Dobo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Pemandangan jalan di Dobo pada tahun 1912

Dobo adalah ibu kota dari Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku, Indonesia. Kota Dobo selama berabad-abad lamanya terkenal sebagai penghasil mutiara kualitas tinggi, dan memiliki potensi sumber daya perikanan yang sangat besar seperti ikan, Udang Lobster, Teripang, Rumput Laut dan lain-lain, Dobo juga dikenal Sebagai salah satu lumbung ikan terbesar di Indonesia di perairan Arafura.

Dobo mempunyai binatang yang langka dan endemik seperti Penyu, Burung Cendrawasih, Burung Kakatua, Kuskus, Burung Kasuari dan Kanguru tapi ironisnya binatang-binatang tersebut sering dibunuh oleh pemburu-pemburu liar untuk di jual dan dijual dan dijadikan santapan makanan.

Saat ini Universitas Pattimura telah mengadakan kelas jauh untuk beberapa jurusan. Pada tahun 2016 terdapat enam program studi yang dibuka untuk kelas jauh di Dobo yaitu program studi hukum, bahasa Inggris, Akuntansi, PGSD, Olahraga dan Matematika.[1]

Jaringan telepon dan internet telah tersedia di kota Dobo. Saat ini pelayanan telepon selular dilayani oleh Telkomsel dan Indosat. Walaupun belum semua wilayah terjangkau dengan sinyal seluler tapi sebagian besar wilayah di Kepulauan Aru sudah terjangkau oleh sinyal seluler terutama di dalam kota Dobo. Internet selain menggunakan jasa layanan seluler juga bisa menggunakan jasa dari warnet setempat. Kecepatan internet di Dobo sendiri tidak terlalu stabil tapi dalam beberapa tahun ini sudah terasa ada perubahan yang lebih baik.

Dobo memiliki sebuah pelabuhan dan terakses ke kota Tual, Banda, Tanimbar, Yamdena bahkan sampai ke Merauke.

Bandar Udara Gwar Gwammar di kota Dobo saat ini hanya dilayani oleh satu maskapai penerbangan yaitu Wings Air dari Kota Ambon setiap hari pukul 8:00 WIT.

Koordinat: 5°46′0″LU 134°13′0″BT / 5,76667°LS 134,21667°BT / -5.76667; 134.21667Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Media, 4 Vision. "Portal Berita Terbesar di Maluku". www.siwalimanews.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-10-02.