Elasmosaurus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Elasmosaurus Edit the value on Wikidata
Periode Kapur Akhir 80.5 jtyl
Elasmosaurus platyurus (transparent).png
Edit the value on Wikidata
Data
Panjang14 m Edit the value on Wikidata
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasReptilia
OrdoPlesiosauria
FamiliElasmosauridae
GenusElasmosaurus Edit the value on Wikidata
Cope, 1868

Elasmosaurus (Pelafalan Inggris: /ɪˌlæzməˈsɔːrəs, -m-/;[1]), Yang berarti 'kadal pelat tipis', dari bahasa Yunani: ελασμος/elasmos (mengacu pada pelat tipis di korset panggulnya) + σαυρος/sauros ('kadal') adalah genus dari Plesiosauria dengan leher yang sangat panjang yang hidup di Kapur (periode) (tahap Campanian), sekitar 80.5 juta tahun yang lalu.[2]

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Restoration

Elasmosaurus panjangnya sekitar 14 m (46 kaki) dan beratnya lebih dari 2.000 kg (2,2 ton ), menjadikannya salah satu plesiosaurus terbesar.[3] Ini berbeda dari semua plesiosaurus lain dengan memiliki enam gigi per premaksila (tulang di ujung moncong) dan 71 ruas tulang leher (cervical).[4] Tengkoraknya relatif datar, dengan jumlah gigi yang panjang dan menonjol keluar. Rahang bawah yang bergabung diujung titik antara gigi keempat dan kelima. Leher tulang setelah tengkorak, panjang dan rendah, dan memiliki puncak lateral yang membujur. Seperti kebanyakan elasmosaurids, Elasmosaurus memiliki sekitar tiga tulang dada. dan Ekor setidaknya 18 tulang. korset dada berbentuk panjang, dan tidak dimiliki dalam spesimen remaja. dan memiliki margin panjang kira-kira sama seperti coracoid dan permukaan artikular untuk lengan atas. Tepi anterior dari korset panggul terdiri dari tiga dan hampir lurus ditepi dan mengarahkan ke depan dan sisi hewan. Ischia, sepasang tulang yang membentuk bagian posterior panggul, bergabung sepanjang permukaan medial mereka. Anggota badan dari Elasmosaurus seperti plesiosaurus yang lainnya, yang dimodifikasi menjadi dayung kaku dan berukuran sama.

Aspek-aspek tertentu dari anatomi Elasmosaurus yang cukup diturunkan antara elasmosaurids lain, dan plesiosaurus secara umum Seperti disebutkan, Elasmosaurus dapat dibedakan oleh enam gigi premaxillary dan 71 tulang leher. Primitif, plesiosaurus dan sebagian elasmosaurids memiliki lima gigi per premaksila. Beberapa elasmosaurids bahkan memiliki lebih: seperti Terminonatator memiliki 9 dan Aristonectes memiliki 10 sampai 13, Selain itu, sebagian plesiosaurus memiliki kurang dari 60 tulang leher, Selain Elasmosaurus, plesiosaurus yang melebihi 60 tulang leher termasuk Styxosaurus, Hydralmosaurus, dan Thalassomedon. Elasmosaurus dibedakan dengan Plesiosaurus dengan lebih dari 70 cervicals (tulang leher). Namun, kira-kira panjang leher sama seperti Thalassomedon, karena memiliki tulang proporsional lagi.

Elasmosaurus memiliki tulang lebih daripada hewan yang dikenal. Kehadiran korset dada juga dianggap fitur canggih. panjang, sumbu centrum rendah berbeda dari kondisi yang terlihat di sebagian besar plesiosaurus lain, yang memiliki centra yang baik pendek maupun panjang dari ketinggian, atau sekitar equidimensional. Styxosaurus dan Hydralmosaurus juga memiliki kondisi seperti di elasmosaurus. Fitur lain yang tidak biasa dari Elasmosaurus adalah dadari tulang margin belikat yang panjang, sebagaimana disebutkan di atas. Kebanyakan plesiosaurus memiliki margin lebih panjang untuk artikulasi dengan coracoid daripada untuk artikulasi dengan lengan atas.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Elasmosaurus". Oxford Dictionaries UK Dictionary. Oxford University Press. Diakses tanggal January 21, 2016. 
  2. ^ Carpenter 2003
  3. ^ "Elasmosaurus - paleofiles.com". 
  4. ^ Sachs 2005

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Everhart, M. J. (2005a). Oceans of Kansas – A Natural History of the Western Interior Sea. Indiana: Indiana University. ISBN 978-0-253-34547-9. 

External links[sunting | sunting sumber]