Leles, Garut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Leles
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Barat
Kabupaten Garut
Pemerintahan
 • Camat Hj. Rosmanah
Luas 6.524.502 Ha ²
Jumlah penduduk -
Kepadatan - jiwa/km²
Desa/kelurahan 12

Leles adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Kelurahan/desa[sunting | sunting sumber]

  1. Cangkuang
  2. Ciburial
  3. Cipancar
  4. Dano
  5. Haruman
  6. Jangkurang
  7. Kandan Mukti
  8. Leles
  9. Lembang
  10. Margaluyu
  11. Salamnunggal
  12. Sukarame

Batas wilayah terdiri dari : sebelah utara : Kecamatan Kadungora

sebelah timur : Kecamatan Leuwigoong

sebelah selatan : Kecamatan Banyuresmi

sebelah barat : Kabupaten Bandung Dengan jumlah Penduduk 81.977

Jiwa terdiri dari : - Laki – laki : 41.980 orang - Perempuan : 39.997 Orang - Kepala Keluarga : 22.190 Orang - 128 RW , 403 RT dan 33 Dusun.

Potensi yang dimiliki adalah sebagai berikut :

1. Sektor Pariwisata ( Situ dan situs Candi Cangkuang )

2. Sektor Perekonomian - Pengrajin Bulu Unggas di Desa Cipancar - Pengrajin Pembuatan Tas ( Desa Lembang , Jangkurang dan Dano , Cipancar,dan Kandangmukti ) - Makanan Khas Burayot dan Dodol Inol ( Desa Cangkuang, Salamnunggal, Ciburial ) - Pengrajin Umbul – umbul ( Bendera ) ( Desa leles )

3. Sektor Pendidikan dan Kesenian Siswa dan siswi dari TK s/d SLTA sangat berpotensi, baik dari segi olah raga kesenian dan keagamaan yang terbukti dengan perolehan juara baik tingkat Kabupaten Provinsi dan Nasional.

4. Sektor Kesehatan Sektor Kesehatan terdapat 2 Puskesmas Leles dan Lembang dan dibantu oleh 6 pustu

a. Pelayanan Kesehatan terdapat 2 puskesmas yaitu Leles dan Lembang Jamkesmas/Jamkesda b. Pelayanan Posyandu c. Pemantauan Gizi Buruk dan d. Pelayanan Persalinan

Fungsi Koordinasi Sesuai dengan Keputusan Bupati Nomor 26 tahun 2004 fungsi Camat salah satunya mengkoordinasikan kegiatan seluruh Dinas / Instansi / UPT / UPTD, maka dalam melaksanakan tugas Koordinasi sesuai dengan Tupoksi UPT / UPTD yang meliputi :

1. UPTD Pendidikan 2. UPTD SDAP 3. UPTD Kehutanan 4. UPTD Perkebunan 5. UPTD TPH 6. UPTD Pariwisata dan Kebudayaan 7. UPTD Pertacip 8. UPTD Binamarga 9. UPTD Perikanan dan Kelautan 10. UPTD Perindagkop dan UMKM 11. KUA Leles 12. UPTD Puskesmas Leles dan 13. UPTD Puskesmas Lembang

Aspek Pembinaan 1. a Pembinaan Pemerintahan Desa dan Administrasi Desa, Kelembagaan Desa dilaksanakan pada setiap triwulan dan Pembinaan yang bersipat Insidentil melibatkan seluruh UPTD dan Kasi – kasi yang ada di Kecamatan termasuk unsure muspika lainnya.

b. Pembinaan Pegawai Negeri Sipil ( PNS ) di lakukan pada setiap Apel Gabungan Hari senin yang dihadiri oleh seluruh PNS se Kecamatan Leles kecuali Guru dan Para Medis , yang dilanjutkan dengan Santapan Rohani. Sedangkan Hari – hari lain Apel Pagi dan siang dapat terlaksana sesuai dengan ketentuan.

c. Kegiatan Rapat Minggon dilaksanakan 2 kali dalam 1 bulan serta dibuktikan dengan daftar hadir dan notulen hasil rapat ( hari rabu ) dan kegiatan ini dijadikan wahana Penilaian Capaian Program , Program Pemerintahan Kabupaten Garut dan Program – program UPTD yang harus dilaksanakan dan sampai kepada masyarakat dan sekaligus sebagai Evaluasi dan Koordinasi sesuai dengan Tupoksi Camat dan Unsur Muspika.

2. Pembinaan Bidang Pembangunan - Melakukan Monitoring dan fungsi Pengawasan terhadap Pembangunan baik yang didanai oleh Pemerintah Pusat , Provinsi dan Kabupaten temasuk pelaksanaan Pembangunan yang berbasis swadaya dan PNPM. - Desa Peradaban tahun 2012

3. Pembinaan Wajar Pendidikan Dasar 9 tahun Senan tiasa melaksanakan monitoring pelaksanaan wajar pendidikan dasar 9 tahun bersama – sama UPTD Pendidikan beserta unsur Muspika baik secara langsung maupun tidak langsung ke sekolah – sekolah. Kecamatan Leles terdapat 50 Sekolah Dasar. 10 SMPN / Swasta dan 5 SMAN / Swasta dengan jumlah Murid : Tingkat Taman Kanak – Karnak ( TK ) 12 buah jumlah murid 238 orang Tingkat SD /MI/Swasta Umum 53 Jumlah Murid 11.844 orang Tingkat SLTP Negeri 3 jumlah murid 2.015 Tingkat SLTP Swasta Umum dan Swasta Islam 2 Jumlah Murid 894 orang Tingkat SMA Negeri 1 Jumlah Murid 532 Tingkat SMA Swasta Umum 1 Jumlah Murid 654 orang, SMK Kejuruan 1 Jumlah Murid 689 Orang SMA Swasta keagamaan 2 jumlah murid 658 orang Perguruan tinggi Swasta 1 Jumlah Mahasiswa 380 orang Cesara khusus bagi SMP / SMA kami bersama Unsur Muspika secara bergiliran melaksanakan Apel Hari Senin Disekolah dalam rangka Pembinaan Generasi Muda.

4. Pembinaan Bidang Kesehatan Bersama – sama UPTD Puskesmas Leles dan Lembang berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS ) dan memberi motipasi kepada para Kader Kesehatan di Desa – desa agar fungsi kuratif benar – benar dilaksanakan dengan mengefektifkan Pos – pos Yandu dan Pustu.

5. Pembinaan Kemasyarakatan Bersama – sama dengan unsur Muspika dan KUA dengan melibatkan MUI Kecamatan dan Desa , senantiasa melaksanakan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama baik di Pengajian – pengajian dan kesempatan – kesempatan lain yang bias dilaksanakan. Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga ( PKK ) - TP.PKK Kecamatan senantiasa melaksanakan berbagai kegiatan secara rutin dan Pembinaan di laksanakan di Desa – desa setiap bulan 1 x secara bergiliran dengan harapan dapat memacu kegiatan TP.PKK Desa , membantu Pemerintah dalam Meningkatkan Kesejahtraan Keluarga dan meningkatkan Indek Pembangunan Manusia ( IPM ) - Sektor Pendidikan Kesehatan dan Perekonomian - Sementara Kegiatan Pertemuan Rutin di Desa TP.PKK Desa mengaflikasikan dari berbagai kegiatan di Tingkat Kecamatan. Misi: Visi Kecamatan Leles terwujudnya masyarakat yang agamis sejahtera bersatu menuju Leles maju Misi Kecamatan Leles - Meningkatkan kualitas Indek pembangunan Manusia (IPM) melalui peningkatan kualitas - Penyelenggaraan Pemerintahan yang amanah dan agamis yang menjunjung tinggi supremasi hukum Demokrasi dan Ham - Menggali dan memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan buatan dengan memperhatikan kelestarian alam - Memberdayakan kegiatan ekonomi rakyat kecil yang bertumpu pada potensi lokal masyarakat perdesaan - Mengangkat potensi wisata lokal dan melestarikan seni budaya daerah - Mewujudkan kegiatan pertanian (agrari) dan pemberdayaan tanah tadah hujan yang efektif dan efisien Keterangan: Visi Kecamatan Leles terwujudnya masyarakat yang agamis sejahtera bersatu menuju Leles maju Misi Kecamatan Leles - Meningkatkan kualitas Indek pembangunan Manusia (IPM) melalui peningkatan kualitas - Penyelenggaraan Pemerintahan yang amanah dan agamis yang menjunjung tinggi supremasi hukum Demokrasi dan Ham - Menggali dan memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan buatan dengan memperhatikan kelestarian alam - Memberdayakan kegiatan ekonomi rakyat kecil yang bertumpu pada potensi lokal masyarakat perdesaan - Mengangkat potensi wisata lokal dan melestarikan seni budaya daerah - Mewujudkan kegiatan pertanian (agrari) dan pemberdayaan tanah tadah hujan yang efektif dan efisien.