Dialek Hangzhou

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bahasa Dialek Hangzhou
杭州話, ɦaŋ-tsei-ɦu
Pengucapan[ɦãtseiɦu]
Dituturkan diTiongkok
WilayahHangzhou, Zhejiang, Tiongkok
Penutur
(1,2 juta per 1987)[1]
Kode bahasa
ISO 639-3
ISO 639-6hgou
Glottologhang1257[2]
Linguasfer79-AAA-dbd
QIDQ5648144
Artikel ini mengandung simbol fonetik IPA. Tanpa bantuan render yang baik, Anda akan melihat tanda tanya, kotak, atau simbol lain, bukan karakter Unicode. Untuk pengenalan mengenai simbol IPA, lihat Bantuan:IPA.
 Portal Bahasa
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Dialek Hangzhou (Hanzi sederhana: 杭州话; Hanzi tradisional: 杭州話; Pinyin: hángzhōuhuà, Rhangzei Rhwa) dituturkan di Kota Hangzhou dan kawasan pinggiran kota-kota terdekatnya, tetapi tidak termasuk daerah yang lebih jauh dari Hangzhou seperti Distrik Xiaoshan dan Distrik Yuhang (sebelumnya keduanya merupakan daerah subperkotaan, tetapi sekarang telah menjadi distrik di dalam Kota Hangzhou). Jumlah penutur dialek Hangzhou diperkirakan sekitar 1,2 hingga 1,5 juta orang. Dialek Hangzhou merupakan dialek Wu, salah satu dari Bahasa Tionghoa lisan, yang sangat menarik bagi para fonologis Tiongkok bersejarah dan dialektologis karena fonologinya menunjukkan banyak kesamaan dengan dialek Wu lainnya. Namun, tata bahasa dan leksikalnya, menunjukkan banyak kecenderungan Bahasa Mandarin.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sinolect.org
  2. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2023). "Hangzhou". Glottolog 4.8. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  3. ^ (Simmons 1995)