Dewan Keamanan Nasional (Arab Saudi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Dewan Keamanan Nasional (Arab Saudi)
Tentang lembaga
Dibentuk2005
Dibubarkan29 Januari 2015
Pejabat eksekutif
Emblem of Saudi Arabia.svg
Artikel ini adalah bagian dari seri
Politik dan pemerintahan
Kerajaan Arab Saudi
Hukum Dasar
Hubungan luar negeri

Dewan Keamanan Nasional Arab Saudi (SNSC) (Arab: مجلس الأمن الوطني‎) adalah badan yang bertanggung jawab mengkoordinasikan Keamanan Nasional, Intelijen dan strategi Kebijakan Luar Negeri. Didirikan pada tahun 2005 oleh Raja Abdullah bin Abdulaziz Al Saud. Sekretaris Jenderal SNSC Pertama adalah Pangeran Bandar bin Sultan, mantan Duta Besar Saudi untuk Amerika Serikat. Asisten Sekretaris Jenderal SNSC adalah Pangeran Salman bin Sultan sampai 6 agustus 2013.[1] Dewan dihapuskan oleh Raja Salman pada 29 Januari 2015.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dewan Keamanan Nasional dibentuk pada 16 November 2005 dengan yang baru dinobatkan Raja Abdullah dalam menanggapi pergeseran geopolitik utama di wilayah Timur Tengah. Pendudukan Irak membuat wilayah ini menjadi "pusat rekonstruksi, globalisasi dan reorganisasi" dengan masuknya Amerika Serikat sebagai pemain utama.[2] Selain pengaruh secara regional di Jazirah Arab, Arab Saudi adalah salah satu aktor utama di dunia Islam dan memiliki peran sentral dalam kebijakan energi global.

Peran[sunting | sunting sumber]

Dewan ini dibentuk untuk bertindak sebagai mekanisme organisasi yang mengkoordinasikan kebijakan internal dan eksternal kerajaan yang berkaitan dengan keamanan nasional, yang memungkinkan untuk merespon secara efektif terhadap kondisi domestik, regional dan internasional yang berubah dengan cepat.[3] Ia memiliki kekuatan untuk menyatakan perang dan menyelidiki badan keamanan jika mereka terlibat dalam tindakan yang mengancam keamanan nasional.[4]

Meskipun pembentukan Dewan, seperti lembaga-lembaga pemerintah Saudi lainnya, keputusan keamanan nasional yang akan besar akan dibawa ke sebagian besar anggota senior keluarga kerajaan.

Keanggotaan[sunting | sunting sumber]

SNSC dipimpin oleh Raja (yang juga Perdana Menteri), dengan putra Mahkota (yang juga Wakil Perdana Menteri) sebagai wakil ketua. Yang secara teknis dikoordinasikan dengan Sekretaris Jenderal.[5][6] Pada saat pembentukannya, anggota lain termasuk Menteri Dalam Negeri, Menteri Luar Negeri, Wakil Komandan Garda Nasional Saudi dan kepala Intelijen. Dengan meninggalnya Pangeran Nayef, kemudian menteri Dalam Negeri, menggantikannya sebagai wakil kepala SNSC.[7]

Keanggotaan Akhir Dewan Keamanan Nasional Arab Saudi
Ketua Raja Abdullah
Wakil Ketua

Mahkota Pangeran Salman
Sekretaris Jenderal Pangeran Bandar bin Sultan
Menteri Luar Negeri Pangeran Saud bin Faisal
Presiden Umum Kecerdasan Pangeran Khalid bin Bandar
Menteri Garda Nasional Pangeran Mutaib bin Abdullah
Menteri Dalam Negeri Pangeran Mohammed bin Nayef

Pembubaran[sunting | sunting sumber]

Raja Salman membubarkan NSC pada 29 Januari 2015.[8][9]

Hal ini kabarnya dilakukan untuk menyingkirkan Pangeran Bandar bin Sultan, yang telah berjalan NSC selama satu dekade, dan telah diduga meraba-raba selama Musim Semi Arab dan Perang Sipil Suriah, dan menggantikannya dengan keponakan, Muhammad bin Nayef, Kepala Intelijen, yang juga dipromosikan menjadi Wakil Putra Mahkota.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Son of former Saudi crown prince named deputy defence minister". Reuters. 6 August 2013. Diakses tanggal 7 August 2013.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  2. ^ Abdulaziz Sager (11 November 2005). "Saudi National Security Council: Current Role and Future Prospects". Arab News. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 November 2011. Diakses tanggal 5 May 2011.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  3. ^ "Saudi Arabia: Security Reforms and the House of Saud". Lebanon Wire (Stratfor). 20 October 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 March 2013. Diakses tanggal 6 April 2013. 
  4. ^ Henderson, Simon (24 October 2005). "King Abdullah Recasts Saudi Intelligence". Washington Institute for Near East Policy. Diakses tanggal 4 May 2011. 
  5. ^ "Prince Bandar gets 4 more years as National Security Council head". Saudi Gazette. Saudi Press Agency. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 September 2011. Diakses tanggal 5 May 2011.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  6. ^ "King Abdullah approves National Security Council bylaws, appoints Prince Bandar secretary-general". Royal Embassy of Saudi Arabia, Washington, DC. 16 October 2005. Diakses tanggal 5 May 2011. 
  7. ^ "The Allegiance Council". APS Diplomat News Service. 27 October 2011. Diakses tanggal 16 March 2013. 
  8. ^ "Massive Cabinet shake-up". Arab News. 30 January 2015. Diakses tanggal 1 February 2015. 
  9. ^ Simeon Kerr (30 January 2015). "Saudi king stamps his authority with staff shake-up and handouts". Financial Times. Riyadh. Diakses tanggal 1 February 2015.