S. Janaki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

S. Janaki
Nama lain Janakiamma
Lahir 23 April 1938 (umur 80)
Repalle, Guntur, Andhra Pradesh, India
Genre Nyanyian playback, Klasik India
Pekerjaan Penyanyi
Instrumen Vokal
Tahun aktif 1957–sekarang

Sishtla Sreeramamurthy Janaki (ಕನ್ನಡ : ಎಸ್. ಜಾನಕಿ) (kelahiran 23 April 1938), yang umumnya dikenal sebagai S. Janaki, adalah seorang penyanyi playback India. Hingga 2007 Janaki telah menyanyikan sekitar 40,000 lagu, kebanyakan dalam bahasa India Selatan, pada masa kariernya yang berlangsung lebih dari 50 tahun. Meskipun ia menyanyikan lagu dalam berbagai bahasa, kebanyakan lagunya berbahasa India Selatan yakni Kannada, Malayalam, Telugu dan Tamil. Ia telah memenangkan empat Penghargaan Film Nasional dan 31 Penghargaan Film tingkat negara bagian yang berbeda.[1] Keterkaitannya dengan penyanyi S. P. Balasubrahmanyam dan komposer Ilaiyaraaja merupakan salah satu kombinasi musikal paling terkenal di India Selatan.[2]

Ia dikenal sebagai "Nightingale dari Selatan".[3] Ia adalah penerima gelar dokterandes kehormatan[4] dari Universitas Mysore dan penghargaan Kalaimamani dari Pemerintah Negara Bagian Tamil Nadu.

Pada 2013, ia diberi penghargaan Padma Bhushan oleh Pemerintah India, kemudian berkata bahwa penghargaan tersebut datang terlalu lambat dan artis-artis India Selatan tidak diberi penghargaan.[5] Janaki telah merekam lagu-lagu Kannada dalam jumlah yang banyak sepanjang kariernya.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

S. Janaki lahir pada 23 April 1938 dalam sebuah keluarga pemakai bahasa Telugu di Pallapatla, Kota Repalle, Guntur, Kepresidenan Madras, India Britania (sekarang di Andhra Pradesh).[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Singing straight from the heart". Chennai, India: The Hindu. 5 April 2007. Diakses tanggal 30 Desember 2010. 
  2. ^ ""Kavidaye Padalaga," presented by poet and film lyricist Vairamuthu, this evening, will transform poetry into song". The Hindu. 27 Juli 2004. Diakses tanggal 11 Agustus 2012. 
  3. ^ Jayakumar, G. (18 April 2008). "Sing in your natural voice". The Hindu. 
  4. ^ "Kannada composers laud S Janaki for doctorate honor". Zee News. Diakses tanggal 11 Agustus 2012. 
  5. ^ "Veteran singer S Janaki refuses to accept Padma Awards". CNN-IBN. Diakses tanggal 27 Januaru 2013.  Periksa nilai tanggal di: |accessdate= (bantuan)
  6. ^ "Timeless voice". The Hindu. Chennai, India. 29 Juni 2007. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]