Garis suksesi takhta Arab Saudi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Garis suksesi takhta Arab Saudi ditentukan oleh, dan pada, Wangsa Saud. Setiap pemegang takhta berasal dari pangeran mahkota, dengan seorang pangeran mahkota baru yang kemudian dilantik menurut senioritas agnatik dari antara putra-putra Bin Saud, meskipun berbagai anggota keluarga dapat dipilih untuk berbagai alasan. Deputi pangeran mahkota (garis takhta kedua) pertama kali dipilih pada 2014.

Penguasa Arab Saudi saat ini adalah Raja Salman,[1] yang menggantikan Raja Abdullah yang meninggal pada 23 Januari 2015. Pada hari yang sama, Pangeran Muqrin menjadi Pangeran Mahkota yang kemudian digantikan tiga bulan kemudian dengan Muhammad bin Nayef atas perintah Salman.[1][2]

Pada 2015, pangeran mahkota saat ini adalah cucu dari Bin Saud, orang pertama dari generasinya yang secara resmi menempati garis suksesi tersebut, dan jabatan deputi pangeran mahkota dipegang oleh cucu lainnya dari Bin Saud. Pelantikan cucu-cucu pada garis sukses berdasarkan pada merit. Dewan Allegiance dibuat pada 2006 untuk memfasilitasi perpindahan kekuasaan kerajaan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Saudi King Abdullah dies, new ruler is Salman". Reuters. 22 January 2015. Diakses tanggal 22 January 2015. 
  2. ^ Saudi Arabia's king announces new heirs to throne, BBC, April 29, 2015

Templat:Garis suksesi menurut negara