | sunting sumber]

Di Malaysia, dikenal sebagai karipap, versi dari makan ringan ini disebut epok-epok dan teh-teh yang lebih kecil dari kepulan kari. Isiannya bervariasi, beberapa menggunakan ubi jalar atau kentang. Varian lain dari epok-epok diisi dengan telur rebus yang dipotong dua, dan bukan ayam. Alternatif lain dari isian penganan ini adalah sarden kaleng dan serunding yang berasal dari ikan.

Produsen telah mengembangkan sebuah versi dari kepulan kari yang dapat dibekukan dan kemudian dipanaskan kembali oleh konsumen. Penganan ini cocok untuk pasar ekspor dan dapat diproduksi dalam volume besar untuk pengiriman ke berbagai daerah, seperti Timur Tengah. Selain itu, terdapat berbagai varian isian, termasuk tuna. Warung makanan India Malaysia, sangat umum untuk menemukan isian kari vegetarian dalam penganan ini dengan kentang, wortel dan bawang sebagai isian.

Panamá[sunting | sunting sumber]

Empanada di Panama biasanya diisi dengan daging sapi tetapi kadang-kadang juga dapat diisi dengan irisan ayam, keju putih atau keju kuning. Mereka adalah terbuat dari tepung atau tepung jagung dan biasanya digoreng, tetapi juga dapat dipanggang. Di kota Colon, karena pengaruh Karibia berat, mereka juga mengisinya dengan haluskan pisang, panggang, dan menyebutnya "pisang tart" (tarta de Platano). Mereka lebih kecil daripada rekan-rekan mereka di tempat lain di Amerika Latin dan dianggap makanan ringan, makanan pembuka, makanan atau makan siang.

Paraguay[sunting | sunting sumber]

Empanada di Paraguay mirip dengan Argentina. Mereka biasanya digoreng dan ada berbagai tambalan. Yang tradisional berisi daging sapi dan telur rebus. Jenis lain dari penganan ini meliputi: Jamón y queso (ham dan keju), Palmitos (jantung sawit), Choclo (jagung), huevo (telur), mandioca (singkong). Para empanada mandioca sering disebut sebagai pastel mandi'o, dan itu unik di negara ini, biasanya disajikan di festival San Juan.

Perú[sunting | sunting sumber]

Empanada Peru

Empanada Peru mirip dengan empanada Argentina, tetapi sedikit lebih kecil. Mereka biasanya dipanggang. Varietas yang paling umum berisi daging giling dibumbui dengan jinten, rebus telur, bawang, buah zaitun, dan kismis, adonan biasanya ditaburi dengan gula icing. Mereka umumnya ditaburi dengan air jeruk nipis sebelum makan. Juga sangat populer adalah keju yang dipenuhi (atau keju-dan-ham penuh) yang selain ayam diisi satu.

Baru-baru ini, empanada "modern", dengan berbagai mengisi muncul, misalnya: ayam dan jamur, udang atau "aji de Gallina".

Di selatan Peru, mirip dengan Bolivia, terdapat "Salteñas" (empanada Argentina) atau "Bolivianas" (sangat mirip dengan Salteñas).

Tanjung Verde[sunting | sunting sumber]

Masakan Tanjung Verde menampilkan pastel pula. pastéis asal negara ini terkadang diisi dengan ikan tuna pedas. Salah satu varian dari penganan ini, disebut pastel com o diabo dentro (terj. har. Pastel dengan iblis didalamnya, berasa pedas, dan dibuat dari adonan yang terbuat dari ubi jalar dan tepung jagung.[10]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "El mapa definitivo de las empanadas argentinas con sus 14 versiones". www.lanacion.com.ar (dalam bahasa Spanyol). 2018-10-05. Diakses tanggal 2020-08-03. 
  2. ^ "Empanadas: su origen y una historia extensa". misionesalinstante.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-08-03. 
  3. ^ Quintanillou, Ines. "Plantain empanadas (empanadas de platano)". sbs.com.au (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 5 Januari 2021. 
  4. ^ News, Ria Galiste, ABS-CBN. "Look: Restaurant adds twist to Ilocos empanada". ABS-CBN News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 31 Mei 2019. 
  5. ^ Ian Ocampo Flora (23 April 2010). "Vigan Empanada and the gastronomic treats of Ilocos". Sunstar (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 30 Desember 2010. 
  6. ^ "Vigan Empanada". Flip Travels (dalam bahasa Inggris). 29 April 2010. Diakses tanggal 30 Desember 2010. 
  7. ^ "Ghana Meat Pie Recipe: How to make Ghana Meat Pie" (dalam bahasa Inggris). 3 Agustus 2020. Diakses tanggal 5 Januari 2021. 
  8. ^ "Panada, Kue Lezat Peninggalan Bangsa Portugis di Manado". Indonesia Kaya. Diakses tanggal 5 Januari 2021. 
  9. ^ Rahmawati, Andi Annisa Dwi (14 Oktober 2020). "Pastel, Jajanan Indonesia yang Diadaptasi dari Empanada". detikFood. Diakses tanggal 5 Januari 2021. 
  10. ^ Hamilton, Cherie. Cuisines of Portuguese Encounters, Hippocrene Books. 2001.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]