Pierogi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pierogi
Pierogi z cebulką.jpg
Pierogi ruskie ditaburi bawang goreng
Nama lainPirogi, pirohy, pyrohy, varenyky
SajianHidangan pembuka, hidangan utama, hidangan penutup
Tempat asalUkraina, Polandia
Suhu penyajianPanas
Bahan utamaAdonan: tepung terigu, telur, air
Isi: beragam

Pierogi (// pih-ROH-ghee[1]) (tunggal: pieróg), juga dikenal di Ukraina dengan nama Varenyky, adalah sejenis pangsit isi yang berasal dari Eropa Timur.[2][3] Meskipun kata pierogi adalah bentuk jamak, sebagian besar penutur bahasa Inggris menggunakannya sebagai bentuk kata tunggal dan menambahkan s atau es untuk bentuk jamaknya. Makanan ini dibuat dari adonan pembungkus yang tidak beragi, dengan isian yang gurih atau manis dan kemudian dimasak dalam air mendidih. Makanan ini populer di wilayah Slavia (Belarusia, Polandia, Slowakia, Rusia, Ruthenian, Ukraina); Baltik (Latvia, Lithuania), dan Eropa Timur lainnya (seperti Hungaria dan Rumania), di mana mereka dikenal dengan berbagai nama lokal. Pierogi terutama dikaitkan dengan Polandia dan Slowakia, di mana makanan ini dianggap sebagai hidangan nasional.[4][5][6][7]

Isian khas pierogi antara lain kentang, asinan kubis, daging, keju, dan buah. Ia dapat disajikan pula dengan taburan tertentu, seperti mentega, krim asam, atau bawang goreng, atau kombinasi dari bahan-bahan tersebut.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Nama makanan ini berasal dari akar kata yang berarti 'festival', sebagaimana terhidang sepiring penuh pierogi tradisional untuk Natal.

Kata bahasa Inggris "pierogi" (jamak: "pierogi", "pierogies", atau "pierogis") berasal dari bahasa Polandia pierogi pengucapan bahasa Polski: [pʲɛˈrɔgʲi], yang merupakan bentuk jamak dari pieróg pengucapan bahasa Polski: [ˈpʲɛruk], istilah umum untuk pangsit ini. Kata tersebut diturunkan dari Slavia Timur Kuno пиръ (pirŭ) dan lebih jauh lagi dari Proto-Slavia *pirъ, "pesta".[8] Walaupun makanan sejenis pangsit ini dapat ditemukan di seluruh Eurasia, nama spesifik pierogi, dengan akar kata Proto-Slavia dan kata-kata seasalnya dalam bahasa Slavia Barat dan Slavia Timur, termasuk Rusia пирог (pirog, "kue") dan пирожки (pirozhki, "kue-kue panggang"), menunjukkan keumuman asal-usul Slavia nama itu, yang mendahului keberadaan negara-bangsa modern dan standar bahasa mereka. Dalam sebagian besar bahasa-bahasa ini, kata tersebut berarti "kue pai".

Varenyky berasal dari kata Ukraina вареники (varenyky), bentuk jamak dari вареник (varenyk), yang berasal dari bahasa Ukraina вар (var) "cairan mendidih", menunjukkan bahwa merebus adalah metode masak utama untuk jenis pangsit ini.

Bryndzové pirohy dari bahasa Slowakia adalah istilah untuk pangsit yang diisi dengan keju domba.[9]

Colțunași berasal dari bahasa Rumania, dan adalah istilah untuk pangsit dengan isian.

Derelye berasal dari bahasa hungaria dan adalah istilah untuk pasta berkantung dengan isian.[10]

Asal-usul[sunting | sunting sumber]

Asal-usul istilah pierogi masih diperdebatkan. Beberapa legenda mengatakan bahwa pierogi berasal dari Tiongkok melalui Italia yang dibawa dalam ekspedisi Marco Polo.[11] Pendapat lain adalah pierogi dibawa ke Polandia oleh Santo Hyasintus dari Polandia, yang membawanya dari Kyiv (pusat Kievan Rus', saat itu adalah ibu kota Ukraina).[12] Pada 13 Juli 1238, Santo Hyasintus mengunjungi Kościelec, dan pada kunjungannya sebuah badai menghancurkan semua tanaman; Hyasintus mengatakan kepada semua orang untuk berdoa dan pada hari berikutnya, semua tanaman kembali berdiri. Sebagai tanda terima kasih, orang-orang membuat pierogi dari tanaman-tanaman tersebut untuk Santo Hyasintus. Legenda lain menyatakan bahwa Santo Hyasintus memberi makan orang-orang dengan pierogi selama kelaparan yang disebabkan oleh invasi Tatar pada tahun 1241. Namun legenda lain yang menyatakan bahwa pierogi dibawa oleh orang-orang Tatar ke Barat dari bekas Kekaisaran Rusia, yang mana dikatakan bahwa pada abad ke-13 pierogi pertama kali tiba di wilayah-wilayah Polandia.[13] Tidak satupun legenda-legenda tersebut didukung oleh asal etimologis dari akar kata pirŭ- yang berasal dari proto-Slavia, yang berarti "pesta".

Bahan-bahan dan persiapan[sunting | sunting sumber]

Isian[sunting | sunting sumber]

Pierogi dapat diisi (sendiri atau dalam kombinasi) dengan kentang tumbuk, bawang goreng, quark (kadang-kadang disebut "keju petani"), kubis, asinan kubis, daging, jamur, bayam, keju, atau bahan-bahan lainnya tergantung pada keinginan juru masak. Versi pangsit sebagai hidangan pembuka dapat diisi dengan quark manis atau dengan isian buah segar, seperti ceri, stroberi, raspberi, blueberi atau prem; prun (prem kering) yang dihaluskan kadang-kadang juga digunakan, serta selai. Untuk menambah cita rasa, krim asam dapat ditambahkan ke campuran adonan, dan hal ini cenderung meringankan adonan.

Persiapan[sunting | sunting sumber]

Adonan yang dibuat dengan mencampur tepung terigu dan air hangat, kadang-kadang dengan telur, diadon datar dan kemudian potong kotak-kotak dengan pisau atau bentuk lingkaran menggunakan cangkir atau gelas minum. Adonan dapat dibuat dengan ditambahkan sedikit kentang tumbuk, yang menciptakan tekstur yang lebih halus.Variasi lain yang populer di antara orang-orang Ceko dan Slowakia, yaitu menggunakan adonan yang terbuat dari tepung dan dadih susu dengan telur, garam, dan air.[butuh rujukan][butuh rujukan]

Isian lalu ditempatkan di tengah dan adonan dilipat untuk membentuk setengah lingkaran atau persegi panjang, atau segitiga jika adonan dipotong kotak. Pinggir adonan ditekan-tekan membentuk lipatan kecil untuk menutup rapat pierogi, sehingga isian akan tetap di berada dalam ketika dimasak. Pierogi atau vareniki direbus sampai mengambang, ditiriskan, dan kemudian kadang-kadang digoreng atau dipanggang dengan mentega sebelum disajikan, atau digoreng ulang bila tersisa. Pierogi dapat disajikan dengan mentega cair atau krim asam, atau dihiasi dengan potongan-potongan kecil bakon (babi asap) goreng, bawang, dan jamur.[14] Berbagai variasi hidangan penutup dapat ditaburi dengan saus apel, selai, atau varenye (manisan buah).

Versi Lithuania (virtiniai)

Varenyky biasanya berbentuk bulan sabit - atau lebih jarang berbentuk persegi. Isiannya biasanya adalah kentang tumbuk, daging, hati atau jeroan, kubis, asinan kubis, ikan, telur rebus, atau kombinasinya. Isian khas manis biasanya adalah quark, atau keju, atau buah-buahan seperti ceri asam, buah, dan kismis. Dibandingkan dengan versi Rusia pelmeni, varenyky biasanya mencakup lebih banyak pilihan untuk isian tradisional. Dalam kasus varenyky berisi bahan dasar daging, biasanya akan dimasak dahulu dan kemudian dicincang. Memasak dahulu tersebut diperlukan, karena ukuran varenyky yang lebih besar dan umumnya singkatnya waktu memasak.

Versi Ukraina varenyky diisi dengan ceri asam sebagai makanan penutup

Varenyky yang disebutkan dalam Description of Kharkov Viceroyalty, Ukraina, sebuah laporan yang dipersiapkan untuk pemerintahan Kekaisaran Rusia pada tahun 1785:

Di malam hari, [para peduduk] memasak pirozhki yang disebut varenyky, dengan gandum atau kerak tepung sorgum, dan isian yang terbuat dari quark segar yang disebut keju; ia tidak dipanggang tetapi direbus dalam air, yang mungkin membuatnya diberi nama seperti itu.[15]

Bagian ini menunjukkan, bahwa bertolak-belakang dengan piroshki yang dipanggang, varenyky belum banyak dikenal di Rusia Raya pada waktu itu.

Dalam budaya[sunting | sunting sumber]

Sebuah monumen untuk varenyky di pintu masuk ke wilayah Kirovograd (dekat desa Synky) dari wilayah Cherkasy, Ukraina

Pierogi mungkin satu-satunya hidangan Polandia hidangan yang memiliki santo pelindung. "Święty Jacek z pierogami!" (St. Hyasintus dan pierogi!) adalah ucapan lama Polandia bila terkejut, kira-kira setara dalam bahasa inggris dengan "good grief" atau di Amerika "holy smoke!".Asal-usul ucapan tersebut tidak diketahui.[16][butuh rujukan]

Dalam sastra Ukraina, varenyky muncul sebagai simbol identitas nasional, kadang-kadang untuk menekankan perbedaan dengan Rusia. Dalam puisi karya Stepan Rudansky, Varenyky-Varenyky (1858), seorang tentara Rusia meminta perempuan desa Ukraina memasakan varenyky untuknya. Namun, tentara tersebut tidak dapat mengingat kata "varenyky", sementara si perempuan berpura-pura tidak mengerti apa keinginannya.[17]

The Great Pittsburgh Pierogi Race N'at, yang biasa disingkat sebagai the Great Pierogi Race, adalah suatu perlombaan maskot Amerika yang diadakan antara babak selama permainan bisbol Pittsburgh Pirates, yang memiliki enam kontestan balap yang mengenakan kostum pierogi raksasa: Potato Pete (topi biru), Jalapeño Hannah (topi hijau), Cheese Chester (topi kuning), Sauerkraut Saul (topi merah), Oliver Onion (topi ungu), dan Bacon Burt (topi oranye).

Monumen[sunting | sunting sumber]

Sebuah monumen untuk varenyky diresmikan di Cherkasy, Ukraina pada bulan September 2006.[18] Monumen yang didirikan di pintu masuk ke hotel menunjukkan Cossack Mamay (pahlawan cerita rakyat Ukraina yang kesukaannya akan varenyky diriwayatkan oleh Taras Shevchenko dan Nikolai Gogol) sedang memakan varenyky dari sebuah mangkuk tembikar, dengan varenyk besar berbentuk bulan sabit di belakangnya.

Sebuah monumen untuk halushky diresmikan di Poltava, Ukraina pada tahun 2006.[19] Pada tahun 1991, sebuah perogy raksasa di atas garpu didirikan di desa Glendon di Alberta, Kanada.[20] Patung itu setinggi 7.6 m (24.9 ft). Pada Januari 2010, sebuah patung pierogi diusulkan untuk didirikan di Minneapolis, Minnesota.[21]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan dan referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ In English, the word pierogi and its variants perogi, pyrogy, perogie, perogy, pirohi, piroghi, pirogi, pirogen, pierogy, pirohy, pyrogie, and pyrohy, are pronounced with stress on the letter "o".
  2. ^ "pierogi". Canadian Oxford Dictionary. Oxford University Press. 2005. ISBN 9780191735219. 
  3. ^ "varenyky". Canadian Oxford Dictionary. Oxford University Press. 2005. ISBN 9780191735219. 
  4. ^ Ivan Andreyevsky, ed. (1890–1907), Энциклопедический словарь Брокгауза и Ефрона : Вареники (dalam bahasa Russian), СПб (St. Petersburg), Brockhaus and Efron Encyclopedic Dictionary : Varenyky  More than one of |ID= dan |id= specified (bantuan) CS1 maint: Unrecognized language (link) . The dish was classified as "малороссийский" (malorossiyskiy, Little Russian), with "Малороссия" (Malorossiya, Little Russia) being at that time a common geographical term referring to the territory of modern-day Ukraine.
  5. ^ "Вареники", Українські страви, Киев: Державне видавництво технiчної лiтератури УРСР, 1960  ("Varenyky", Ukrainian Dishes (dalam bahasa Ukrainian), Kiev: State publishing house for technical literature of Ukrainian SSR, 1960  CS1 maint: Unrecognized language (link) )
  6. ^ Л. М. Безусенко (ред.) (2002), "Вареники", Українська нацiональна кухня, Сталкер  (L. M. Bezussenko, ed. (2002), "Varenyky", Ukrainian Ethnic Cuisine (dalam bahasa Ukrainian), Stalker Publishers  CS1 maint: Unrecognized language (link) )
  7. ^ William Pokhlyobkin (Russian: В. В. Похлёбкин) (2000), Кулинарный словарь от А до Я : Вареники (dalam bahasa Russian), Centrpoligraf (Центрполиграф), diakses tanggal 3 October 2015  More than one of |accessdate= dan |access-date= specified (bantuan) CS1 maint: Unrecognized language (link)
  8. ^ Food Culture in Russia and Central Asia, 2005, p 75, By Glenn Randall Mack, Asele Surina
  9. ^ "Bryndza Pierogi (Bryndzové Pirohy) recipe - Slovak Cooking". www.slovakcooking.com. Diakses tanggal 2016-07-27. 
  10. ^ "derelye - WordSense.eu". www.wordsense.eu. Diakses tanggal 2016-07-27. 
  11. ^ "Facts & History About Pierogi". www.polskafoods.com. 2014-05-02. Diakses tanggal 2016-07-13. 
  12. ^ Paluch, Marta. "O cudach św. Jacka, który karmił krakowian pierogami". Diakses tanggal 2016-07-13. 
  13. ^ "Polish Food 101 ‒ Pierogi | Artykuł | Culture.pl". Diakses tanggal 2016-07-27. 
  14. ^ Bacon, cheese, onion, and mushroom topping for fried pierogi Error in webarchive template: Check |url= value. Empty. from urbancookingguide.com
  15. ^ Описания Харьковского наместничества конца XVIII века. Описание 1785 года. Киев, Наукова думка, 1991, стр. 68 (Descriptions of Kharkov Vice-royalty. Description of the year 1785. Kiev, Naukova Dumka, 1991, p. 68; in Russian). "К вечеру же по большой части [жители] готовят себе пирошки, называемыя вареники, которых корка из пшеничнаго или гречишнаго теста, а начинка из свежаго тварагу, которой называется сыром; и их не пекут, а варят в воде, от чего уповательно они и звание свое получили."
  16. ^ Polish Heritage Cooker by Robert Strybel, Maria Strybel, 2005 p. 456
  17. ^ Степан Васильович Руданський, Вареники-вареники Error in webarchive template: Check |url= value. Empty. . 1-я публикация в еженедельнике Русский мир, № 21, с. 504 (Stepan Rudansky. Varenyky-Varenyky. First publication in weekly newspaper Russian World, 21, p. 504, 1859; in Ukrainian)
  18. ^ A monument to vareniki in Cherkasy, Ukraine (Rusia); also see a news item on gpu.ua, 27 September 2006 (Ukraina).
  19. ^ A monument to halushky in Poltava, Ukraine.
  20. ^ "Giant ''perogy'' in Glendon, Alberta". Bigthings.ca. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-03-11. Diakses tanggal 2012-05-17. 
  21. ^ "Artist hopes a pierogi will rise in Northeast". Startribune.com. 2010-01-23. Diakses tanggal 2012-05-17. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]