Cisewu, Garut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cisewu
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenGarut
Pemerintahan
 • CamatDoni Rukmana
Populasi
 • Total35,632 jiwa jiwa
Kode Kemendagri32.05.35 Edit the value on Wikidata
Luas9.483 ha (94,83 km²)
Desa/kelurahan9

Cisewu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Letak Geografis[sunting | sunting sumber]

Wilayah Kecamatan Cisewu berada pada koordinat 7° 22′ 0″ LS dan 107° 30′ 0″ BT dengan ketinggian sekitar 500-1,000 m, serta berbatasan dengan beberapa wilayah kecamatan lainnya, antara lain: sebelah utara dengan Kecamatan Talegong dan Kecamatan Pangalengan (Bandung), sebelah selatan dengan Kecamatan Caringin, sebelah timur Kecamatan Bungbulang dan Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur (sebelah barat).

Kecamatan Cisewu memiliki luasan sekitar 9.483 ha dengan total jumlah penduduk sekitar 35.632 jiwa yang tersebar di 9 desa yang ada, yaitu: Desa Nyalindung, Desa Girimukti, Desa Mekarsewu, Desa Cisewu, Desa Pamalayan, Desa Cikarang, Desa Karangsewu, Desa Panggalih, dan Desa Sukajaya. Ibu kota Kecamatan Cisewu adalah "Kota Cisewu[pranala nonaktif permanen]", berjarak sekitar 86 km dari Bandung (Ibu kota Provinsi Jawa Barat) dan sekitar 110 km dari Garut (Ibu kota Kabupaten Garut), serta dapat ditempuh dalam kurun waktu 2-4 jam tergantung jenis kendaraan yang digunakan.

Potensi Wilayah[sunting | sunting sumber]

Wilayah Kecamatan Cisewu didominasi oleh pegunungan dengan panorama alam yang menawan. Kondisi tanah yang subur (dekat dengan beberapa gunung berapi, antara lain: Gunung Patuha, Gunung Malabar, dan Gunung Papandayan) menjadikan Kecamatan Cisewu sangat lekat dengan pertanian dan beberapa hasil bumi yang cukup dikenal, seperti aneka macam sayuran, padi, pisang, gula aren, kelapa, dan sebagainya.

Kelurahan/desa[sunting | sunting sumber]

  1. Cikarang
  2. Cisewu
  3. Girimukti
  4. Nyalindung
  5. Pamalayan
  6. Sukajaya
  7. Karangsewu
  8. Panggalih
  9. Mekarsewu