Siva (film Telugu 1989)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Siva
Poster rilis teatrikal
SutradaraRam Gopal Varma
ProduserAkkineni Venkat
Yarlagadda Surendra
Ditulis olehTanikella Bharani (dialog)
SkenarioRam Gopal Varma
CeritaRam Gopal Varma
PemeranAkkineni Nagarjuna
Amala Akkineni
Penata musikIlaiyaraaja
SinematograferS. Gopala Reddy
PenyuntingSattibabu
Perusahaan
produksi
Annapurna Studios
S. S. Creations
Tanggal rilis
  • 5 Oktober 1989 (1989-10-05)
Durasi142 menit
NegaraIndia India
BahasaTelugu

Siva (bahasa Telugu: శివ) adalah sebuah film thriller aksi Telugu 1989 yang berdasarkan pada politik pelajar dalam penjatuhan Mafia, yang ditulis dan disutradarai oleh Ram Gopal Varma dalam debut-nya. Film tersebut diproduksi oleh Akkineni Venkat, dibintangi oleh Akkineni Nagarjuna, Amala Akkineni, dan Raghuvaran dalam peran-peran utama, dengan soundtrack yang dikomposisikan oleh Ilaiyaraaja. Film tersebut tayang perdana di Festival Film Internasional India ke-13 pada 19 Januari 1990 di Empire Theater di Kolkata.[1] Setelah penayangan, film tersebut meraih ulasan yang sangat positif dan masih menjadi blockbuster kultus klasik.[2]

Film tersebut meraih Penghargaan Nandi untuk Penyutradaraan Terbaik, Film Pertama Terbaik dari seorang sutradara dan Penulis Dialog Terbaik. Film tersebut juga meraih Penghargaan Filmfare untuk Film Terbaik – Telugu. Film tersebut masuk dalam 100 film India terbesar sepanjang masa menurut CNN-IBN.[3] Soundtrack asli dari film tersebut dikomposisikan oleh Ilaiyaraaja, yang masih menjadi chartbuster.[4] Film tersebut juga di-alih bahasa-kan dalam bahasa Tamil dengan judul Udhayam. Kampus kolese yang ditampilkan mengambil gambar di Sekolah Tinggi Keys, di Secunderabad. Pada 1990, film tersebut secara keseluruhan dibuat ulang dalam bahasa Hindi dengan judul Shiva, dengan beberapa perubahan pada klimaks dari film tersebut. Versi Hindi-nya menjadi sebuah hit instan di box office. Versi Telugu-nya sekarang tersedia dalam sebuah format yang diremasterasikan dan direstorasikan secara digital pada 2014 untuk video rumah, yang menandai Silver Jubilee dari film tersebut.[5]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Shiva
Musik film karya Ilaiyaraaja
Dirilis1989
GenreSoundtrack
Durasi22:50
LabelEcho Music
ProduserIlaiyaraaja
Kronologi Ilaiyaraaja
Geethanjali
(1989)Geethanjali1989
Shiva
(1989)
Indrudu Chandrudu
(1989)Indrudu Chandrudu1989

Lagu-lagu pada film tersebut dikomposisikan oleh Ilaiyaraaja. Semua lagunya adalah blockbuster. Musiknya dirilis pada ECHO Audio Company.

No.JudulLirikPenyanyiDurasi
1."Botany Class"Sirivennela Sitarama SastrySP Balu, S. P. Sailaja4:26
2."Anando Brahma"Veturi Sundararama MurthySP Balu, Chitra4:29
3."Sarasalu Chalu"Sirivennela Sitarama SastryMano, S. Janaki5:07
4."Enniyallo Malliyallo"Veturi Sundararama MurthySP Balu, Chitra4:18
5."Kiss Me Hello"Veturi Sundararama MurthySP Balu, Chitra4:30
Durasi total:22:50

Soundtrack tersebut dikomposisikan oleh Maestro Ilaiyaraaja. Pada awalnya, media memperkirakan bahwa M.M. Keeravani akan mengkomposisikan musik pada film tersebut kemudian dikabarkan bahwa Ilaiyaraaja akan mengkomposisikan skor dan soundtrack pada film tersebut. Soundtrack tersebut mengalami keberhasilan yang teramat sangat dengan lagu-lagu seperti "Botony Paathamundi" yang masih sangat terkenal, Skor Latar Belakang karya Ilaiyaraaja memainkan peran yang sangat berpengaruh dalam keberhasilan film tersebut dan juga diapresiasi dengan sangat tinggi.

Telugu Tamil Hindi
Botany Paathamundi Botany Paadamundu Botany Chodenge
Anando Brahma Govindo Hari Achacho Penmai Aanando Brahma Govindo Hari
Kiss Me Wrong Number Kiss Me Wrong Number Kiss Me Hello
Sarasalu Chalu Srivaaru Idhu Neeyum Mere Qadar Jani
Yennilyallo Malliyallo Aadalgalum Paadalgalum N/A

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Siva meraih keberhasilan super di Andhra Pradesh. Versi pengalihan bahasa Tamil-nya yang diberi judul Udhayam menjadi hit utama di Tamil Nadu dan versi Tamil mengalami bisnis yang baik di Kerala.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]