Dialek Beijing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bahasa Dialek Beijing
北京話
Běijīnghuà
Dialek Peking
WilayahMetropolitan Beijing[1]
Penutur
Kode bahasa
ISO 639-3
ISO 639-6bjjg
LINGUIST List
cmn-bej
Glottologbeij1234[2]
Linguasfer79-AAA-bb
Artikel ini mengandung simbol fonetik IPA. Tanpa bantuan render yang baik, Anda akan melihat tanda tanya, kotak, atau simbol lain, bukan karakter Unicode. Untuk pengenalan mengenai simbol IPA, lihat Bantuan:IPA.
 Portal Bahasa
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Dialek Beijing (Hanzi sederhana: 北京话; Hanzi tradisional: 北京話; Pinyin: Běijīnghuà), juga dikenal sebagai Dialek Peking, adalah salah satu Mandarin yang digunakan di daerah perkotaan Beijing, Tiongkok. Dialek ini merupakan dasar fonologis dari Bahasa Tionghoa Baku, bahasa resmi di Republik Rakyat Tiongkok dan Republik Tiongkok dan salah satu bahasa resmi di Singapura. Terlepas dari kemiripan dengan Bahasa Tionghoa Baku, dialek ini ditandai dengan beberapa perbedaan "ikonik", termasuk penambahan rhotic akhir -r/儿 ke beberapa kata (misalnya 哪儿).[3] Secara leksikal, dialek Beijing menyerap pengaruh dari bahasa Mongolia dan bahasa Manchu, warisan "sejarah kacau" Beijing termasuk invasi Mongol dan invasi Manchu. Selain Yuan dan Qing, dinasti Ming juga memperkenalkan pengaruh dialek selatan ke dalam dialek Beijing.[4]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Zhou, Yimin (2002). 现代北京话研究. Beijing Normal University Press. hlm. 202. ISBN 7-303-06225-4. 
  2. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2023). "Beijing Mandarin". Glottolog 4.8. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  3. ^ "China: One Nation, How Many Languages? - Neustadt.fr". www.neustadt.fr. Diakses tanggal 2019-06-16. 
  4. ^ Feng, Emily (2016-11-23). "The Disappearing Dialect at the Heart of China's Capital". The New York Times. ISSN 0362-4331. Diakses tanggal 2019-06-16. 

bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]