Dragon Ball Z: Budokai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Dragon Ball Z: Budokai
Dbzbox.jpg
Sampul Budokai pertama untuk PlayStation 2
Genre Pertarungan
Pengembang Dimps
Penerbit

JP / EU Bandai NA / AUS Infogrames (Budokai)NA / AUS [[Atari, Inc. (Atari, SA

subsidiary)|Atari, Inc.]]

(Budokai 2-onwards)
Platform PlayStation 2
PlayStation Portable
GameCube
PlayStation 3
Xbox 360
Platform pertama PlayStation 2
Year of inception 2002
Rilis pertama Dragon Ball Z: Budokai
2 November 2002
Rilis terakhir Dragon Ball Z: Budokai HD Collection
2 November 2012

Dragon Ball Z: Budokai (武道会) adalah seri game fighting yang didasarkan pada waralaba media Dragon Ball.

Gameplay[sunting | sunting sumber]

Cara bermain seri Budokai mirip dengan game fighting 3D pada umumnya. Selain kemampuan umum seperti memukul dan menendang, ada pula kemampuan untuk menembakkan Ki blast dan gerakan istimewa tertentu yang bisa digunakan. Gerakan spesial ini diambil dari kemampuan spesial masing-masing karakter yang terdapat dalam acara tersebut seperti Kamehameha Goku, Galick Gun Vegeta dan Death Beam milik Frieza. Walaupun kemampuan-kemampuan ini diadaptasi dari serialnya, gagasan-gagasan lain seperti "Hyper Mode" yakni kemampuan untuk bergerak dengan kecepatan yang luar biasa, terbang dengan bebas dan "Beam Struggles" antara serangan energi dua karakter kemudian diganti dengan teknik lain.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Budokai[sunting | sunting sumber]

Dragon Ball Z: Budokai (hanya Dragon Ball Z (ドラゴンボールZ, Doragon Bōru Zetto) saja di Jepang) adalah sebuah game fighting yang dirilis Jepang oleh Bandai untuk PlayStation 2 pada 13 Februari 2003 dan untuk Nintendo GameCube pada 28 November 2003. Permainan ini dirilis untuk PlayStation 2 pada 2 November 2002 di Eropa dan pada 3 Desember 2002 di Amerika Utara dan untuk Nintendo GameCube pada 28 Oktober 2003 di Amerika Utara dan 14 November 2003 di Eropa. Ini merupakan game Budokai pertama dari serangkaian serinya dan juga permainan Dragon Ball Z pertama yang dirilis di seluruh Eropa secara bersamaan. Game ini dikembangkan oleh Dimps dan dipublikasikan oleh Infogamers dan kemudian oleh Atari untuk PlayStation 2 di Amerika Utara.[1]

Game ini berlatar garis waktu Dragon Ball Z yang dimulai dengan pertarungan Goku dan Piccolo melawan Raditz sampai dengan pertarungan Gohan dan Cell dengan total 23 karakter yang bisa dimainkan. Fitur yang terdapat dalam permainan ini adalah story mode, versus mode, tournament stage, practice mode dan sebuah toko item yang membuat pemain bisa membeli berbagai kemampuan kostumisasi menggunakan uang yang diperoleh lewat serangkaian tantangan dalam story mode dan kemenangan turnamen untuk mengkostumisasi dan membuat petarung paling kuat. Story mode juga mencakup beberapa episode "what-if" untuk dimainkan, mengisahkan kembali kejadian tak terlupakan dalam sejarah Dragon Ball dengan beberapa twist. Untuk versi GameCube-nya permainan ini diberi tambahan efek cel-shading.

Versi Amerika Utara dari game ini memiliki fitur suara bahasa Inggris yang dibuat oleh North American Funimation dub, sementara versi Eropa-nya tetap menggunakan bahasa Jepang yang diberi beberapa teks terjemahan bahasa negara-negara Eropa.[2]

Budokai 2[sunting | sunting sumber]

Dragon Ball Z: Budokai 2 adalah game fighting yang merupakan sekuel dari Dragon Ball Z: Budokai dan dikembangkan oleh Dimps dan dipublikasikan oleh Atari untuk PlayStation 2 dan Nintendo GameCube. Game ini dirilis untuk PlayStation 2 di Amerika Utara pada 4 Desember 2003 dan pada Nintendo GameCube pada 15 Desember 2004. Game ini diterbitkan di Jepang oleh Bandai dan dirilis untuk PlayStation 2 pada 5 Februari 2004.

Fitur game ini mencakup tournament stage, versus mode dan sebuah toko item. Story mode dalam game ini berjudul Dragon World dan cara memainkannya mirip permainan papan karena pemain akan menghimpun sebuah tim untuk menantang berbagai musuh dalam serinya yang dimulai dari Saiyan Saga sampai akhir Kid Buu Saga. Permainan ini total memiliki 31 karakter yang bisa dimainkan termasuk fusion dari petarung yang berbeda dan berbagai bentuk Majin Buu. Versi Jepang dari game ini menambahkan beberapa kostum baru juga stage baru dalam story mode game ini. Beberapa dari kostum yang ditambahkan juga ditambahkan di versi GameCube rilisan Amerika Utara.

Sekali lagi, versi Amerika Utara menampilkan sulih suara bahasa Inggris. Versi PlayStation Eropa juga menampilkan fitur ini, sementara versi GameCube Eropa beralih kembali pada sulih suara bahasa Jepang karena tanggapan negatif dari kebanyakan penggemar Dragon Ball Eropa yang pernah menikmati sulih suara Jepang pada era 16 bit.[3]

Dragon Ball Z 2 V[sunting | sunting sumber]

Di Jepang, 2000 pembaca V-Jump yang beruntung[4] telah mendapatkan Dragon Ball Z 2 V yakni sebuah versi yang diperbaharui dari Dragon Ball Z: Budokai 2 dengan penambahan karakter Cooler, Kuriza, Majin Frieza dan Majin Cell. Turnamen Tenkaichi Budokai juga kini menampilkan logo V-Jump.

Logo untuk game ini hanya sedikit berubah dimana adanya penambahan huruf "V", tampaknya kepanjangan V-Jump, dan pose Cooler dekat huruf "D" dari Dragon Ball Z.

Budokai 3[sunting | sunting sumber]

Dragon Ball Z: Budokai 3 ini dirilis pada 16 November 2004 di Amerika Utara dalam rilisan edisi standar dan terbatas, yang juga mencakup fitur DVD yang berisi tayangan di balik layar dari pengembangan game ini. Di Eropa, game ini dirilis pada 19 November 2004.

Story mode game ini masih memainkan kejadian dari garis waktu Dragon Ball Z dan juga berisi beberapa karakter dan kejadian dari film Dragon Ball Z (seperti Cooler, Broly dan Bardock), Dragon Ball GT (seperti Super Saiya 4 dan Omega Shenron) dan seri Dragon Ball itu sendiri (Goku kecil). Fitur lain game ini adalah versus mode, toko item, tournament dan sebuah battle ranking stage dimana pemain harus menantang "AI" dalam tantangan seratus petarung. Budokai 3 memiliki 42 daftar karakter yang bisa dimainkan dalam rilisan terbarunya.

Game ini dirilis di Jepang oleh Bandai pada 10 Februari 2005. Seperti Budokai 2 sebelumnya, versi Jepang dari Budokai 3 ditambahkan beberapa kostum yang tidak ada pada versi Amerika Utara dan Eropa. Versi Greatest Hits Amerika Utara pada Budokai 3 menambahkan kostum-kostum ini, juga pilihan untuk mengganti audio ke bahasa Jepang untuk pertama kalinya di Amerika Utara. Versi ini juga dirilis di Eropa sebagai rilisan ulang dengan judul Dragon Ball Z: Budokai 3 - Director's Cut. Dari mulai rilisan ini kedepannya, seluruh game Dragon Ball Z di Amerika Utara dan Eropa dirilis dengan dua pilihan audio bahasa; Inggris dan Jepang dengan tujuan menyenangkan para penggemar.[5]

Shin Budokai[sunting | sunting sumber]

Dragon Ball Z: Shin Budokai (ドラゴンボールZ 真武道会, Doragon Bōru Zetto Shin Budôkai, Dragon Ball Z: Turnamen Sesungguhnya) adalah bagian dari game fighting waralaba Dragon Ball Z yang dikembangkan oleh Dimps dan dirilis di Amerika Utara pada 7 Maret 2006 dan di Eropa pada 25 Mei 2006 untuk PlayStation Portable. Story mode game ini dilandaskan pada film Dragon Ball Z: Fusion Reborn. Pilihan yang pemain buat dalam ceritanya menentukan bagaimana cerita ini berkembang.

Mode lainnya adalah arcade mode, single-player mode yang memungkinkan untuk duel melawan CPU dengan tujuan bertarung dan mendapatkan Dragon Ball. Selanjutnya adalah Z trial mode yang berisi dua tipe berbeda untuk dimainkan. Pertama adalah survival dimana pemain bertarung CPU yang dikendalikan musuh selama mungkin dan yang kedua adalah time attack dimana pemain harus cepat-cepat mengalahkan musuh dalam waktu tertentu.

Terakhir, ada Profile Card mode yang merupakan tempat pemain akan memiliki kartu profil karakter in-game mereka yang mendaftarkan nama dan power level mereka. Pemain bisa mendesain kartu mereka sendiri dan mengkostumisasinya dengan item-item dari toko item game ini.

Shin Budokai - Another Road[sunting | sunting sumber]

Dragon Ball Z: Shin Budokai - Another Road (singkatnya disebut Dragon Ball Z: Shin Budokai 2 di Jepang dan Eropa) merupakan sekuel Dragon Ball Z: Shin Budokai untuk PSP. Game ini menampilkan cerita baru yang mengisahkan cerita Majin Buu yang dirilis di garis waktu Future Trunks. Karena Majin Buu terlalu kuat untuk Trunks tangani sendiri, dia menggunakan mesin waktunya untuk membawa para petarung di masa lalu untuk membantu.

Infinite World[sunting | sunting sumber]

Dragon Ball Z: Infinite World adalah instalasi ke-4 dari seri Budokai PS2. Game ini dirilis pada 4 Desember 2008 di Jepang, 4 November 2008 di Amerika Utara dan 5 Desember 2008 di Eropa.

Budokai: HD Collection[sunting | sunting sumber]

Dragon Ball Z: Budokai HD Collection berisi versi re-mastered dari Budokai dan Budokai 3. Kedua game berisi soundtrack baru dan mendukung pilihan track bahasa Jepang. Game ini dirilis di Eropa pada 2 November 2012 dan di Amerika Utara pada 6 November 2012[6] untuk PlayStation 3 dan Xbox 360.

Karakter-karakter yang bisa dimainkan[sunting | sunting sumber]

Character Budokai Budokai 2 Budokai 3 Shin Budokai Shin Budokai: Another Road Infinite World Budokai: HD Collection
Goku YaY YaY YaY YaY YaY YaY YaY
Kid Gohan YaY TidakT YaY TidakT TidakT YaY YaY
Teen Gohan YaY YaY YaY YaY YaY YaY YaY
Great Saiyaman YaY YaY YaY TidakT TidakT YaY YaY
Vegeta YaY YaY YaY YaY YaY YaY YaY
Trunks YaY YaY YaY YaY YaY YaY YaY
Piccolo YaY YaY YaY YaY YaY YaY YaY
Krillin YaY YaY YaY YaY YaY YaY YaY
Tien YaY YaY YaY TidakT TidakT YaY YaY
Yamcha YaY YaY YaY TidakT TidakT YaY YaY
Android 16 YaY YaY YaY TidakT TidakT YaY YaY
Android 17 YaY YaY YaY TidakT TidakT YaY YaY
Android 18 YaY YaY YaY YaY YaY YaY YaY
Android 19 YaY TidakT TidakT TidakT TidakT TidakT YaY
Frieza YaY YaY YaY YaY YaY YaY YaY
Dodoria YaY TidakT TidakT TidakT TidakT TidakT YaY
Zarbon YaY TidakT TidakT TidakT TidakT TidakT YaY
Captain Ginyu YaY YaY YaY TidakT TidakT YaY YaY
Recoome YaY YaY YaY TidakT TidakT YaY YaY
Cell YaY YaY YaY YaY YaY YaY YaY
Hercule YaY YaY YaY TidakT TidakT YaY YaY
Nappa YaY YaY YaY TidakT TidakT YaY YaY
Raditz YaY YaY YaY TidakT TidakT YaY YaY
Goten TidakT YaY YaY TidakT TidakT YaY YaY
Gohan TidakT YaY YaY YaY YaY YaY YaY
Kid Trunks TidakT YaY YaY TidakT TidakT YaY YaY
Videl TidakT YaY YaY TidakT TidakT YaY YaY
Supreme Kai TidakT YaY YaY TidakT TidakT YaY YaY
Dr. Gero (Android 20) TidakT YaY YaY TidakT TidakT YaY YaY
Dabura TidakT YaY YaY TidakT YaY YaY YaY
Majin Buu TidakT YaY YaY TidakT YaY YaY YaY
Super Buu TidakT YaY YaY TidakT YaY YaY YaY
Kid Buu TidakT YaY YaY YaY YaY YaY YaY
Saibamen TidakT TidakT YaY TidakT TidakT YaY YaY
Cell Jr. TidakT TidakT YaY TidakT TidakT TidakT YaY
Bardock TidakT TidakT YaY TidakT YaY YaY YaY
Cooler TidakT TidakT YaY YaY YaY YaY YaY
Broly TidakT TidakT YaY YaY YaY YaY YaY
Omega Shenron / Syn Shenron TidakT TidakT YaY TidakT TidakT YaY YaY
Uub TidakT TidakT YaY TidakT TidakT TidakT YaY
Kid Goku TidakT TidakT YaY TidakT TidakT TidakT YaY
Janemba TidakT TidakT TidakT YaY YaY YaY TidakT
Pikkon TidakT TidakT TidakT YaY YaY YaY TidakT
Future Gohan TidakT TidakT TidakT TidakT YaY TidakT TidakT
Gotenks TidakT YaY YaY YaY YaY YaY YaY
Gogeta TidakT TidakT YaY YaY YaY YaY YaY
Vegito TidakT YaY YaY YaY YaY YaY YaY
Future Trunks TidakT YaY YaY YaY YaY TidakT YaY
Pan TidakT TidakT TidakT TidakT TidakT YaY TidakT
Baby Vegeta TidakT TidakT TidakT TidakT TidakT YaY TidakT
Super 17 TidakT TidakT TidakT TidakT TidakT YaY TidakT
Goku (GT) TidakT TidakT TidakT TidakT TidakT YaY TidakT
Vegeta (GT) TidakT TidakT TidakT TidakT TidakT YaY TidakT

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Budokai[sunting | sunting sumber]

Budokai
Skor ulasan
PublikasiSkor
GCPS2
EGMN/A7.5/10[7]
Game Informer7.25/10[8]7.25/10[9]
GamePro3.5/5 bintang[10]3.5/5 bintang[11]
GameSpot6.9/10[12]6.9/10[13]
GameSpy3/5 bintang[14]2/5 bintang[15]
GameZone6/10[16]7.2/10[17]
IGN6.4/10[18]6.2/10[19]
Nintendo Power3/5[20]N/A
OPM (US)N/A3.5/5 bintang[21]
X-Play2/5 bintang[22]2/5 bintang[23]
Entertainment WeeklyN/AC[24]
Skor agregat
GameRankings65.81%[25]68.83%[26]
Metacritic65/100[27]67/100[28]

Para kritikus memberi Budokai pertama ulasan yang seimbang. Versi PlayStation 2 menerima skor rata-rata 69% pada pengumpul ulasan GameRankings[26] dan skor 67 dari 100 di Metacritic.[28] Entertainment Weekly memberi game ini nilai C dan mengatakan kalau karakter-karakternya, “sedang kekurangan detail artistik, masih menjerit, mendengkur dan bergerak hampir mirip dengan rekan-rekan siaran mereka." [24]

Versi Nintendo GameCube menerima skor rata-rata 66% pada pengumpul ulasan GameRankings[25] dan skor rata-rata 65 dari 100 di Metacritic.[27] Banyak kritik yang mengeluhkan tampilan antarmukanya yang sederhana dan kenyataan bahwa kombinasinya tidak terlalu berpengaruh.

Budokai 2[sunting | sunting sumber]

Budokai 2
Skor ulasan
PublikasiSkor
GCPS2
EGMN/A5.17/10[29]
FamitsuN/A31/40[30]
Game InformerN/A7.5/10[31]
GamePro2.5/5 bintang[32]3/5 bintang[33]
GameSpot6.6/10[34]6.7/10[35]
GameSpy3/5 bintang[36]2/5 bintang[37]
GameZoneN/A7.3/10[38]
IGN7.5/10[39]7.4/10[40]
Nintendo Power2.9/5[41]N/A
OPM (US)N/A2.5/5 bintang[42]
Skor agregat
GameRankings65.50%[43]69.38%[44]
Metacritic66/100[45]66/100[46]

Versi PS2 dari Budokai 2 memiliki skor rata-rata 69% pada GameRankings,[44] sementara versi GameCube-nya mendapat skor rata-rata 66%.[43] Versi game dari kedua konsol tersebut mendapat skor 66 dari 100 pada Metacritic.[46][45] GameSpot yang memberi versi PS2-nya nilai 6,7/10 berkomentar bahwa "Peningkatan visualnya bagus dan beberapa dari tambahan yang ada membuat sistem gamenya menyenangkan, tapi Budokai 2 masih keluar sebagai sekuel yang kurang luar biasa." [35]

Budokai 3[sunting | sunting sumber]

Budokai 3
Skor agregat
AgregatorSkor
GameRankings76.32%[47]
Metacritic77/100[48]
Skor ulasan
PublikasiSkor
1UP.comB+[49]
Game Informer5/10[50]
GamePro4.5/5 bintang[51]
GameSpot8.2/10[52]
GameSpy4/5 bintang[53]
GameZone8.1/10[54]
IGN8/10[55]
OPM (US)4/5 bintang[56]
PALGN8/10[57]
X-Play4/5 bintang[58]
The Times2/5 bintang[59]

Budokai 3 mendapat ulasan yang lebih tinggi daripada pendahulunya. Ini semua karena para kritikus merasa bahwa game ini melakukan lebih banyak peningkatan gameplay-nya dari sekadar grafik dan introduksinya. Budokai 3 mendapat skor 8 dari 10 di IGN.[55] GameRankings memberi game ini skor 76%,[47] sementara Metacritic memberi 77 dari 100.[48]

Shin Budokai[sunting | sunting sumber]

Shin Budokai
Skor agregat
AgregatorSkor
GameRankings70.63%[60]
Metacritic70/100[61]
Skor ulasan
PublikasiSkor
1UP.comB−[62]
CVG6/10[63]
Eurogamer7/10[64]
GameSpot7.5/10[66]
GamesRadar3.5/5 bintang[65]
GamesTM4/10[67]
IGN7/10[68]
OPM (US)3.5/5 bintang[69]
PALGN7/10[70]
PSM7.5/10[71]
The Times3/5 bintang[72]

GameRankings memberi game ini skor 71%,[60] sementara Metacritic memberi 70 dari 100.[61]

Shin Budokai - Another Road[sunting | sunting sumber]

Shin Budokai - Another Road
Skor agregat
AgregatorSkor
GameRankings64.38%[73]
Metacritic65/100[74]
Skor ulasan
PublikasiSkor
Game RevolutionC[75]
GameSpot6.8/10[77]
GameSpy3.5/5 bintang[78]
GamesRadar3.5/5 bintang[76]
GameTrailers6.5/10[79]
GameZone7.1/10[80]
IGN(AU) 7.7/10[81]
(US) 7/10[82]
PALGN7/10[83]
PSM6/10[84]
X-Play3/5 bintang[85]

Di GameRankings mendapat nilai 64%[73] sementara di Metacritic mendapat 65 dari 100.[74]

Budokai: HD Collection[sunting | sunting sumber]

Budokai: HD Collection
Skor ulasan
PublikasiSkor
PS3Xbox 360
OPM (AU)5/10[86]N/A
PSM7/10[87]N/A
Skor agregat
GameRankings68.14%[88]68.38%[89]
Metacritic64/100[90]63/100[91]

GameRankings dan Metacritic memberinya nilai 68% dan 64 dari 100 untuk versi PlayStation 3[88][90] dan 68% dan 63 dari 100 untuk versi Xbox 360.[89][91]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Dragon Ball Z: Budokai (2003) GameCube box cover art - MobyGames". MobyGames. Diakses tanggal 2016-05-14. 
  2. ^ "DBZ Budokai Guide & Walkthrough - PlayStation 2 (PS2) - IGN". IGN. 2002-11-01. Diakses tanggal 2012-02-06. 
  3. ^ "DBZ Budokai 2 Guide & Walkthrough - PlayStation 2 (PS2) - IGN". IGN. 2003-11-14. Diakses tanggal 2012-02-06. 
  4. ^ http://imageshack.us/f/849/budokai2vjump.jpg/
  5. ^ "DBZ Budokai 3 Guide & Walkthrough - PlayStation 2 (PS2) - IGN". IGN. 2004-12-30. Diakses tanggal 2012-02-06. 
  6. ^ "DragonBall Z Budokai HD Collection". GameStop (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2016-07-04. 
  7. ^ EGM staff (February 2003). "Dragon Ball Z: Budokai (PS2)". Electronic Gaming Monthly (163): 136. 
  8. ^ Reiner, Andrew (December 2003). "Dragon Ball Z: Budokai (GC)". Game Informer (128): 159. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 30, 2008. Diakses tanggal June 14, 2014. 
  9. ^ Kato, Matthew (January 2003). "Dragon Ball Z: Budokai (PS2)". Game Informer (117): 96. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 11, 2008. Diakses tanggal June 14, 2014. 
  10. ^ Four-Eyed Dragon (October 27, 2003). "Dragon Ball Z: Budokai Review for GameCube on GamePro.com". GamePro. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 14, 2005. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  11. ^ Four-Eyed Dragon (December 6, 2002). "Dragon Ball Z Budokai Review for PS2 on GamePro.com". GamePro. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 12, 2005. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  12. ^ Davis, Ryan (October 29, 2003). "Dragon Ball Z: Budokai Review (GC)". GameSpot. Diakses tanggal June 14, 2014. 
  13. ^ Davis, Ryan (December 4, 2002). "Dragon Ball Z: Budokai Review (PS2)". GameSpot. Diakses tanggal June 14, 2014. 
  14. ^ Gallant, Matthew (November 16, 2003). "GameSpy: Dragon Ball Z: Budokai (GCN)". GameSpy. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 1, 2007. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  15. ^ Padilla, Raymond (January 6, 2003). "GameSpy: Dragon Ball Z: Budokai (PS2)". GameSpy. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  16. ^ Bedigian, Louis (November 10, 2003). "Dragon Ball Z: Budokai Review - GameCube". GameZone. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 28, 2008. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  17. ^ Tha Wiz (December 28, 2002). "Dragon Ball Z: Budokai Review - PlayStation 2". GameZone. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 4, 2008. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  18. ^ Irwin, Mary Jane (October 20, 2003). "Dragon Ball Z: Budokai (GCN)". IGN. Diakses tanggal June 14, 2014. 
  19. ^ Dunham, Jeremy (December 1, 2002). "Dragon Ball Z Budokai (PS2)". IGN. Diakses tanggal June 14, 2014. 
  20. ^ "Dragon Ball Z: Budokai". Nintendo Power. 175: 158. January 2004. 
  21. ^ Kennedy, Sam (February 2003). "Dragon Ball Z: Budokai". Official U.S. PlayStation Magazine: 104. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 19, 2004. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  22. ^ Bemis, Greg (January 26, 2004). "'Dragon Ball Z: Budokai' (GCN) Review". X-Play. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 20, 2004. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  23. ^ Keil, Matt (December 16, 2002). "'Dragon Ball Z: Budokai' (PS2) Review". X-Play. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 17, 2002. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  24. ^ a b Brooks, Mark (January 17, 2003). "DRAGON BALL Z: BUDOKAI Review". Entertainment Weekly: 87. Diakses tanggal February 8, 2013. 
  25. ^ a b "Dragon Ball Z: Budokai for GameCube". GameRankings. Diakses tanggal June 14, 2014. 
  26. ^ a b "Dragon Ball Z: Budokai for PlayStation 2". GameRankings. Diakses tanggal June 14, 2014. 
  27. ^ a b "Dragon Ball Z: Budokai for GameCube Reviews". Metacritic. Diakses tanggal June 14, 2014. 
  28. ^ a b "Dragon Ball Z: Budokai for PlayStation 2 Reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 8, 2013. 
  29. ^ EGM staff (January 2004). "Dragon Ball Z: Budokai 2 (PS2)". Electronic Gaming Monthly (174): 138. 
  30. ^ "ドラゴンボールZ2". Famitsu. 791. February 13, 2004. 
  31. ^ Kato, Matthew (January 2004). "Dragon Ball Z: Budokai 2 (PS2)". Game Informer (129): 133. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 30, 2008. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  32. ^ Clockwork Crow (December 27, 2004). "Dragon Ball Z: Budokai 2 Review for GameCube on GamePro.com". GamePro. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 29, 2005. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  33. ^ The Funky Zealot (December 4, 2003). "Dragon Ball Z: Budokai 2 Review for PS2 on GamePro.com". GamePro. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 12, 2005. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  34. ^ Davis, Ryan (January 7, 2005). "Dragon Ball Z: Budokai 2 Review (GC)". GameSpot. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  35. ^ a b Davis, Ryan (December 4, 2003). "Dragon Ball Z: Budokai 2 Review (PS2)". GameSpot. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  36. ^ Theobald, Phil (January 5, 2005). "GameSpy: Dragon Ball Z: Budokai 2 (GCN)". GameSpy. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 1, 2006. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  37. ^ Schiaparelli, Frank (December 28, 2003). "GameSpy: Dragon Ball Z: Budokai 2 (PS2)". GameSpy. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  38. ^ Knutson, Michael (December 18, 2003). "Dragon Ball Z®: Budokai(tm) 2 Review - PlayStation 2". GameZone. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 4, 2008. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  39. ^ IGN staff (February 2, 2005). "Dragon Ball Z Budokai 2 (GCN)". IGN. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  40. ^ Dunham, Jeremy (December 2, 2003). "Dragon Ball Z Budokai 2 (PS2)". IGN. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  41. ^ "Dragon Ball Z: Budokai 2". Nintendo Power. 188: 113. February 2005. 
  42. ^ "Dragon Ball Z: Budokai 2". Official U.S. PlayStation Magazine. January 2004. 
  43. ^ a b "Dragon Ball Z: Budokai 2 for GameCube". GameRankings. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  44. ^ a b "Dragon Ball Z: Budokai 2 for PlayStation 2". GameRankings. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  45. ^ a b "Dragon Ball Z Budokai 2 for GameCube Reviews". Metacritic. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  46. ^ a b "Dragon Ball Z: Budokai 2 for PlayStation 2 Reviews". Metacritic. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  47. ^ a b "Dragon Ball Z: Budokai 3 for PlayStation 2". GameRankings. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  48. ^ a b "Dragon Ball Z: Budokai 3 for PlayStation 2 Reviews". Metacritic. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  49. ^ Beaudoin, David (November 17, 2004). "Dragon Ball Z: Budokai 3". 1UP.com. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  50. ^ Juba, Joe (January 2005). "Dragon Ball Z: Budokai 3". Game Informer (141): 122. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 11, 2008. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  51. ^ Clockwork Crow (December 21, 2004). "Dragon Ball Z: Budokai 3 Review for PS2 on GamePro.com". GamePro. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 7, 2014. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  52. ^ Davis, Ryan (November 15, 2004). "Dragon Ball Z: Budokai 3 Review". GameSpot. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  53. ^ Fischer, Russ (November 16, 2004). "GameSpy: Dragon Ball Z: Budokai 3". GameSpy. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  54. ^ Knutson, Michael (November 22, 2004). "Dragon Ball Z: Budokai 3 - PS2 - Review". GameZone. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 20, 2009. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  55. ^ a b Dunham, Jeremy (November 17, 2004). "Dragon Ball Z: Budokai 3". IGN. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  56. ^ Leone, Matt (January 2005). "Dragon Ball Z: Budokai 3". Official U.S. PlayStation Magazine: 110. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  57. ^ Luke (November 26, 2004). "Dragon Ball Z: Budokai 3 Review". PALGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 21, 2012. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  58. ^ Leeper, Justin (January 18, 2005). "Dragon Ball Z: Budokai 3 Review". X-Play. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 8, 2005. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  59. ^ "Dragon Ball Z: Budokai III". The Times. January 15, 2005. Diakses tanggal June 15, 2014. (perlu berlangganan)
  60. ^ a b "Dragon Ball Z: Shin Budokai for PSP". GameRankings. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  61. ^ a b "Dragon Ball Z: Shin Budokai for PSP Reviews". Metacritic. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  62. ^ Li, Richard (March 16, 2006). "Dragon Ball Z: Shin Budokai". 1UP.com. Diakses tanggal November 16, 2014. 
  63. ^ PSW staff (July 19, 2006). "Review: Dragonball Z: Shin Budokai". Computer and Video Games (PlayStation World). Diarsipkan dari versi asli tanggal December 14, 2014. Diakses tanggal June 5, 2015. 
  64. ^ Albiges, Luke (April 10, 2006). "Dragon Ball Z: Shin Budokai". Eurogamer. Diakses tanggal June 16, 2014. 
  65. ^ Fischer, Russ (March 14, 2006). "Dragon Ball Z: Shin Budokai review". GamesRadar. Diakses tanggal June 16, 2014. 
  66. ^ Davis, Ryan (March 9, 2006). "Dragon Ball Z: Shin Budokai Review". GameSpot. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  67. ^ "Dragon Ball Z: Shin Budokai". GamesTM: 130. May 2006. 
  68. ^ Roper, Chris (March 7, 2006). "Dragon Ball Z: Shin Budokai". IGN. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  69. ^ Byron, Tom (June 2006). "Dragon Ball Z: Shin Budokai". Official U.S. PlayStation Magazine: 102. Diakses tanggal June 16, 2014. 
  70. ^ Jastrzab, Jeremy (October 20, 2006). "Dragon Ball Z: Shin Budokai Review". PALGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 9, 2009. Diakses tanggal June 16, 2014. 
  71. ^ "Dragon Ball Z: Shin Budokai". PSM: 84. June 2006. 
  72. ^ McNamara, John (June 24, 2006). "Dragon Ball Z: Shin Budokai". The Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 29, 2006. Diakses tanggal June 16, 2014. (perlu berlangganan)
  73. ^ a b "Dragon Ball Z: Shin Budokai - Another Road for PSP". GameRankings. Diakses tanggal June 16, 2014. 
  74. ^ a b "Dragon Ball Z: Shin Budokai - Another Road Reviews". Metacritic. Diakses tanggal June 16, 2014. 
  75. ^ Parker, Tom (May 8, 2007). "Dragon Ball Z: Shin Budokai - Another Road Review". Game Revolution. Diakses tanggal June 16, 2014. 
  76. ^ Kim, Alan (April 18, 2007). "Dragon Ball Z Shin Budokai: Another Road review". GamesRadar. Diakses tanggal June 16, 2014. 
  77. ^ Davis, Ryan (March 28, 2007). "Dragon Ball Z: Shin Budokai - Another Road Review". GameSpot. Diakses tanggal June 16, 2014. 
  78. ^ Theobald, Phil (April 23, 2007). "GameSpy: Dragon Ball Z: Shin Budokai Another Road". GameSpy. Diakses tanggal June 16, 2014. 
  79. ^ "Dragon Ball Z: Shin Budokai - Another Road Review". GameTrailers. April 18, 2007. Diakses tanggal June 16, 2014. 
  80. ^ Knutson, Michael (April 17, 2007). "Dragon Ball Z Shin Budokai: Another Road - PSP - Review". GameZone. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 7, 2008. Diakses tanggal June 16, 2014. 
  81. ^ Kolan, Patrick (June 21, 2007). "Dragon Ball Z: Shin Budokai 2 AU Review". IGN. Diakses tanggal June 17, 2014. 
  82. ^ Roper, Chris (April 3, 2007). "Dragon Ball Z: Shin Budokai - Another Road Review". IGN. Diakses tanggal June 16, 2014. 
  83. ^ Jastrzab, Jeremy (July 20, 2007). "Dragon Ball Z: Shin Budokai 2 Review". PALGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 13, 2009. Diakses tanggal June 16, 2014. 
  84. ^ "Dragon Ball Z: Shin Budokai - Another Road". PSM: 86. June 2007. 
  85. ^ Smith, D.F. (May 31, 2007). "Dragon Ball Z: Shin Budokai Another Road". X-Play. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 6, 2007. Diakses tanggal June 16, 2014. 
  86. ^ "Dragon Ball Z: Budokai - HD Collection". Official PlayStation Magazine Australia: 80. December 2012. 
  87. ^ "Dragon Ball Z: Budokai - HD Collection". PlayStation: The Official Magazine: 85. December 2012. 
  88. ^ a b "Dragon Ball Z Budokai HD Collection for PlayStation 3". GameRankings. Diakses tanggal June 16, 2014. 
  89. ^ a b "Dragon Ball Z Budokai HD Collection for Xbox 360". GameRankings. Diakses tanggal June 16, 2014. 
  90. ^ a b "Dragon Ball Z Budokai HD Collection for PlayStation 3 Reviews". Metacritic. Diakses tanggal June 16, 2014. 
  91. ^ a b "Dragon Ball Z Budokai Collection for Xbox 360 Reviews". Metacritic. Diakses tanggal June 16, 2014. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Permainan Dragon Ball