Camilla Rosemary Shand

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Camilla Parker Bowles)
Lompat ke: navigasi, cari
Camilla
Duchess of Cornwall; Duchess of Rothesay
(Lihat gelar lengkap)
Camilla di Kastil Hillsborough, April 2014
Camilla di Kastil Hillsborough, April 2014
Lahir 17 Juli 1947 (umur 70)
King's College Hospital, London, Inggris
Pasangan Andrew Parker Bowles
(m. 1973; cerai 1995)
Charles, Pangeran Wales (m. 2005)
Anak
Tom Parker Bowles
Laura Lopes
Nama lengkap
Camilla Rosemary
Wangsa Wangsa Windsor (dari pernikahan)
Ayah Mayor Bruce Shand
Ibu Rosalind Cubitt
Agama Anglikan

Camilla Rosemary (marga gadis: Shand, melalui pernikahan pertama: Parker Bowles; lahir 17 Juli 1947) adalah istri kedua Charles, Pangeran Wales, putra mahkota Britania Raya. Sebagai istri Pangeran Wales, Camilla secara resmi menjadi Putri Wales, gelar bagi istri putra mahkota sekaligus calon permaisuri Britania Raya. Meski begitu, Camilla memilih untuk tidak menggunakan gelar tersebut karena gelar itu sering dikaitkan erat dengan Diana, istri pertama Charles.

Sebagai istri Pangeran Wales, Camilla mendampingi sang suami dalam menjalankan berbagai kegiatan dan tugas resmi. Dia adalah pelindung, presiden, dan anggota berbagai lembaga amal.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Camilla lahir di King's College Hospital pada tanggal 17 Juli 1947 pukul 7 pagi. Ia tumbuh besar di Plumpton, Sussex Timur. Orangtuanya adalah Mayor Bruce Shand (1917–2006), mantan opsir tentara, dan Yang Terhormat Rosalind Cubitt (1921–1994), putri bangsawan. Ia mempunyai dua adik, Annabel Elliot dan Mark Shand. Nenek buyutnya, Alice Keppel, adalah gundik Edward VII.

Camilla dibaptis di Gereja Firle, Sussex pada 1 November 1947. Orangtua baptisnya adalah Yang Terhormat Henry Cubitt, Mayor Neil Speke, Heathcoat Amory, Lombard Hobson dan Vivien Mosley. Keluarga Camilla sering berpindah-pindah antara rumah mereka di Plumpton dan di Kensington selatan. Camilla dibiasakan oleh ayahnya untuk menyukai membaca. Ia memelihara kucing dan anjing, dan ia juga dapat mengendarai kuda poni.

Gelar[sunting | sunting sumber]

Sebagai istri Charles, Camilla menyandang bentuk wanita dari gelar suaminya. Secara resmi, dia juga menyandang gelar Putri Wales, gelar yang diperuntukkan bagi istri putra mahkota dan calon permaisuri. Meski begitu, Camilla memilih untuk tidak menggunakan gelar tersebut lantaran gelar Putri Wales sangat erat dikaitkan dengan Diana, istri pertama Charles. Oleh karenanya, Camilla memilih menggunakan padanan wanita dari gelar tertinggi suaminya Charles setelah Pangeran Wales, yakni Duchess of Cornwall. Di Skotlandia, dia menyandang gelar Duchess of Rothesay, gelar bagi istri pewaris takhta Skotlandia pada masa lampau.

Secara hukum, saat Charles naik takhta, Camilla yang menjadi permaisuri secara resmi akan menyandang gelar queen, padanan wanita dari king. Namun pihak Clarence House menyatakan pada pernikahan mereka pada 2005 bahwa saat Charles naik takhta, Camilla akan menyandang gelar princess consort, dan bukannya queen. Princess Consort adalah padanan wanita dari gelar Prince Consort, gelar yang disandang oleh Albert, suami Ratu Victoria.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]