Akkineni Nagarjuna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Akkineni Nagarjuna
Actor Nagarjuna.jpg
Actor Nagarjuna di lomba balap F1 di Hyderabad
Lahir29 Agustus 1959 (umur 59)
Chennai, Tamil Nadu
Tempat tinggalFilm Nagar, Hyderabad, Telangana, India
AlmamaterUniversitas Michigan Timur
Universitas Anna
PekerjaanAktor, Produser, Pengusaha, Filantropis
Tahun aktif1986–sekarang
Suami/istri
AnakAkkineni Naga Chaitanya
Akkineni Akhil
Orang tuaAkkineni Nageswara Rao
Akkineni Annapurna
KerabatAkkineni Venkat (saudara)
Sumanth (keponakan)
Sushanth (keponakan)
Ramanaidu Daggubati
(eks mertua)
Venkatesh Daggubati
(eks saudara ipar)

Akkineni Nagarjuna (kelahiran 29 Agustus 1959) adalah seprang aktor, produser dan presenter televisi film India yang utamanya berkarya dalam Sinema Telugu, dan Televisi. Ia berakting dalam lebh dari sembilan puluh film sebagai seorang aktor baik dalam peran utama, pendukung dan cameo, termasuk film-film Bollywood dan Tamil. Ia meraih dua Penghargaan Film Nasional, sembilan Penghargaan Nandi tingkat negara bagian dan tiga Penghargaan Filmfare Selatan. Ia meraih sambutan meriah untuk penampilannya dalam film-film biografi dan sejarah.

Ia mendapatkan peran komposer abad ke-15 Annamacharya dalam film 1997 Annamayya; sebagai Yavakri (putra dari asketik Bharadwaja) dalam film 2002 Agni Varsha; sebagai Mayor Padmapani Acharya dalam film perang 2003, LOC Kargil; sebagai komposer abad ke-17 Kancherla Gopanna dalam film 2006 Sri Ramadasu; sebagai Sai Baba of Shirdi dalam film 2012 Shirdi Sai; dan sebagai Chandaludu (Dewa Krisna yang sedang menyamar) dalam film 2013 Jagadguru Adi Sankara.[1]

Pada 1989, ia membintangi film drama percintaan yang disutradarai oleh Maniratnam, Geetanjali, yang memenangkan Penghargaan Film Nasional untuk Hiburan Menarik yang Diberikan pada Film Terkenal Terbaik. Pada tahun yang sama, ia berakting dalam Siva, sebuah blockbuster aksi yang disutradarai oleh Ram Gopal Varma, yang tayang perdana di Festival Film Internasional India ke-13.[2] Pada 1990, ia kemudian membuat debut Bollywood-nya dengan remake Hindi dengan judul yang sama yang berjudul Shiva, dan meraih keberhasilan. Pada 1997, ia meraih Penghargaan Film Nasional karena memproduksi Ninne Pelladata. Pada 1998, Ia meraih Penghargaan Film Nasional-Tanggapan Khusus untuk penampilannya dalam film sejarah Annamayya.

Pada 2013, ia mewakili Sinema India Selatan di perayaan 100 Tahun Sinema India di Festival Film Delhi, bersama dengan Ramesh Sippy dan Vishal Bharadwaj dari Bollywood.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Suresh Krishnamoorthy (2013-04-30). "At the end of the day, Nag wants to feel good". Chennai, India: The Hindu. Diakses tanggal 2013-08-25. 
  2. ^ "Directorate of Film Festival" (PDF). 
  3. ^ Delhi festival to celebrate 100 years of Indian Cinema |NDTV Movies.com

Pranala luar[sunting | sunting sumber]