Liopleurodon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Liopleurodon
Rentang fosil: Jura Pertengahan–Akhir, 162–150 Jtl
L. ferox skull
L. ferox skull
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Reptilia
Ordo: Plesiosauria
Upaordo: Pliosauroidea
Famili: Pliosauridae
Genus: Liopleurodon
Sauvage, 1873
Species

L. ferox Sauvage, 1873 (type)
L. pachydeirus (Seeley, 1869)
L. rossicus (Novozhilov, 1948)

Sinonim

Strongylokroptaphus Novozhilov, 1964

Liopleurodon (pengucapan bahasa Inggris: [ˌlaɪ.ɵˈplʊərədɒn]) adalah genus reptil laut karnivora yang masuk kedalam klad Pliosauroidea. Dua spesies Liopleurodon hidup pada masa Callovian pada periode Jura Pertengahan (c. 160 hingga 155 mya), sementara spesies ketiga, L. rossicus, hidup pada masa Jura Akhir.Liopleurodon berasal dari bahasa Yunani dan Latin yang berarti "gig bersisi halus" sesuai karakteristik giginya,yang halus di salah satu sisinya.

Nama genus Liopleurodon diperkenalkan oleh H.E Sauvage pada tahun 1873 atas dasar tiga gigi berukuran 70 milimeter.

Ukuran[sunting | sunting sumber]

Liopleurodon adalah Pliosauria terbesar kedua setelah Predator X.Panjang tubuhnya diperkirakan mencapai 12 m(L.pachydeirus) serta 15,5 m(L.rossicus)dan mungkin saapi 20,5 m(L.ferox).Bobot maksimalnya dapat mencapai sekitar 35 ton.Liopleurodon memiliki tengkorak sepanjang 3 m dengan 150 gigi tajam yang masing-masing panjangnya bisa mencapai 30 cm.Gigitan Liopleurodon juga diperkirakan setidaknya 2 atau 3 kali lipat kekuatan gigitan Tyrannosaurus rex.

Gaya hidup[sunting | sunting sumber]

Liopleurodon adalah karnivora,salah satu pemangsa paling menakutkan di lautan pada masanya.Mereka makan Ichthyosaurus, Ophthalmosaurus,Cryptoclidus,dan Kimmerosaurus yang disergapnya atau melakukan pengejaran jarak dekat.Terlepas dari ukuran raksasanya.Liopleurodon dapat berenang hingga 45 km/jam.

Dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

Liopleurodon ditampilkan di episode ketiga Walking With Dinosaurs produksi BBC yang menampilkan ia menyergap Eustreptospondylus dari bawah air dan menyerang seekor Ophthalmosaurus yang tengah melahirkan.Dalam film disebutkan Liopleurodon memiliki panjang 25 m dan berat 150 ton,tapi sepertinya terlalu besar untuk Pliosaur manapun,dan sejauh ini tidak ada fosil yang menunjukkan ukuran itu pernah dicapai.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]