Kronosaurus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
kerangka kronosaurus dipamerkan di museum sejarah alam havard

Kronosaurus adalah sejenis plesiosauria raksasa berleher pendek (pliosauria) yang hidup pada awal Periode Kapur di lautan Australia dan Kolombia. Ia ini dinamakan Kronosaurus (yang berarti "Kadal Kronos", Kronos adalah nama pimpinan para Titan dalam mitologi Yunani) karena ukurannya yang tergolong besar, sekitar 9-10 meter panjangnya. Reptil laut ini juga merupakan salah satu jenis pliosauria terbesar, bersama dengan Simolestes (7-10 m), Brachauchenius (10 m), dan Pliosaurus (13 m).


penemuan[sunting | sunting sumber]

Kronosaurus boyacensis

Spesimen fosil pertama yang diketahui adalah 6 buah gigi yang ditemukan oleh Andrew Crombie di Hughenden, Queensland pada 1899. Spesimen ini kemudian dideskripsikan oleh Heber Longman sebagai Kronosaurus queenslandicus. 5 tahun kemudian, fosil Kronosaurus yang lebih lengkap (termasuk sebuah tengkorak) ditemukan di tempat yang sama dengan fosil pertama.

Kemudian pada 1932, sebuah ekspedisi pencarian fosil dari Universitas Harvard kembali menemukan fosil Kronosaurus di dekat Hughenden, bahkan fosil ini adalah spesimen kerangka Kronosaurus terlengkap yang pernah ditemukan hingga kini.

Pada 1977, seorang petani di Moniquirá, Kolombia menemukan satu fosil kerangka Kronosaurus yang hampir utuh ketika ia sedang membajak sawah. Fosil tersebut terlihat menonjol dari sebongkah batu raksasa. Spesimen ini kemudian diumumkan pada 1992 sebagai spesies kedua dari Kronosaurus, yakni K. boyacensis.

Ekologi[sunting | sunting sumber]

kronosaurus sedang berburu plesiosaurus

Seperti pliosauria lain, Kronosaurus memiliki kepala yang besar dan ramping, serta leher dan ekor yang pendek. Ia juga memiliki empat sirip, dengan sepasang sirip belakang yang lebih besar dari dua sirip depannya. Kronosaurus hidup berdampingan dengan beragam jenis reptil laut besar lain, yang kebanyakan adalah plesiosauria berleher panjang yang merupakan kerabat dekatnya sendiri. Di antara jenis plesiosauria tersebut adalah Eromangasaurus dan Woolungasaurus.

Walaupun begitu, ada sejenis hiu raksasa bernama Cardabiodon yang merupakan pesaing utama bagi Kronosaurus. Hiu ini mampu mencapai panjang hingga 8-9 m, hampir sama dengan seekor Kronosaurus dewasa.

Referensi[sunting | sunting sumber]