Dynasty Warriors 4

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dynasty Warriors 4
PublikasiPlayStation 2
  • INA: 27 Februari 2004
  • NA: 27 Februari 2004
  • PAL: 27 Juni 2004
Xbox
  • NA: 5 September 2004[1]
  • PAL: 14 November 2004
Microsoft Windows
  • WW: 27 Februari 2006
PlayStation Network
  • PAL: 30 Januari 2013
GenreHack and Slash
Tactical action[2]
Karakteristik teknis
PlatformXbox, PlayStation 2 dan Windows
Modepermainan video multipemain, Permainan video pemain tunggal dan co-op mode
FormatDVD-R DL
Format kode
Daftar
  • 30
Informasi pengembang
PengembangOmega Force
PenyuntingKoei
ProdusenLeo Sutanto
Elly Yanti Noor
PenerbitKoei
SinemArt
Penilaian
ESRB
enllaç=d:Q14864330
PEGI
enllaç=d:Q14915515
USK
enllaç=d:Q14920392
Informasi tambahan
MobyGamesdynasty-warriors-4, dynasty-warriors-4-xtreme-legends dan dynasty-warriors-4-empires
Bagian dari Dynasty Warriors
Sebelum
Tidak ada
Sebelum
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini


Dynasty Warriors 4 adalah video game hack and slash yang keempat dirilis 27 Februari 2004 dalam seri Dynasty Warriors. Dynasty Warriors 4 dikembangkan oleh Omega Force dan diterbitkan oleh SinemArt dan Koei. Permainan ini tersedia di PlayStation 2 (PS2) dan Xbox dan didasarkan pada serangkaian buku berjudul Romance of the Three Kingdoms, yang ditulis oleh Luo Guanzhong. Seraya serial ini berkembang, serial ini semakin melenceng dari plot Romance of the Three Kingdoms yang sebenarnya, tetapi justru memberi pengguna lebih banyak masukan tentang bagaimana alur cerita berkembang. itu menduduki puncak grafik penjualan, terjual lebih dari satu juta kopi dalam sembilan hari, dan menerima rata-rata 78 dari 100 ulasan Metacritics.[3]

Awalnya dirilis di PS2 pada Maret 2004, kemudian di-porting ke Xbox pada September tahun yang sama dan, pada 2005, di-porting ke PC dengan nama Dynasty Warriors 4 Hyper. Dua ekspansi dirilis untuk versi game PS2, Xtreme Legends dan Empires. Sedangkan Xtreme Legends mengharuskan pemain untuk menggunakan disk Dynasty Warriors 4 asli untuk mengakses semua fiturnya, Empires adalah game yang berdiri sendiri yang dapat dimainkan tanpa disk aslinya. Game ini adalah yang pertama dalam seri Dynasty Warriors yang memperkenalkan paket ekspansi Empires dan yang kedua menyertakan judul Xtreme Legends. Ekspansi ini tidak tersedia untuk versi Xbox dari game tersebut.

Gameplay[sunting | sunting sumber]

Dynasty Warriors 4 memperluas pendahulunya dengan menambahkan karakter baru, mode permainan baru, dan 'Edit Mode' yang benar-benar baru tersedia.[4] Alih-alih memiliki rutinitas yang ketat untuk diikuti selama pertempuran, petugas, sampai batas tertentu, akan memiliki reaksi yang lebih besar terhadap peristiwa yang terjadi di medan perang dalam game dan mungkin lebih sering bereaksi terhadap hal-hal.

Tujuan dari sebagian besar tahapan di Dynasty Warriors 4 adalah untuk mengalahkan komandan musuh. Pemain harus melewati panggung, mengalahkan perwira dan pasukan musuh sambil berusaha mempertahankan komandan mereka sendiri tetap hidup.[5] Beberapa tahapan memiliki tujuan sekunder untuk diselesaikan pemain untuk mempermudah tahapan, membuka kunci fitur baru, atau membantu di tahapan selanjutnya. Setiap karakter yang dapat dimainkan memiliki senjata unik dan kemampuan manusia super masing-masing. Cakupan setiap tahap memungkinkan setiap pihak memiliki ribuan tentara di medan perang. Gim ini menggunakan sistem kombinasi yang cukup sederhana sehingga pemain dapat melakukan serangan berantai secara bersamaan; kombo serangan setinggi mungkin menjadi 10. Desain karakter baru dan gerakan serangan juga diperbarui, meninggalkan lebih banyak kerusakan dan meningkatkan keterampilan karakter Anda dengan lebih mudah.[6]

Termasuk petugas awal yang dapat dimainkan Liu Bei, Zhang Fei, dan Guan Yu untuk Kerajaan Shu; Xiahou Dun, Cao Cao, Xiahou Yuan untuk Kerajaan Wei; dan Sun Shang Xiang, Huang Gai, dan Sun Jian untuk Kerajaan Wu. Dimungkinkan untuk membuka kunci karakter baru dari kerajaan lain serta menggunakan karakter yang dibuat pemain di salah satu kampanye. 'Mode Edit' yang baru memungkinkan pemain untuk membuat petugas dari serangkaian fitur, gerakan, dan senjata yang berbeda untuk digunakan dalam 'Kaiba Mode'. Sikap dan gerak karakter dipengaruhi oleh jenis kelamin mereka dan senjata yang dipilih pemain untuk dibawa dan digunakan. Tmosi untuk senjata diambil dari perwira yang sudah ada sebelumnya serta dari dua karakter yang dihapus dari Dynasty Warriors 4 yang ada di Dynasty Warriors 3: Fu Xi dan Nu Wa.[7] Beberapa karakter dibuka kuncinya dengan memenuhi tujuan sampingan opsional; sebagian besar dibuka dengan menyelesaikan pertempuran tertentu selama bermain game. Jumlah maksimum karakter yang dapat dimainkan adalah 43, 47 dengan karakter yang dibuat.

Setiap karakter yang dapat dimainkan dalam game memiliki kemampuan untuk melengkapi item. Senjata dalam game, tidak seperti pendahulunya, diperoleh dalam level. Beberapa item hanya ditemukan pada tahapan tertentu, tetapi hanya dapat diperoleh jika menyelesaikan suatu tujuan. Terkadang tujuannya mungkin sangat sederhana, tetapi beberapa mungkin tidak semudah itu untuk mengetahui cara mendapatkan item tertentu. Dengan mengalahkan jenderal dan letnan, karakter pemain diberikan pengalaman yang disesuaikan dengan kesulitan masing-masing perwira, dan jumlah mereka yang dikalahkan. Pengalaman ini dialokasikan di akhir level dan memungkinkan pemain untuk meningkatkan atributnya atau mendapatkan formulir baru. Setiap petugas yang dapat dimainkan memiliki 9 level untuk dicapai dengan senjata standar mereka, sementara level 10 dapat diakses melalui persyaratan khusus dalam game, dan pada tingkat kesulitan "Keras", yang dianggap membuat frustrasi seperti kebanyakan game, semakin sulit semakin sulit. ingin Anda dapatkan. Item dapat memberikan sejumlah efek pada pemain seperti meningkatkan kekuatan serangan, pertahanan, dan kecepatan gerakan. Anda juga dapat memulihkan tingkat kesehatan Anda untuk menghindari terbunuh dan mengalami "Game Over" dengan mendapatkan "Chinese Meatbuns" yang pada awalnya terlihat seperti bawang seperti di game lain dalam franchise Dynasty Warriors yang sejauh ini sukses. Kamu juga bisa mendapatkan item boost yang meningkatkan skill tertentu sebanyak 2 kali untuk waktu yang terbatas. Anda juga bisa mendapatkan paket wine dan paket Chinese Meatbuns dalam tahapan tertentu di lokasi tertentu selama bermain game. Seperti yang dikatakan di atas, item khusus juga dapat dibuka dengan menyelesaikan tujuan selama bermain game. Item khusus dapat memberi pemain peningkatan statistik, kemampuan atau keterampilan unik, atau bahkan tunggangan yang dapat ditunggangi seperti Gajah atau Kuda.[8]

'Mode Musou', mode kampanye utama, memiliki kampanye terpisah untuk setiap kerajaan daripada 'Mode Musou' terpisah untuk setiap karakter, seperti yang ditampilkan di Dynasty Warriors 3, yang membuat pemain lebih frustasi untuk membuka kunci karakter favorit mereka. Jadi, Dynasty Warriors 4 Mosou Modes memudahkan pemain untuk membuka kunci karakter favoritnya. Sementara alur ceritanya masih linier, 'Mode Musou' agak terbuka dalam arti bahwa tergantung pada tindakan pengguna, peristiwa yang berbeda akan terjadi, seperti membuka kunci karakter baru untuk digunakan atau kerajaan baru. Kerajaan yang tidak dapat dibuka dalam game termasuk Kerajaan Wu, Shu, dan Wei, dan karakter yang tidak dapat dibuka termasuk panglima perang yang dikalahkan dalam buku yang menjadi dasar seri game Romance of the Three Kingdoms.

Fitur dalam game termasuk medan perang besar, banyak musuh dan petugas untuk dikalahkan, dan banyak hasil untuk setiap tahap. Level tertentu menggunakan mesin pengepungan[7] (Fitur baru untuk seri ini) dan perkenalkan peralatan pengepungan khusus seperti lapisan jembatan, pendobrak, dan ketapel ke atas panggung. Meskipun tidak penting untuk menyelesaikan tahapan, memiliki senjata pengepungan akan meningkatkan moral pasukan pemain, dan membantu pemain berhasil.

Sistem moral dalam game ini mirip dengan game Dynasty Warrior sebelumnya. Moral meningkat dan menurun dengan melakukan sejumlah tindakan positif untuk pasukan pemain.[9]Aksi yang menghasilkan efek ini antara lain mengalahkan musuh dalam kelipatan lima puluh, mengalahkan perwira musuh, dan menyelesaikan event khusus seperti penyergapan, serangan pengepungan, dan menemukan benteng musuh. Semangat dalam permainan memiliki pengaruh yang kuat pada kekuatan pemain, menentukan kekuatan dan kecepatan mereka, serta kemampuan mereka untuk melakukan serangan Berwald. Semangat juga akan mempengaruhi bagaimana karakter CPU bergerak sepanjang pertempuran. Contoh: Ally Oxenstiernas menang. Mereka lebih cenderung menyerang musuh dan menghancurkan musuh di jalan. Mereka mungkin atau mungkin tidak berhenti jika semangat pasukan yang menyerang turun menjadi kalah. Lebih banyak kemungkinan mereka akan berhenti dan tetap di tempat mereka berada, atau mereka akan melarikan diri kembali ke sisi sekutu medan perang.

Kadang-kadang, saat pemain menghadapi petugas musuh, petugas tersebut akan menantang mereka untuk duel satu lawan satu. Jika pemain menerima, mereka akan dipindahkan ke arena kecil yang jauh dari medan perang utama di mana pertarungan satu lawan satu dengan petugas akan berlangsung sampai menang atau waktu habis. Jika pemain menurun, moral Anda akan turun. Jika pemain menang, moral mereka akan meningkat dan petugas musuh akan disingkirkan dari medan perang. Jika Anda menerima tantangan petugas, mereka menjadi lebih sulit dikalahkan dalam duel.

Alur[sunting | sunting sumber]

Latar[sunting | sunting sumber]

Dynasty Warriors 4 diatur di Tiongkok Kuno selama masa Tiga Kerajaan. Permainan dimulai pada kejatuhan Dinasti Han, tak lama sebelum kematian Kaisar Ling[10] ketika Yellow Turban Rebellion yang dipimpin oleh Zhang Jiao memulai pemberontakan melawan Kekaisaran. Sejumlah elemen dalam game dibangun di atas aspek Mitologi Tiongkok dan terdapat perpaduan antara fakta dan fiksi karena game ini dibangun di atas kisah Romance of the Three Kingdoms.

Banyak lokasi, karakter, dan peristiwa di Dynasty Warriors 4 dilaporkan terjadi dalam sejarah Tiongkok meskipun banyak yang dilebih-lebihkan untuk membuat game tersebut lebih menarik bagi pemain. Ada juga beberapa fitur yang secara historis tidak akurat. Gim ini menampilkan lingkungan yang menyerupai Cina kuno dan berbagai item dari zaman itu. Item umum sepanjang permainan termasuk Fairy Wine dan Dim Sum.[11]

Panggung[sunting | sunting sumber]

Banyak dari tahapan tersebut merupakan reka ulang dari pertempuran terkenal yang hadir secara historis atau dari novel Romance of the Three Kingdoms, sementara kreasi asli menjadi lebih umum dengan cicilan yang lebih baru. Tentu saja, medan perang bukanlah reproduksi persis dari lokasi aslinya, karena bangunan, bangunan, dan fasilitas lain yang lebih baru telah dibangun di atasnya. Misalnya, He Fei, situs utama baik dalam game maupun dalam konteks sejarah, telah dikembangkan dan diperluas ke daerah perkotaan, membuat replikasi yang tepat menjadi tidak mungkin. Alih-alih, level dirancang agar akurat secara samar, lebih berfokus pada ekspresi suasana hati dan efek; ini tidak digunakan kembali di setiap game, tetapi diperbarui di setiap game Dynasty Warriors, simpan paket ekstensi game - dalam hal ini, Dynasty Warriors 4: Xtreme Legends dan Dynasty Warriors 4: Empires

Karakter[sunting | sunting sumber]

* Menunjukkan karakter baru untuk seri ini

** Menunjukkan karakter khusus untuk seri ini

Shu Wei Wu Lain-lain
Guan Yu Cao Cao Da Qiao Diao Chan
Huang Zhong Cao Ren* Gan Ning Dong Zhuo
Jiang Wei Dian Wei Huang Gai Kamila**
Liu Bei Sima Yi Lu Meng Lu Bu
Ma Chao Xiahou Dun Lu Xun Meng Huo
Pang Tong Xiahou Yuan Sun Ce Yuan Shao
Wei Yan Xu Huang Sun Jian Zhang Jiao
Yue Ying* Xu Zhu Sun Quan Zhu Rong
Zhang Fei Zhang He Sun Shang Xiang
Zhao Yun Zhang Liao Taishi Ci
Zhuge Liang Zhen Ji Xiao Qiao
Zhou Tai*
Zhou Yu

* Menunjukkan karakter baru untuk seri ini

** Menunjukkan karakter khusus untuk seri ini

Bold menunjukkan karakter default

Catatan: Fu Xi dan Nü Wa telah dihapus di DW4


Cerita[sunting | sunting sumber]

Meskipun Dynasty Warriors 4 mengizinkan beberapa masukan pemain tentang bagaimana ceritanya terungkap, 'Mode Musou' tiga kerajaan utama mengikuti peristiwa utama dari kisah Romance of the Three Kingdoms..[12]

Kisah Han dan Pasukan Sekutu[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 184 M, dengan korupsi dan kemiskinan di masa Dinasti Han, Zhang Jiao dan sekte agama yang dikenal sebagai Jalan Damai memulai pemberontakan di China, menarik ratusan ribu pengikut. Menanggapi ancaman tersebut, Bupati Marsekal He Jin mengumpulkan jenderal dari seluruh negeri untuk memerangi "Yellow Turban Rebellion". Di antara sukarelawan Pasukan Han adalah Cao Cao dari Chang'an, Sun Jian dari Jianye, dan Liu Bei. Pasukan Han mampu menghancurkan Zhang Liang, yang mengepungHuangfu Song di Kastil Xiapi. Mereka melanjutkan mengemudi Zhang Bao keluar dari bentengnya di He Nan Yin dan seluruh pasukan Han menang atas Zhang Jiao sendiri di Provinsi Ji (Jika Zhang Jiao mundur dari pertempuran, salah satu pasukan, baik Wei, Wu, atau Shu, akan mengalahkan Zhang Jiao dan Zhang Lu di Han Zhong).

Dengan kematian Zhang Jiao dan pengikutnya, Dong Zhuo yang merebut kekuasaan di dalam Pengadilan Kekaisaran. Diikuti oleh Lu Bu and Diaochan,dia memperbudak Kaisar Xian dari Han dan menjadikan dirinya bupati menggantikan almarhum He Jin. Pada tahun 190 M, bangsawan yang berkuasa Yuan Shao mengumpulkan pasukan prajurit dari seluruh negeri, termasuk Cao Cao, Sun Jian, Liu Bei, Gongsun Zan, dan banyak prajurit baru. Kekuatan ini mengalahkan Li Jue dan Hua Xiong di Si Shui Gate dan, setahun kemudian di Hulao Gate, mereka mengalahkan Dong Zhuo dan Lu Bu; Dong Zhuo selamat, dan membakar Luoyang.

Cerita Shu[sunting | sunting sumber]

Setelah mengalahkan Dong Zhuo, Liu Bei dan saudara angkatnya Zhang Fei dan Guan Yu terpaksa mengembara untuk mencari rumah. Karena orang-orang mencintai Liu Bei, Cao Cao bertekad untuk menghancurkannya. Pada tahun 200 M, Guan Yu kembali ke Liu Bei setelah melarikan diri ("Tales"), melewati banyak gerbang menuju kapal di sungai. Di Ru Nan ("Tales"), Liu Bei bergabung kembali dengan Guan Yu dan sekarang diikuti oleh Zhao Yun, yang menyelamatkannya dari serangan infanteri. Cao Cao dikalahkan, tapi Liu Bei harus terus mengembara. Pada tahun 208 M, Liu Bei menemukan bakat pada seorang ahli strategi yang dikenal sebagai Zhuge Liang, yang setuju untuk mengikutinya setelah Liu Bei mengunjunginya tiga kali. Zhuge Liang membuktikan kemampuannya dengan mengalahkan pasukan Cao Cao dalam serangkaian penyergapan di Pertempuran Bo Wan Po dan Liu Bei berhasil melarikan diri ke Sun Jian di Wu setelah Pertempuran Changban, tempat Zhao Yun menyelamatkan putranya. Sun Jian setuju untuk membantu Liu Bei dalam tujuannya mengalahkan Cao Cao, dan ahli strategi Wu Zhou Yu bekerja sama dengan Zhuge Liang untuk melakukan serangan api yang menghancurkan armada Cao Cao di Pertempuran Chi Bi.

Setelah Chi Bi, Liu Bei fokus membangun kerajaannya. Dia mengambil alih Kastil Luo dari sepupunya Liu Zhang setelah orang-orang memohon bimbingannya (meskipun dia kehilangan Pang Tong), dan juga mempersatukan Provinsi Jing setelah mengalahkan Han Xuan dari Changsha, Liu Du dari Lingling, Zhao Fan dari Guiyang, dan Jin Xuan dari Wuling. Dia memperoleh Huang Zhong dan Wei Yan sebagai perwira setelah pertempuran ini, dan pasukan besarnya menaklukkan sisa Provinsi Yi di Chengdu pada tahun 214 M. Segera setelah itu, dia membantu Ma Chao di Pertempuran Celah Tong ("Tales") melawan Cao Cao, dan mendapatkan dia sebagai jenderal setelah Chengdu.

Liu Bei kemudian menyerang Wei atau Wu, tergantung apakah serangan api di Chi Bi berhasil atau tidak. Entah Wei atau Wu akan menjadi pertempuran terakhir di mana Anda menyerang ibu kota mereka; pertempurannya sama.

Liu Bei mulai berkampanye di selatan untuk menyingkirkan ancaman Wu, karena Wu telah mendukung pemberontakan Nanman oleh Raja Meng Huo. Di Nanzhong, dia secara sistematis mengalahkan Meng Huo sebanyak tujuh kali, karena Zhuge Liang dengan cerdik melawan pasukan lapis baja Nanman dan juga menenangkan rawa-rawa racun. Setelah menjatuhkan Meng Huo, Shu melanjutkan untuk merebut Kastil Fan dari Cao Ren Wei, dan juga mengalahkan bala bantuan Wu di bawah Lu Meng dan pengkhianat di bawah Mi Fang dan Fu Shiren. Pertempuran terakhir dengan Wu terjadi di Pertempuran Yi Ling, di mana Liu Bei menerjang serangan api Wu dan mengalahkan (jika Wu jatuh lebih dulu, bunuh) Sun Jian dan para perwiranya. Jika Wei telah dikalahkan sebelum Wu, Liu Bei mulai menyerang Jianye, dan melihat tipuan ganda tubuh Sun Jian dan membunuh Sun Jian, Sun Ce, Sun Quan, dan Sun Shangxiang.

Dia juga menyerang Wei dalam kampanye yang didalangi oleh Zhuge Liang. Zhuge Liang mendapatkan Jiang Wei sebagai seorang jenderal setelah mengisolasinya dan menipu jenderal Wei Ma Zun dengan berpikir bahwa dia mengkhianatinya, dengan taktik cerdik di Pertempuran Tianshui ("Tales"). Dia melanjutkan untuk mengalahkan Wei setelah pertukaran tahanan yang gagal di Pertempuran Mt. Dingjun dan menyelamatkan Ma Su dari kekalahan di Pertempuran Jieting. Pertempuran terakhirnya dengan Wei adalah di Pertempuran Dataran Wuzhang, di mana dia memalsukan kematiannya, hanya untuk menyergap pasukan Wei dan mengalahkan Sima Yi. Jika Wu telah jatuh sebelum Wei, Shu akan menyerang Xuchang, ibukota bersama Wei, dan merebutnya, dengan para perwira Wei bertempur sampai mati.

Setelah menyatukan tanah, Liu Bei akan melakukan pawai kemenangan dengan para jenderalnya, dan memasuki ibu kota dalam prosesi yang megah.

Cerita Wei[sunting | sunting sumber]

Setelah kekalahan Dong Zhuo, Cao Cao fokus untuk menyatukan tanah. Dia dikelilingi oleh musuh: Jenderal Lu Bu Dong Zhuo telah mengambil alih semua pasukan Dong Zhuo dan merebut Kastil Xiapi; Zhang Xiu memberontak di Kastil Wan; ke utara, Yuan Shao mengancam akan menelan seluruh utara. Cao Cao mengalahkan Zhang Xiu di Kastil Wan, dengan pengawalnya Dian Wei menahan musuh di kastil yang terbakar. Cao Cao, setelah melarikan diri, mengalahkan Lu Bu bersekutu dengan Liu Bei di Xiapi pada tahun 198 M, memusnahkan pasukannya dan mendapatkan beberapa perwira. Kemenangan terakhir Cao Cao adalah pada Pertempuran Guandu pada tahun 200 M, di mana dia menghancurkan pasukan Yuan Shao bahkan sebelum dia tiba.

Setelah mengalahkan Yuan Shao, Cao Cao melanjutkan untuk melawan Liu Bei, yang mengembara untuk mencari seorang tuan. Xiahou Dun mengejar dan mengalahkan Guan Yu, saudara laki-laki Liu Bei, yang mencoba melarikan diri ke perahu di Huang He ("Tales"). Pada tahun 208 M, Cao Cao memenangkan kemenangan atas tipu daya Zhuge Liang di Bo Wan Po, mengalahkan Liu Bei yang melarikan diri di Changban, dan menghentikan taktik serangan api oleh armada sekutu Sun Jian dan Liu Bei di Chi Bi.

Meskipun musuh selatannya masih sangat hidup, Cao Cao memusatkan perhatian ke utara untuk menghancurkan Ma Chao dan para pemberontaknya di Gerbang Tong pada tahun 211 M ("Tales"). Dia juga memilih untuk bertahan melawan Lu Bu, yang meneror Xiapi, dan dalam serangan api, dia mengakhiri Serangan Lu Bu ("Tales"). Para jenderal Cao Cao kemudian menghancurkan pasukan Dong Zhuo yang masih hidup sedikit demi sedikit di Provinsi Ji ("Tales"), dan dia membasmi semua musuhnya. Cao Cao kemudian memilih untuk mengejar Shu atau Wu, tergantung dari hasil serangan api Chibi.

Cao Cao bertahan melawan serangan Shu, dengan Xiahou Yuan mengalahkan Huang Zhong di Gunung Dingjun pada tahun 218 M setelah pertukaran tahanan yang gagal. Zhuge Liang kemudian melakukan upaya baru untuk pergi ke utara, menunjuk Ma Su sebagai bawahan, tetapi Ma Su dikepung Jieting pada tahun 229 M dan pasukannya dihancurkan oleh Sima Yi, ahli strategi Cao Cao. Cao Cao dan Sima Yi kemudian mengalahkan Zhuge Liang di Dataran Wuzhang pada tahun 234 M, mengalahkan (atau membunuh, tergantung urutan penaklukan) Liu Bei. Jika Wu telah jatuh lebih dulu, Cao Cao mulai menyerang ibu kota Shu di Chengdu. Dia membuat Wei Yan membelot ke pasukannya dan tentara Wei merebut Kastil Luo dan Chengdu dari pasukan Shu, dan Liu Bei dan milisi petani terbunuh.

Wei menyerang balik Wu, yang telah menyerang mereka di Fan Castle. Cao Ren berhasil mempertahankan benteng melawan Lu Meng, yang gagal mengepung tembok. Di Shiting pada tahun 228 M, Cao Xiu selamat dari taktik pembelotan oleh Zhou Fang, dengan bantuan dari Sima Yi, yang menghancurkan pasukan Lu Xun. Pertempuran terakhir terjadi di Kastil He Fei, di mana jenderal Wei Zhang Liao mengalahkan Sun Jian dalam serangkaian penyergapan. Jika Shu telah dikalahkan terlebih dahulu, Wei akan menyerang ibu kota di Jianye dan setiap anggota keluarga Sun terbunuh saat Tiga Kerajaan berakhir.

Cao Cao dan jendralnya kemudian akan melakukan pawai kemenangan ke ibukota, dilambaikan tangan oleh petani setempat.

Cerita Wu[sunting | sunting sumber]

Kekalahan Dong Zhuo membuatnya bersembunyi di Luoyang, jadi Sun Jian dan pasukannya menyerang dan mengalahkannya di kota, menemukan Segel Kekaisaran dalam proses ("Tales"). Sun Jian kemudian memimpin pasukannya pulang, tetapi mengetahui bahwa Liu Biao telah mengambil alih Provinsi Jing, Yan Baihu, Wang Lang, dan Liu Yong telah menaklukkan Wilayah Wu, dan Liu Xun bersekutu dengan Yuan Shu. Di Xiangyang pada tahun 192 M, Sun Jian jatuh ke dalam jebakan di kastil tetapi bertahan dan mengalahkan para penyerang. Jenderalnya juga membunuh banyak jenderal Liu Biao dan mengalahkan bala bantuan Yuan Shao, dan Liu Biao dikalahkan setelah menginterogasi mengapa dia menginvasi Jing. Putranya Sun Ce melanjutkan penaklukannya, dan mulai menaklukkan Wilayah Wu dari penguasa daerah; Zhou Yu merencanakan kampanyenya untuk tanah. Dengan keamanan Wu, Keluarga Sun melanjutkan perjalanan ke Gunung Xingshi, di mana mereka menyerang Jiangdong dan mengalahkan pasukan Liu Xun dan Yuan Shu pada tahun 198 M. Jika saja Liu Xun telah dikalahkan, Sun Jian dan keluarganya akan berpartisipasi dalam penyatuan Provinsi Jing, mengamankan semua kota dari pasukan Liu Biao dan ketiga penguasa Wu.

Dengan mengamankan markas mereka, Wu mencari ancaman dari luar. Huang Zu, yang sebelumnya mendukung Liu Biao, menyiapkan armada bajak laut untuk menyerang. Raja Nanman Meng Huo telah menunjukkan tanda-tanda pemberontakan di selatan. Di utara, Cao Cao menyiapkan armada untuk menyerang selatan. Sun Ce dan Zhou Yu mengalahkan Huang Zu dengan serangan tembakan angkatan laut di Xiakou dan meyakinkan Gan Ning untuk bergabung dengan mereka, dan Zhou Yu menyebabkan kekalahan telak pada pasukan gajah Meng Huo di Nanman. Untuk mengatasi masalah Cao Cao, Sun Jian bersekutu dengan Liu Bei dan mengalahkan armada Cao Cao di Chi Bi.

Setelah Chi Bi, Wu melanjutkan penaklukan mereka. Bergantung pada hasil serangan api, mereka akan menyerang Wei atau Shu. Sebelumnya, Wu mengalahkan pasukan gabungan Dong Zhuo dan Meng Huo di Chang Jiang ("Tales").

Wu mengamankan Xiangyang, Wilayah Nan, Provinsi Jiangling, dan Jing dari Wei sebelum Zhuge Liang dari Shu dapat melakukannya, dan juga mengalahkan Meng Huo untuk kedua (atau ketiga) kalinya di selatan. Pertempuran terakhir mereka melawan Shu adalah di Yiling, di mana mereka menggunakan serangan api untuk memaksa Liu Bei mundur ke Kastil Bai Di, di mana dia kemudian dikalahkan (atau dibunuh). Jika Wei telah jatuh lebih dulu, Wu akan mengalahkan Shu di Chengdu dan menduduki tanah Shu Han, membunuh perwira mereka.

Wu kemudian berhadapan dengan Wei, merebut Fan Castle dengan mesin pengepungan. Lu Xun, seorang ahli strategi baru, kemudian mengalahkan Wei di Shiting dengan taktik pembelotan yang melibatkan Zhou Fang. Kemenangan terakhir mereka di Kastil He Fei memberi mereka kendali atas wilayah tersebut. Jika Shu jatuh lebih dulu, Wu akan melanjutkan ke Xuchang dan merebutnya setelah pengepungan.

Dengan tanah di tangan mereka, Wu melakukan pawai kemenangan ke ibu kota.

CeritaYuan Shao[sunting | sunting sumber]

Yuan Shao, setelah merendahkan Serban Kuning dan pasukan Dong Zhuo, melanjutkan untuk menyerang saingannya Cao Cao. Setelah mengalahkan Cao Cao di Guan Du, Yuan Shao menghancurkan Wei dan membunuh semua jenderal mereka. Dengan kematian tiran, dia fokus untuk mengalahkan Liu Bei dan Sun Jian. Dia melawan dua kampanye melawan mereka, mengalahkan Sun Jian di Hefei dan Liu Bei di Xiapi. Kematian kedua pahlawan itu membuatnya menguasai seluruh negeri.

Cerita Nanman[sunting | sunting sumber]

Nanman absen dari Kampanye Serban Kuning dan Perang melawan Dong Zhuo. Sebaliknya, mereka hidup damai di selatan, tetapi dikalahkan beberapa kali oleh penjajah Shu. Raja Meng Huo marah, tetapi istrinya Zhu Rong menyemangati dia untuk mengirim mereka kembali ke tanah mereka dan menghancurkan mereka. Setelah satu pertempuran untuk Nanzhong, Meng Huo memaksa pasukan Zhuge Liang keluar dari rumahnya.

Tentara Meng Huo berbaris ke utara untuk menyerang Liu Bei. Namun, pasukannya tersapu ke Changjiang dan berakhir di Kerajaan Wu, yang diperintah oleh Sun Jian. Nanman memutuskan untuk mengambil Jianye dari Wu, dan Meng Huo membunuh setiap anggota keluarga Sun secara berurutan. Dengan jatuhnya Jianye, Meng Huo mulai menyerang Wei. Dia menangkap Xuchang dan membunuh setiap petugas Wei, meskipun upaya Sima Yi untuk melancarkan serangan ke depot pasokan Nanman menyebabkan kekacauan sementara.

Meng Huo dan tentara Nanman kemudian berbaris di Chengdu, ibu kota Shu. Pasukan Nanman ditahan dari jembatan oleh Zhang Bao dan Guan Suo, yang menahan Nanman untuk mempertahankan warisan ayah mereka (masing-masing Zhang Fei dan Guan Yu). Meng Huo membunuh jenderal terakhir Shu dan menaklukkan negeri itu.

Cerita Lu Bu[sunting | sunting sumber]

Lu Bu berjuang untuk Dong Zhuo di Pertempuran Gerbang Si Shui, melawan penjajah yang seharusnya menggulingkannya. Lu Bu kemudian mengalahkan Koalisi di Gerbang Hu Lao, tetapi mereka belum selesai. Juga, dia menemukan bahwa Dong Zhuo benar-benar monster, dan memulai pemberontakan di Kastil Wan dan menebasnya. Sekarang bertanggung jawab atas pasukan Dong Zhuo, dia mengalahkan Cao Cao, Liu Bei, dan Sun Jian dalam beberapa kampanye, dan mengambil alih tanah itu.

Cerita Dong Zhuo[sunting | sunting sumber]

Dong Zhuo mengetahui bahwa Koalisi Yuan Shao akhirnya mulai menyerang, dan dia mengalahkan mereka di Gerbang Si Shui dan Gerbang Hu Lao. Setelah itu, dia mengalahkan Lu Bu, yang mencoba memberontak melawannya, dan mengalahkan para pemberontak. Tindakan terakhirnya adalah menghancurkan Cao Cao, Liu Bei, dan Sun Jian di Guandu, Xiapi, dan Hefei. Dia berkendara ke ibu kota dalam pawai kemenangan, mengambil alih tanah.

Cerita Yellow Turban[sunting | sunting sumber]

Zhang Jiao, pemimpin Pemberontakan Sorban Kuning, mengetahui bahwa tentara Han akhirnya bergerak, dan mereka bersiap untuk menyerangnya. Dia mengalahkan Sun Jian, Liu Bei, dan Cao Cao dalam serangkaian kampanye di Hefei, Xiapi, dan Guandu. Dia kemudian mengalahkan Han di Kastil Xiapi, yang dipegang oleh Huangfu Song, dan kemudian mengalahkan Zhu Jun di He Nan Yin. Akhirnya, dia mengalahkan Koalisi (termasuk Dong Zhuo dan Lu Bu) di Provinsi Ji, dan Han jatuh berdiri. Orang-orangnya memasuki ibu kota, karena Jalan Damai telah mengambil alih tanah itu.

Pembuatan[sunting | sunting sumber]

Karena kesuksesan Dynasty Warriors 3, Omega Force mulai mengembangkan sekuelnya, Dynasty Warriors 4, dan perluasannya. Game keempat dalam seri ini adalah yang pertama memperkenalkan ekspansi Empires, tetapi tidak dirancang oleh orang yang sama yang mendesain Dynasty Warriors 4, Tomohiko Sho. Meskipun dia bukan perancang untuk semua game Dynasty Warriors, dia terlibat dalam produksinya, biasanya sebagai perencana.[13] Omega Force dibawah Koei sebagai tim pengembangan internal dan terutama berkonsentrasi pada seri Dynasty Warriors dan seri Samurai Warriors. Kemiripan telah ditunjukkan antara kedua seri, seperti ekspansi Xtreme Legends dan Empires, serta pengisi suara serupa yang telah digunakan di sejumlah game dari setiap seri. Suara berulang di antara game termasuk Beau Billingslea, Steven Jay Blum dan Richard Epcar.[14][15]

Audio[sunting | sunting sumber]

Seri Dynasty Warriors tidak pernah menggunakan gaya musik yang biasa dibuat di era game-game tersebut. Dynasty Warriors 4 tidak berbeda dan menampilkan gaya musik yang mirip dengan Dynasty Warriors 3, menggunakan campuran rock, metal, dan heavy metal dengan nada musik tradisional Tiongkok.[16][17] Namun, ini tidak mengurangi fakta bahwa ada banyak trek yang bervariasi di sepanjang permainan. Lagu penutup dari game tersebut, "Cross Colours", dibawakan oleh Asmirandah[18] dan musiknya disusun oleh SinemArt. Lagu tersebut dibawakan dalam bahasa Inggris oleh penyanyi yang sama dan dirilis untuk versi Asli dari game tersebut.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Sebelum perilisan utamanya, Dynasty Warriors 4 sudah terlihat menjanjikan setelah GameSpot UK preview dua bulan sebelum game dirilis.[25] Meskipun masih sangat mirip dengan judul seri sebelumnya, mesin grafisnya telah di-tweak dan gameplaynya diperluas, menampilkan lebih banyak karakter dan tahapan.

Setelah dirilis, penjualannya tinggi di Amerika Serikat, terjual lebih dari satu juta eksemplar dalam waktu singkat setelah dirilis.[26]Rilisnya di AS tidak menciptakan hype sebanyak di Jepang terutama karena pasar untuk seri Dynasty Warriors lebih kecil di sana, tetapi masih terjual dengan cukup baik dan bersamaan dengan penjualanEropa Dynasty Warriors 4 masuk ke tangga lagu Greatest Hits..[27] Pada masanya, Dynasty Warriors 4 telah berhasil menjadi IGN's 5th best co-operative game di PS2.[28] Game ini telah terjual 2,2 juta kopi.[29] Game ini dikritik karena sangat mirip dengan game seri lama dalam seri ini dan mempertahankan beberapa fitur seperti fogging dan gim berulang. Bahkan dengan kekurangan ini, Koei merilis dua ekspansi untuk Dynasty Warriors 4 Xtreme Legends dan Dynasty Warriors 4 Empires. Itu juga telah dipindahkan ke Xbox dan ke PC sebagai edisi Hyper. Armchair Empire berkomentar bahwa ketika ada banyak hal yang terjadi di layar sekaligus, permainan cenderung melambat.[30]

Pengisi suara bahasa Inggris untuk serial tersebut, yang umumnya dikritik karena buruk, tetap ada DW4.[31] Pengisi suara bahasa Inggris dari serial Dynasty Warriors menggunakan pelafalan bahasa Inggris langsung untuk nama karakter dan lokasi pinyin yang diromanisasi. Hasilnya cenderung meninggalkan kesalahan dalam dialog, dengan pengucapan bahasa Inggris yang salah dari teks asli bahasa Mandarin.

Versi dan perluasan[sunting | sunting sumber]

Dynasty Warriors 4 memiliki dua ekspansi dan rilis ulang. Yang pertama adalah Dynasty Warriors 4 Xtreme Legends dan menambahkan opsi dan mode gameplay baru. Yang kedua adalah Dynasty Warriors 4 Empires, yang menambahkan mode gameplay strategi ke aslinya. Itu juga telah dirilis ulang sebagai Dynasty Warriors 4. Hyper adalah port dari Dynasty Warriors 4 ke Windows 2000/Windows XP.[32]

Dynasty Warriors 4: Xtreme Legends[sunting | sunting sumber]

Dynasty Warriors 4: Xtreme Legends adalah ekspansi PlayStation 2 Dynasty Warriors 4 yang dikembangkan oleh Omega Force dan diterbitkan oleh Koei. Ekspansi ini dirilis di Eropa dan Amerika Serikat pada tanggal 4 November 2004. DW4XL, sebagaimana terkadang disingkat, memiliki efek cuaca dan pantulan karakter yang sedikit lebih baik dalam keseluruhan grafis.[33]

Ekspansi menambahkan tingkat kesulitan baru ('Beginner' dan 'Expert') dan mode permainan baru (mode 'Arena Challenge' dan 'Legenda'). Dalam 'Mode Tantangan Arena', pemain dapat melakukan duel satu lawan satu melawan berbagai lawan, di mana mereka akan diberi hadiah jika menang. 'Mode Legenda' baru menguraikan kehebatan individu masing-masing prajurit dalam Dynasty Warriors. Senjata individu diberikan ketersediaan untuk memiliki status evolusi ke-11, meningkatkan statistik senjata lebih lanjut. Karena penekanan besar dalam sistem duel dalam ekspansi ini, kadang-kadang dilihat sebagai permainan tersendiri - terpisah dari Dynasty Warriors 4 yang asli..[33]

Dynasty Warriors 4: Empires[sunting | sunting sumber]

Dynasty Warriors 4: Empires adalah ekspansi kedua dari Dynasty Warriors 4, dirilis secara eksklusif untuk PlayStation 2 pada tanggal 31 Agustus 2004 di Amerika Serikat dan Eropa. Gim ini menambahkan mode strategi baru yang disebut 'Mode Kerajaan' [34] yang didasarkan pada seri Romance of the Three Kingdoms. Namun, gameplay saat menyerang atau bertahan melawan pasukan lawan persis sama dengan Dynasty Warriors 4 yang asli. Tujuan utama dalam Empire Mode adalah untuk menaklukkan tanah untuk mengalahkan permainan, dengan menyerang dan menaklukkan semua wilayah dan wilayah Tiongkok. . Selain itu, suara Jepang ditambahkan ke versi PS2 dari Dynasty Warriors 4 Empires untuk versi Amerika.

Dalam 'Empire Mode', pemain dapat memilih penguasa untuk pasukannya, bersama dengan dua jenderal utama. Tiga letnan kecil juga dapat dipilih untuk dukungan. Dalam pertempuran, penangkapan perwira musuh dimungkinkan dengan menurunkan moral mereka dan mengalahkan mereka. Jika, di akhir pertempuran, pemain menang, dimungkinkan untuk mempekerjakan petugas yang ditangkap atau, sebagai alternatif, membebaskan mereka. Sebelum setiap pertempuran, pemain diberi pilihan untuk menggunakan 'Taktik Politik', seperti menambah atau mengurangi batas waktu pertempuran atau mencegah kedatangan bala bantuan musuh selama pertempuran. Pemain juga dapat mengamankan aliansi dengan kekuatan lain; aliansi ini dapat mengubah cara permainan berlangsung, seperti meminta bala bantuan dari pasukan sekutu melawan pasukan lawan. Namun, aliansi ini hanya bertahan untuk waktu tertentu yang ditentukan oleh taktik yang digunakan.[35] Ada juga 'Mode Arsip' yang menunjukkan gerakan dan suara petugas. Galeri karya seni karakter dan film game juga disajikan dalam Mode Arsip.[36]

Dynasty Warriors 4: Hyper[sunting | sunting sumber]

Versi PC dari game ini memiliki beberapa fitur eksklusif, seperti grafik yang ditingkatkan, opsi resolusi yang lebih tinggi, lebih banyak karakter di layar, jarak gambar yang ditingkatkan, dengan penambahan opsional dialog bahasa Taiwan, dan AI musuh yang ditingkatkan. Namun, itu tidak mengandung konten tambahan dari Dynasty Warriors 4: Xtreme Legends.[37]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "KOEI - Company News - Dynasty Warriors, Samurai Warriors, Romance of the Three Kingdoms, Naval Ops, Fatal Inertia, Bladestorm, Winback". web.archive.org. 2006-01-15. Archived from the original on 2006-01-15. Diakses tanggal 2023-03-21. 
  2. ^ "EA Signs North American Distribution Agreement with Koei Corporation for Upcoming Tactical Action Game Samurai Warriors". Electronic Arts. 2004-02-24. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-12-16. Diakses tanggal 2007-12-03. 
  3. ^ "Dynasty Warriors 4 Reviews". Metacritic. Diakses tanggal 2007-03-15. 
  4. ^ Clayton Chan. "Netjak Review". Netjak. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-04-18. Diakses tanggal 2007-03-15. 
  5. ^ Dynasty Warriors 4 Game Manual. Koei. hlm. 16. 
  6. ^ Dynasty Warriors 4 Game Manual. Koei. hlm. 26. 
  7. ^ a b David A. Conaway. "Gaming World X Review". Gaming World X. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-10-19. Diakses tanggal 2007-03-15. 
  8. ^ Dynasty Warriors 4 Game Manual. Koei. hlm. 36. 
  9. ^ Dynasty Warriors 4 Game Manual. Koei. hlm. 19. 
  10. ^ Luo Guanzhong, Translated by Moss Roberts (1995). Romance of the Three Kingdoms. Foreign Languages Press. hlm. 34–35. 
  11. ^ Dynasty Warriors 4 Game Manual. Koei. hlm. 35. 
  12. ^ "Major Events in Romance of the Three Kingdoms". Dynasty Warriors – Neoseeker. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-03-11. Diakses tanggal 2007-03-15. 
  13. ^ "Filmography for Tomohiko Sho from IMDb". IMDb. Diakses tanggal 2007-04-05. 
  14. ^ "Cast for Dynasty Warriors 4 from IMDb". IMDb. Diakses tanggal 2007-04-05. 
  15. ^ "Cast for Samurai Warriors from IMDb". IMDb. Diakses tanggal 2007-04-05. 
  16. ^ Jeremy Dunham. "IGN Review". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 17, 2007. Diakses tanggal 2007-03-15. 
  17. ^ Eduardo Zacarias. "Gamezone Review". Gamezone. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 19, 2006. Diakses tanggal 2007-03-15. 
  18. ^ "Ending Song Lyrics". Kongming's Archives. Diakses tanggal 2007-03-23. 
  19. ^ "Dynasty Warriors 4 for PlayStation 2". GameRankings. CBS Interactive. Diakses tanggal 2019-06-24. 
  20. ^ "Dynasty Warriors 4 for Xbox". GameRankings. CBS Interactive. Diakses tanggal 2019-06-24. 
  21. ^ "Dynasty Warriors 4 Hyper for PC". GameRankings. CBS Interactive. Diakses tanggal 2019-06-24. 
  22. ^ "Dynasty Warriors 4 for PlayStation 2 Reviews". Metacritic. CBS Interactive. Diakses tanggal 2019-06-24. 
  23. ^ "Dynasty Warriors 4 for Xbox Reviews". Metacritic. CBS Interactive. Diakses tanggal 2019-06-24. 
  24. ^ "Dynasty Warriors 4 Hyper for PC Reviews". Metacritic. CBS Interactive. Diakses tanggal 2019-06-24. 
  25. ^ Ricardo Torres. "Gamespot UK Preview". Gamespot UK. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-09-30. Diakses tanggal 2007-03-16. 
  26. ^ "Million units of Dynasty Warriors 4 shipped in 9 Days in Japan". GameZone. 4 May 2012. Diakses tanggal 2019-01-22. 
  27. ^ Tim Surette. "Dynasty Warriors 4 goes Greatest Hits". Gamespot UK. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-09-30. Diakses tanggal 2007-03-16. 
  28. ^ Ivan Sulic. "IGN's 12 Best Co-operative Games". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 9, 2006. Diakses tanggal 2007-03-17. 
  29. ^ "Hyrule Warriors drives record Q3 for Koei Tecmo". 
  30. ^ Mr. Nash. "Armchair Empire Review". Armchair Empire. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-03-31. Diakses tanggal 2007-03-15. 
  31. ^ Brad Shoemaker. "Gamespot Review". Gamespot. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 20, 2007. Diakses tanggal 2007-03-15. 
  32. ^ "Hardware Requirements". Gamezone. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-03-15. Diakses tanggal 2007-03-22. 
  33. ^ a b "Xtreme Legends New Features". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 17, 2007. Diakses tanggal 2007-03-22. 
  34. ^ "Dynasty Warriors 4: Empires Official Site". Koei. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-04-03. Diakses tanggal 2007-03-25. 
  35. ^ "Dynasty Warriors 4: Empires Official Site". Koei. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-05-16. Diakses tanggal 2007-03-25. 
  36. ^ "Dynasty Warriors 4: Empires Official Site". Koei. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-05-20. Diakses tanggal 2007-03-25. 
  37. ^ "Koei Co., Ltd -- Dynasty Warriors 4 Hyper". Koei. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-07-03. Diakses tanggal 2009-12-09.