Brahmāstra: Bagian Satu – Shiva

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Brahmastra (film))
Brahmāstra: Part One – Shiva
SutradaraAyan Mukerji
ProduserKaran Johar
Apoorva Mehta
Namit Malhotra
Ranbir Kapoor
Marijke DeSouza
Ayan Mukerji
Ditulis olehAyan Mukerji
Hussain Dalal
(Dialog) [1]
PemeranAmitabh Bachchan
Ranbir Kapoor
Alia Bhatt
Mouni Roy
Nagarjuna Akkineni
Penata musikPritam
SinematograferV. Manikandan
Pankaj Kumar
Sudeep Chatterjee
Vikash Nowlakha
Patrick Duroux
PenyuntingPrakash Kurup
Perusahaan
produksi
Star Studios
Dharma Productions
Prime Focus[a]
Starlight Pictures[4]
DistributorStar Studios (India)
Tanggal rilis
  • 09 September 2022 (2022-09-09)
Durasi167 menit[5]
NegaraIndia
BahasaHindi
Anggaranper. 375–400 crore[6]
Pendapatan
kotor
per. 431 crore[7]

Brahmāstra: Part One – Shiva (pronounced [bɾəɦmaːstrə]) adalah Film aksi-petualangan bahasa Hindi tahun 2022[b] ditulis dan disutradarai oleh Ayan Mukerji. Ini diproduksi oleh Karan Johar, Apoorva Mehta, Namit Malhotra, dan Mukerji – dalam produksi debutnya – di bawah perusahaan produksi Dharma Productions, Starlight Pictures, dan Prime Focus bekerja sama dengan Star Studios, bersama dengan Ranbir Kapoor dan Marijke DeSouza. Film ini berfungsi sebagai angsuran pertama dari trilogi yang direncanakan, yang dengan sendirinya direncanakan untuk menjadi bagian dari sinematic universe berjudul Astraverse. Ini dibintangi Amitabh Bachchan, Ranbir Kapoor, Alia Bhatt, Mouni Roy, dan Nagarjuna Akkineni. Mengambil inspirasi dari cerita dalam mitologi Hindu, film ini mengikuti Shiva, seorang yatim piatu dengan kekuatan pirokinetik yang menemukan bahwa dia adalah astra, senjata energi yang sangat besar. Dia mencoba untuk mencegah yang terkuat dari astra, Brahmāstra, agar tidak jatuh ke tangan kekuatan gelap yang berbagi sejarah dengannya.

Film ini pertama kali disusun oleh Mukerji pada tahun 2011, dengan elemen inti yang terinspirasi oleh sejarah dan cerita India yang dia dengar di masa kecilnya. Perkembangannya pertama kali terungkap pada Juli 2014 dengan rencana rilis untuk 2016, tetapi pengumuman resminya oleh Johar baru akan tiba pada Oktober 2017; awalnya bernama "Naga", pengumuman tersebut juga mengungkapkan bahwa film tersebut akan berjudul "Brahmāstra" dan memiliki dua sekuel. Fotografi utama berlangsung selama empat tahun dari Februari 2018 hingga Maret 2022, dengan lokasi syuting termasuk Bulgaria, London, New York City, Edinburgh, Thailand, Manali, Mumbai dan Varanasi.[10] Produksi dan rilis film ditunda beberapa kali, pertama karena penundaan produksi dan kendala moneter, dan kemudian karena pandemi COVID-19. Skor film disusun oleh Simon Franglen, sedangkan soundtracknya disusun oleh Pritam dan ditulis oleh Amitabh Bhattacharya. Diproduksi dengan perkiraan anggaran sebesar 410 crore (US$57 juta), ini adalah salah satu film India paling mahal dan film Hindi paling mahal pada saat peluncurannya.

Brahmāstra: Part One – Shiva dirilis secara teatrikal pada 9 September 2022 dalam format standar, 3D, IMAX 3D dan 4DX 3D oleh Star Studios di India, dan oleh Walt Disney Studios Motion Pictures di seluruh dunia. Ini adalah produksi pertama yang dirilis di bawah Star Studios[c] nama mengikuti acquisition of 21st Century Fox by Disney. Film ini mendapat pujian untuk efek visual, skor, dan urutan aksinya, sementara kritik sebagian besar diarahkan pada cerita dan dialog. Sejak 18 September 2022, film tersebut telah meraup lebih dari 346,53 crore (US$49 juta) di seluruh dunia, menjadikannya film Hindi berpenghasilan tertinggi tahun 2022. Dua sekuel sedang dalam pengembangan simultan dan sempalan juga sedang dipertimbangkan.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Di India kuno, sekelompok orang bijak di Himalaya bertabrakan dengan energi Brahm-shakti, yang menghasilkan banyak senjata surgawi berkekuatan besar yang disebut astras. Yang terkuat di antara mereka, Brahmāstra, mempunyai kemampuan untuk menghancurkan dunia. Orang bijak menggunakan astras masing-masing untuk menjinakkan Brahmāstra yang tidak stabil dan menjadi Brahmansh, sebuah perkumpulan rahasia untuk melindungi dunia dari kekuatan astras.

Di masa kini Mumbai, Shiva, seorang disc jockey, jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Isha Chatterjee, seorang penduduk London yang mengunjungi India untuk festival Durga Puja di pandal milik kakeknya. Tak lama kemudian, Isha membalas dan mengungkapkan perasaannya kepada Shiva. Shiva memberitahunya bahwa dia adalah seorang yatim piatu yang tidak pernah mengenal ayahnya, dan ibunya meninggal dalam kebakaran ketika dia masih bayi (1993).

Sementara itu, di Delhi, ilmuwan dan anggota Brahmānsh Mohan Bhargav diserang oleh Zor dan Raftar karena sepotong Brahmāstra yang dia jaga. Mohan melawan menggunakan Vānarāstra tetapi akhirnya ditundukkan oleh Junoon, yang bekerja untuk kejahatan misterius bernama Dev. Di bawah kepemilikan Junoon, yang menggunakan Vash Mukut, Mohan mengungkapkan bahwa karya kedua Brahmāstra dilindungi oleh seorang seniman dan arkeolog bernama Anish Shetty di Varanasi. Sebelum dia dapat mengungkapkan lokasi saat ini dan guru dari Brahmansh (Ashram), Mohan melemparkan dirinya keluar dari balkon.

Shiva mendapat penglihatan tentang pertemuan Mohan dengan Junoon, karena dia memiliki sepotong Agneyāstra yang terikat di satu tangannya, dan Shiva entah bagaimana terhubung dengannya. Dia dan Isha menuju Varanasi untuk memperingatkan Anish tetapi diganggu oleh Raftar, yang sekarang menggunakan Vānarāstra milik Mohan. Anish mengalahkannya menggunakan Nandi Āstra sebelum melarikan diri bersama Shiva dan Isha. Saat pergi ke Himachal Pradesh, di mana Ashram berada, mereka dikejar oleh Junoon dan Zor dengan truk. Anish memberikan bagian kedua Brahmāstra kepada Shiva dan tetap melawan Junoon dan Zor, hanya untuk dibunuh. Shiva dan Isha dikejar oleh Raftar ke Ashram dimana Shiva membunuhnya menggunakan kekuatan apinya setelah dia mencoba membunuh Isha. Di Ashram, mereka belajar tentang astra lain dan Shiva dipaksa bergabung dengan Brahmansh oleh guru Raghu untuk mendapatkan informasi tentang orang tuanya. Dia bertemu rekrutan baru lainnya Rani, Raveena, Sher dan Tenzing, yang semuanya dilatih oleh Raghu tentang cara menggunakan astra masing-masing dan Siwa juga mendapatkan kendali atas api. Saat Junoon semakin dekat dengan mereka, Raghu mengungkapkan bahwa Shiva adalah putra mantan anggota Brahmansh, Dev dan Amrita. Dev sebenarnya membangunkan Brahmāstra karena dialah satu-satunya orang yang mampu mengendalikan beberapa āstras sekaligus.

Istri Dev, Amrita (hamil anak Dev), yang memegang Jalāstra, mengalahkan Dev dalam pertempuran di pulau terpencil dan keduanya tampaknya binasa dalam pertempuran tersebut. Perahu Amrita ditemukan di reruntuhan pertempuran, dibawa kembali dari pulau, dengan dua pecahan Brahmāstra. Potongan Brahmāstra diberikan kepada Mohan dan Anish. Bagian ketiga diyakini hilang, dan Raghu dan Shiva menyimpulkan bahwa mereka berdua selamat dari pertempuran tersebut. Bagian ketiga dari Brahmāstra ada di Mayāstra milik Amrita yang disamarkan menjadi cangkang Keong, yang dilepaskan Raghu dengan menjatuhkan darah Siwa ke keong. Junoon dan pasukannya tiba di Āshram untuk Brahmāstra dan menyandera semua orang. Shiva mengalahkan Junoon sambil juga membunuh Zor, yang memegang Nandi Astra milik Anish dan melepaskan semua orang. Namun Junoon berhasil mengambil potongan ketiga dari Isha. Dia tampaknya mengorbankan dirinya untuk mengaktifkan Brahmāstra. Kehancuran mulai dimulai dan Isya dalam bahaya, tapi Shiva mendapatkan kendali atas Brahmāstra dengan kekuatan baru yang berasal dari perlindungannya terhadap Isha dan bersatu kembali dengannya.

Sebelum kredit, karena Junoon telah mengaktifkan Brahmāstra, Dev, yang dipenjara sebagai patung di pulau tak dikenal, dibebaskan.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Penampilan cameo[sunting | sunting sumber]

  • Shah Rukh Khan sebagai Mohan Bhargav: seorang ilmuwan SpaceHind dan anggota Brahmānsh yang menggunakan Vanarāstra. Khan mengulangi karakter yang sama dari Swades (2004), di mana ia berperan sebagai ilmuwan NASA.
  • Deepika Padukone sebagai Amrita: Ibu Shiva, istri Dev dan mantan anggota Brahmānsh yang memegang Jalāstra[13]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Writer Hussain Dalal reacts to Alia Bhatt-Ranbir Kapoor's 'Brahmastra' dialogues getting trolled". India Today. 6 January 2023. 
  2. ^ Bhonsale, Divya (15 June 2022). "Did you know Bramastra's VFX is done by the same Indian firm that worked on Oscar-winning Dune?". Asianet News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 23 August 2022. [pranala nonaktif permanen]
  3. ^ Nair, Rupesh (16 June 2022). "Brahmastra's VFX Team Has Worked on Avengers: Endgame, DUNE, Stranger Things, and Also Jurassic World: Dominion". IGN India (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 September 2022. Diakses tanggal 23 August 2022. 
  4. ^ "Breaking: Ayan Mukerji turns producer with Ranbir Kapoor-Alia Bhatt starrer Brahmastra". Bollywood Hungama. 27 May 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 November 2021. Diakses tanggal 13 June 2022. 
  5. ^ "Brahmāstra Part One: Shiva". British Board of Film Classification. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 September 2022. Diakses tanggal 8 September 2022. 
  6. ^ "Brahmastra Comes Through All the Negativity - Box Office India". 
  7. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama gross
  8. ^ "'Brahmastra' box office collection day 2: Ranbir Kapoor, Alia Bhatt's film collects Rs 35.50 crore". Times of India. Diakses tanggal 12 September 2022. After an impressive opening day collections, Ranbir Kapoor and Alia Bhatt's fantasy action adventure film Brahmastra showed an excellent growth on Day 2. 
  9. ^ "Mouni Roy: I'll Cherish 'Brahmastra' For Rest Of My Life". Outlook. Diakses tanggal 10 September 2022. The 'Naagin' fame actress Mouni Roy is currently seen in Ayan Mukerji's fantasy action-adventure film 'Brahmastra'. 
  10. ^ * "Snippets from the sets of 'Brahmastra' in Bulgaria". The Statesman (dalam bahasa Inggris). 21 February 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 September 2022. Diakses tanggal 6 September 2022. 
  11. ^ Varma, Lipika (13 April 2020). "Gurfateh in awe of Amitabh". Deccan Chronicle. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 December 2021. Diakses tanggal 23 July 2022. 
  12. ^ "Wrestler Saurav Gurjar set to make Bollywood debut in Alia Bhatt-Ranbir Kapoor starrer Brahmāstra". Firstpost. IANS. 7 February 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 June 2022. Diakses tanggal 3 June 2022. 
  13. ^ "Deepika Padukone makes 'bink and miss' cameo in Brahmāstra". Bollywood Hungama (dalam bahasa Inggris). 11 September 2022. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 September 2022. Diakses tanggal 11 September 2022. 


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "lower-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="lower-alpha"/> yang berkaitan