Liopleurodon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Liopleurodon
Rentang fosil: Jura Pertengahan–Akhir, 162–150 Jtl
Liopleurodon ferox Tubingen 2.JPG
Kerangka dari L. ferox
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Reptilia
Ordo: Plesiosauria
Upaordo: Pliosauroidea
Famili: Pliosauridae
Genus: Liopleurodon
Sauvage, 1873
Species

L. ferox Sauvage, 1873 (type)
L. pachydeirus (Seeley, 1869)

Sinonim

Ischyrodon ferox
Pliosaurus ferox

Liopleurodon (pengucapan bahasa Inggris: [ˌlaɪ.ɵˈplʊərədɒn]) adalah genus reptil laut karnivora yang masuk dalam kelompok Pliosauridae, sebuah klad plesiosauria berleher pendek. Liopleurodon hidup pada kala Callovian di Periode Jura Pertengahan (sekitar 160 - 155 juta tahun lalu). Ia merupakan predator puncak di lautan Eropa selama Periode Jura.

Liopleurodon berasal dari kalimat Yunani kuno yang berarti "gigi bersisi halus" sesuai karakteristik giginya, yang halus di salah satu sisinya. Nama genus Liopleurodon diperkenalkan oleh H.E Sauvage pada tahun 1873 atas dasar temuan tiga gigi berukuran 70 milimeter.

Ukuran[sunting | sunting sumber]

Liopleurodon adalah sejenis pliosauria berukuran 5-6 meter, dengan ukuran maksimum diperkirakan sepanjang 7 meter. Spesies terbesarnya yaitu L. ferox, mencapai panjang hingga 6,39 meter.[1] Beberapa jenis pliosauria lain mampu tumbuh lebih besar dari Liopleurodon, seperti salah satu spesies dari genus Pliosaurus yaitu Predator X (P. funkei).

Gaya hidup[sunting | sunting sumber]

Liopleurodon adalah hewan karnivora, salah satu predator besar di lautan Eropa kuno pada masanya. Mereka memangsa hewan laut lain, terutama ichthyosauria dan plesiosauria berukuran kecil, yang disergap atau dikejarnya dalam jarak dekat. Terlepas dari ukuran besarnya. Liopleurodon diperkirakan dapat berenang dengan kecepatan hingga 45 km/jam.

Dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

Liopleurodon ditampilkan di episode ketiga serial Walking with Dinosaurs produksi BBC yang menampilkan ia menyergap seekor Eustreptospondylus dari bawah air dan kemudian menyerang seekor Ophthalmosaurus yang tengah melahirkan. Di dalam episode tersebut Liopleurodon ditampilkan sebagai seekor predator kolosal sepanjang 25 meter, namun hal ini didasarkan pada sisa fosil yang sangat tidak lengkap, sehingga pihak BBC dianggap sengaja melebih-lebihkan ukuran tubuh Liopleurodon. Kesalahan ini masih dipertahankan sampai tahun 2003, pada serial spin-off Sea Monsters.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Noe, Leslie F.; Jeff Liston; Mark Evans (2003). "The first relatively complete exoccipital-opisthotic from the braincase of the Callovian pliosaur, Liopleurodon". Geological Magazine (UK: Cambridge University Press) 140 (4): 479–486. doi:10.1017/S0016756803007829. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]