Penghargaan Film Nasional ke-59

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Penghargaan Film Nasional (India) ke-59
Lambang yang terbaca "59th" dengan lambang teratai di bagian atas dan latar belakang kuning keemasan
Lambang Penghargaan Film Nasional ke-59
Dianugerahkan untukTerbaik dari sinema India pada 2011
Dianugerahkan olehMohammad Hamid Ansari
(Wakil Presiden India)
Dipersembahkan
oleh
Direktorat Festival Film
Pengumuman nominasi07 Maret 2012 (2012-03-07)
Penganugerahan03 Mei 2012 (2012-05-03)
TempatVigyan Bhavan, New Delhi
Pembawa acaraVinay Pathak dan Saumya Tandon
Situs web resmidff.nic.in
Ikhtisar
Film Cerita Terbaik
Film Non-Cerita TerbaikAnd We Play On
Penghargaan terbanyakAnhe Ghore Da Daan, Balgandharva, Chillar Party, Deool, Ranjana Ami Ar Ashbona dan The Dirty Picture (3)

Penghargaan Film Nasional ke-59, yang dipersembahkan oleh Direktorat Festival Film, memberikan penghargaan kepada yang terbaik dari sinema India pada 2011 dan diadakan pada 3 Mei 2012 di Vigyan Bhavan, New Delhi. Penghargaan tersebut dipersembahkan dalam 38 kategori dalam sesi Film Fitur, 20 kategori dalam sesi Film Non-Fitur dan dua kategori untuk sesi Penulisan Terbaik tentang Sinema; 41 anggota juri memilih pemenang dari 392 entri. Acara tersebut dibawakan oleh aktor Vinay Pathak dan Saumya Tandon. Penghargaannya dipersembahkan oleh Wakil Presiden India, Mohammad Hamid Ansari. Acara tersebut ditayangkan secara langsung di tiga saluran televisi, sebelas stasiun Radio Seluruh India, dan penayangan dunia maya.

Deool, sebuah film Marathi, dan Byari, film Beary pertama dan satu-satunya, berbagi penghargaan untuk Film Fitur Terbaik. Penghargaan untuk Film Non-Fitur Terbaik diberikan kepada film dokumenter Hindi‐Inggris And We Play On. Buku R. D. Burman: The Man, The Music, yang merupakan hasil kerjasama penulisan dari Anirudha Bhattacharjee dan Balaji Vittal, memenangkan Buku Terbaik tentang Sinema; kritikus film Assam Manoj Barpujari dideklarasikan menjadi Kritikus Film Terbaik. Gurvinder Singh memenangkan penghargaan penyutradaraan film fitur terbaik untuk debut penyutradaraannya, Anhe Ghore Da Daan. Untuk film Deool, Girish Kulkarni memenangkan penghargaan untuk Aktor Terbaik dan Dialog Terbaik; aktris Bollywood Vidya Balan memenangkan penghargaan Aktris Terbaik untuk The Dirty Picture. Penghargaan Dadasaheb Phalke, yang dianggap sebagai pengakuan paling diidam-idamkan dalam sinema India, diberikan kepada aktor Bengali veteran Soumitra Chatterjee atas jasa-jasanya terhadap sinema Bengali.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Situs web resmi
Sumber lain