BoBoiBoy: The Movie

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
BoBoiBoy: The Movie
Boboiboy The Movies.jpg
Sutradara Nizam Razak
Penulis Nizam Razak
Anas Abdul Aziz
Berdasarkan BoBoiBoy
Pemeran Nur Fathiah Diaz
Nur Sarah Alisya
Yap Ee Jean
Dzubir Mohd Zakaria
Wong Wai Kay
Mohd Fathi Diaz
Azman Zulkiply
Anas Abdul Aziz
Nizam Razak
Musik Yuri Wong
Sinematografi Muhammad Rikza Sholihin
Perusahaan
produksi
Distributor Primeworks Studios
Tanggal rilis
Bendera Malaysia Bendera Brunei 3 Maret 2016[1]
Bendera Singapura 18 Maret 2016
Bendera Indonesia 13 April 2016
Durasi
100 menit
Negara  Malaysia
Bahasa Bahasa Melayu

BoBoiBoy: The Movie (judul alternatif: BoBoiBoy: Sfera Kuasa[2]) adalah sebuah film animasi 3D asal Malaysia yang diproduksi oleh Animonsta Studios. Film ini merupakan adaptasi dari serial animasi BoBoiBoy.[2] Film ini tayang pada tanggal 3 Maret 2016 di Malaysia dan 13 April 2016 di Indonesia.[1][3]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Cerita ini dimulai dengan sekelompok alien jahat bernama pasukan Tengkotak yang mencoba menangkap sfera kuasa generasi pertama, Klamkabot. Pasukan ini diketuai oleh Bora Ra dan anak-anak buahnya yaitu Gaga Naz, Yoyo Oo, Kiki Ta, serta pembantunya Cici Ko. Ia ingin menangkap Klamkabot karena ingin mengambil kekuatannya untuk kejahatan. Klamkabot mencoba melarikan diri dari kejaran pasukan Tengkotak dengan kecepatan maksimal agar ia bisa lolos. Namun ia akhirnya pun berhasil di tangkap dengan pasukan robot lebah milik pasukan Tengkotak tersebut. Bora Ra pun tertawa puas karena sekarang ia berhasil menangkap Klamkabot. Tetapi sesuatu terjadi, Kiki Ta mendeteksi adanya kekuatan teleportasi yang sangat tinggi dikesan. Klamkabot menggunakan kekuatan teleportasinya yang menyebabkan dirinya serta pulau yang di tempatinya hilang dalam sekejap.

Pada waktu yang sama seorang nelayan yang sedang menangkap ikan pada malam hari terkejut melihat sebuah objek besar keluar dari air. Ia terkejut karena objek besar yang dilihatnya adalah sebuah pulau yang terapung.

Keesokan harinya dirumahnya BoBoiBoy, BoBoiBoy yang baru saja bangun tidur dibangunkan oleh Ochobot, teman robotnya yang juga generasi kesembilan dari Sfera Kuasa, ia membangunkan BoBoiBoy karena BoBoiBoy sudah terlambat untuk pergi berkemah. Yaya dan Ying memanggil BoBoiBoy untuk mengingatkan dia bahwa hari ini hari berkemah. BoBoiBoy langsung menuju kamar mandi untuk mandi. Tapi tiba-tiba ia terkejut melihat pesan dari Gopal yang ditulis di cermin. Gopal mengingatkan BoBoiBoy agar jangan terlambat melalui jendela kamar mandi. BoBoiBoy dan Ochobot siap untuk pergi berkemah. Namun ketika sedang dalam perjalanan, mereka dikejutkan dengan perompak yang sedang dikejar-kejar oleh polisi, ​​BoBoiBoy pun mengejar perampok dan meninggalkan Ochobot begitu saja.

Adu Du yang mendengar ada perampokan di kota langsung bergerak ke lokasi bersama Probe dengan nama pasukan mereka yaitu Zero-Zero untuk membantu perampok tersebut. Namun akhirnya pun kalah oleh BoBoiBoy. BoBoiBoy akhirnya berhasil membantu polisi menemukan Serial Perampok Laundry. Setelah itu dia pergi ke kedai Tok Aba melupakan perjalanan berkemah dengan teman-temannya. Ketika Tok Aba mengingatkannya tentang berkemah, ​​ia baru ingat tentang perkemahan dan segera pergi ke halte bus di mana Ochobot dan teman-temannya menunggu. Sementara itu, Bora Ra, Ketua pasukan Tengkotak, sengaja mendengar Yoyo Oo memberikan penjelasan bahwa Klamkabot teleportasi ke Bumi tetapi gagal untuk mendapatkan lokasi yang tepat dari itu. Bora Ra menjadi marah dan mengancam untuk baik mencari atau keluar dari pesawat ruang angkasa nya. Yoyo Oo gugup mencari untuk itu, tetapi ia menemukan lagi Daya Kuasa dengan frekuensi yang lebih rendah daripada Klamkabot. Yoyo Oo memberitahu Bora Ra letak dimana Klamkabot Teleportasi walaupun itu bukan milik Klamkabot.

Di halte bus, BoBoiBoy tiba di depan teman-temannya yang marah terutama Ochobot karena tak memperdulikannya. Dia meminta maaf, tetapi teman-temannya menolak dan memilih meninggalkannya. BoBoiBoy termenung dan datanglah Cikgu Papa Zola yang memotivasi dia untuk membujuk teman-temannya. Cikgu Papa Zola kemudian mengajak BoBoiBoy untuk mencari sotong besok dan mengajak teman-teman BoBoiBoy. BoBoiBoy kemudian setuju untuk mencari sotong bersama Cikgi Papa Zola besok. Keesokan harinya, BoBoiBoy memberitahu teman-temannya tentang memancing cumi-cumi, tetapi mereka pikir itu adalah ide yang buruk. Tiba-tiba, geng Tengkotak membuat mereka masuk dan menuntut BoBoiBoy untuk memberikan Power Sphere. Bora Ra mengambil Ochobot, dan itu membuat BoBoiBoy melawan Bora Ra dan Gaga Naz. Gaga Naz berhasil mengalahkan BoBoiBoy tetapi gagal untuk mengalahkan Yaya, Ying, dan Gopal. Bora Ra menggunakan kekuatan lubang hitam untuk menghancurkan Rintis Island Park. Ochobot akan diambil oleh geng Tengkotak. Adu Du dan Probe berhasil memasuki pesawat ruang angkasa Tengokotak. Kembali di kota, Fang datang terlambat ke Tok Aba ini Kokotiam.

Papa Zola mengambil selfie sendirian di dermaga. Dia akan dikejutkan oleh kedatangan BoBoiBoy dan teman-temannya. Mereka meminta bantuan untuk menemukan Ochobot. Mereka menemukan petunjuk tentang lokasi pulau terapung, yang dekat mercusuar. Mereka mengambil naik perahu menuju lokasi mercusuar ini. Sementara itu, di pesawat ruang angkasa Tengkotak, Adu Du menemukan Kiki Ta dan jatuh cinta padanya. Probe meminta Bora Ra apakah mereka takut BoBoiBoy datang kembali untuk membantu Ochobot. Bora Ra merasa aneh ketika ia mendengar bahwa BoBoiBoy dan Ochobot teman-teman. Probe menjawab dengan mengatakan bahwa ia dan Adu Du teman-teman. Para anggota Tengkotak lainnya meletus dengan tawa, banyak kemarahan Adu Du. Adu Du dan Bora Ra berakhir di pertengkaran sengit. Namun, mereka terganggu oleh informasi yang BoBoiBoy datang dekat. Bora Ra memberikan Adu Du yang Kurita, cumi-cumi kecil yang membesar bila terkena air. Adu Du dan Probe dengan Kurita kemudian mendapatkan dikeluarkan ke laut.

Sementara itu, Papa Zola menyadari bahwa Adu Du semakin dekat. BoBoiBoy perintah Ying untuk mempercepat perahu menggunakan kekuatannya. Mereka akhirnya menemukan Adu Du dan Probe dan pertanyaan dia tentang keberadaan Ochobot ini. Kurita, terkena air laut, tumbuh dengan ukuran raksasa dan menyerang kapal dan Adu Du. Mereka mencoba untuk mengalahkan Kurita namun gagal. Perahu mempercepat lari dari Kurita, dengan Adu Du dan Probe kecanduan itu. Mereka akhirnya mendarat di pulau besar. Fang mengira dia telah mengalahkan cumi-cumi raksasa, tetapi tiba-tiba cumi-cumi menyerang mereka lagi. Yaya mengangkat perahu, tidak menemukan cumi-cumi yang tersembunyi di bawah mereka. Kurita berenang ke arah mereka. Papa Zola melempar Gopal terhadap cumi-cumi sehingga ia dapat mengubahnya ke makanan, di mana Gopal melakukannya.

Mereka melanjutkan perjalanan mereka dengan berjalan di hutan pulau, dengan Papa Zola makan cumi-cumi goreng. Mereka berkemah di hutan untuk malam. Sementara itu, Yoyo Oo memonitor pergerakan Ochobot ini. Klamkabot - Sphere Daya yang telah menjadi target dari alien - muncul entah dari mana dan serangan Ochobot, kehilangan transmisi yang terakhir. Akibatnya, Bora Ra perintah Yoyo Oo untuk melepaskan mahluk yang dijuluki 'J-Rex'. Kembali di kamp, ​​BoBoiBoy bangun untuk menangis Ochobot ini. Dia dan teman-temannya memutuskan untuk melanjutkan perjalanan mereka tanpa Papa Zola, Adu Du, dan Probe.

Setelah melompat ke dan memasuki gua, Ying akhirnya menemukan Ochobot, yang terlihat sedang 'dikendalikan' oleh Klamkabot. BoBoiBoy buru-buru menyerang Klamkabot, mencurigai dia sebagai salah satu anggota geng Tengkotak sampai Ochobot menghentikannya. Mereka akhirnya mendengarkan cerita Klamkabot tentang dirinya dan ras alien Ata Ta Tiga. Sementara mereka dengan penuh perhatian melakukannya, Bora Ra menemukan mereka dan menyerang mereka. Anak-anak lari dengan bantuan Klamkabot ini. Sementara itu, di kamp, ​​Papa Zola menyadari bahwa ia ditinggalkan sendirian. Dia melihat Adu Du dan Probe dari jauh. Papa Zola mengejar Adu Du dan pertanyaan kepadanya. Adu Du terletak padanya, mengklaim bahwa geng Tengkotak telah menculik BoBoiBoy dan teman-temannya. Kembali di gua, Klamkabot membawa BoBoiBoy dan teman-temannya ke Power Sphere Lab, di mana Spheres diciptakan. Tapi, Bora Ra dan Gaga Naz berikut mereka juga dan menyerang mereka lagi. Setelah mereka melawan Bora Ra dan Gaga Naz, Klamkabot melemparkan mereka ke platform bergerak. Gaga Naz menyerang mereka, menghancurkan platform. Dia menduga anak-anak mati dan karyanya dilakukan. Setelah Bora Ra telah menangkap Klamkabot, mereka kembali ke angkasa mereka. Tanpa diketahui mereka, BoBoiBoy dan teman-temannya yang tersembunyi di bawah platform puing-puing.

Adu Du dan Probe bodoh Papa Zola merasa tanah untuk jejak segar anak-anak '. Papa Zola menjadi marah dari trik ini dan menuntut mereka di mana geng BoBoiBoy ini sedang menuju. Mereka semua mendapatkan serangan mendadak dari J-Rex, mengungkapkan sebagai hiu raksasa dengan kaki, dan melarikan diri ke tempat yang aman dari makhluk itu. Dalam perjalanan, mereka menemukan sebuah bukit untuk turun dan geser di atasnya. Pada akhir bukit, Papa Zola, Adu Du dan Probe diadakan di tepi untuk menghindari mereka dari jatuh. J-Rex juga meluncur ke bawah bukit, tetapi di ambang jatuh, tetapi Papa Zola memberikan tangannya untuk itu. J-Rex, utang untuk menyelamatkan, memutuskan untuk bergabung dengan sisi Papa Zola. Hal ini juga mengancam Adu Du dan Probe dengan musim gugur jika mereka tidak ingin bergabung dengannya juga. Mereka pergi ke pesawat ruang angkasa Tengkotak dan mencoba untuk mengganggu itu. Dengan bantuan J-Rex, mereka berhasil memaksakan itu tetapi akhirnya ditangkap oleh Gaga Naz dan Kiki Ta.

Tim BoBoiBoy tiba di depan pintu Power Sphere Lab, menganggap itu menjadi buntu. Setelah beberapa penyelidikan, namun, pintu terbuka sendiri. Mereka pergi ke laboratorium dan akan disambut oleh komputer laboratorium. Perintah lab komputer Ochobot untuk meng-upgrade. Sementara itu, Klamkabot disiksa oleh Tengkotak Gang dekatnya. Setelah upgrade, Ochobot memiliki penampilan baru. Tiba-tiba, komputer mengatakan kepada mereka bahwa kekuatan teleportasi siap untuk digunakan. Bora Ra dan Yoyo Oo terkejut pada pengetahuan bahwa tidak adanya Klamkabot untuk kekuatan teleportasi. Ochobot mengatakan kepada mereka misi sebenarnya: lari dengan kekuatan oleh teleporting ke tempat yang jauh dari Tengkotak Gang, memastikan kekuatan untuk menjadi aman. BoBoiBoy menjadi sedih dan bertanya apakah ada cara lain. Perintah komputer Ochobot untuk teleport. Namun BoBoiBoy berhenti mereka. Setelah beberapa saat, Yoyo Oo kontak BoBoiBoy. Bora Ra marah dan menuntut untuk memberikan Ochobot dan dengan Papa Zola, Adu Du, dan Probe sebagai sandera-nya. BoBoiBoy enggan memberikan Ochobot ke Tengkotak Gang. BoBoiBoy teleports ke Tengkotak Gang dan memberikan Ochobot kepada mereka. Setelah Ochobot diberikan oleh Gang Tengkotak, Bora Ra kemudian melempar Ochobot jatuh ke bawah.

Alur Cerita[sunting | sunting sumber]

BoBoiBoy embarks pada petualangan teater dengan pertama BoBoiBoy film nya: The Movie. Film ini membawa BoBoiBoy dan teman-temannya pada petualangan di sebuah pulau misterius yang rumah kuno Sfera Kuasa tua dari Ochobot dengan kekuatan yang tak terhitung. BoBoiBoy akan bertemu musuh terberat nya belum, pemburu harta karun asing yang mencari untuk memanfaatkan kekuatan dari Sfera Kuasa ini untuk kebutuhan serakah sendiri. Sekarang perlombaan antara BoBoiBoy dan alien untuk mencapai Sfera Kuasa ini dan membuka kekuatan baru. Mengalami tempat baru yang eksotis, tidak pernah penjahat sebelum dilihat dan kekuatan baru dari BoBoiBoy. BoBoiBoy juga mendapat kekuatan baru, ada empat kekuatan baru yang dimiliki BoBoiBoy: Thorn, Solar, Blaze, dan Ice. Semua kekuatan baru itu adalah pemberian Ochobot Upgrade, pada saat energi terakhirnya. Akhirnya Bora Ra dapat dikalahkan dengan Tembakan Solar.

Sinopsis Resmi[sunting | sunting sumber]

Sekelompok alien jahat yang menamakan diri mereka "Pasukan Tengkotak" datang ke Bumi untuk menculik Ochobot. Tujuan mereka menculik Ochobot adalah sebagai petunjuk untuk mencari asal kekuatan dari Ochobot, yaitu sebuah sfera kuasa (Bahasa Indonesia: bola kekuatan) bernama Klamkabot yang ternyata adalah generasi terdahulu Ochobot. BoBoiBoy dan kawan-kawan, termasuk Adu Du dan Probe, harus berusaha membebaskan Ochobot sekaligus menghalangi Tengkotak mendapatkan sfera kuasa tersebut. Perjalanan mereka akan membawa mereka kepada petualangan yang penuh dengan aksi, komedi dan tempat yang indah.[4]

Karakter[sunting | sunting sumber]

Poster BoBoiBoy: The Movie untuk versi penayangan di Indonesia.
  • BoBoiBoy (Kekuatan: Bumi, Angin, Petir, Blaze, Ice, Solar, Thorn; Pengisi Suara: Nur Fathiah Diaz)
  • Yaya (Kekuatan: Manipulasi Gravitasi; Pengisi Suara: Nur Sarah Alisya)
  • Ying (Kekuatan: Manipulasi Waktu; Pengisi Suara: Yap Ee Jean)
  • Gopal (Kekuatan: Manipulasi Molekul; Pengisi Suara: Dzubir Mohamed Zakaria)
  • Fang (Kekuatan: Manipulasi Bayang; Pengisi Suara: Wong Wai Kay)
  • Ochobot (Generasi 9 Sfera Kuasa; Pengisi Suara: Mohd Fathi Diaz)
  • Klamkabot (Generasi 1 Sfera Kuasa; Pengisi Suara: akan diumumkan)
  • Bora Ra (Kekuatan: Lubang Hitam; Pengisi Suara: Azman Zulkipli)
  • Gaga Naz (Kekuatan: Cybernetic Arms; Pengsi Suara: Mohd Hafiz Ashraf)
  • Yoyo Oo (Kekuatan: Mechamancer; Pengisi Suara: Anas Abdul Aziz)
  • Kiki Ta (Peran: Pilot; Pengisi Suara: akan diumumkan)
  • Cici Ko (Peran: Pesuruh; Pengisi Suara: Helmi Iskandar)
  • Papa Zola (Peran: Guru & Penasihat; Pengisi Suara: Nizam Razak)
  • Tok Aba (Peran: Kakek & Penasihat; Pengisi Suara: Anas Abdul Aziz)
  • Adu Du (Peran: Musuh lama Boboiboy; Pengisi Suara: Anas Abdul Aziz)
  • Probe (Peran: Robot Tempur; Pengisi Suara: Anas Abdul Aziz)

Produksi[sunting | sunting sumber]

Nizam Razak menyatakan bahwa film ini dihitung biayanya RM5 juta, dan ia menggambarkannya sebagai "nilai besar". Film ini dibuat dalam waktu dua tahun.[5] Proses memasukkan suara aktor dimulai sejak film mulai produksi sampai selesai di akhir 2015. Ini dukungan keuntungan film dari National Film Development Corporation Malaysia (FINAS), Multimedia Development Corporation (MDeC), dan Malaysia Animation Creative Content Centre (MAC3). 70 pekerja digunakan untuk memproduksi film ini. Durasi asli film ini 160 menit, tetapi telah disingkat menjadi 100 menit untuk memenuhi standar film anak-anak. [6]

DVD asli film dirilis ke pasar Malaysia pada 28 Mei 2016. DVD dibebaskan dari Rusa Musik dan Animonsta Studios.

Jalur Suara[sunting | sunting sumber]

"Masih Di Sini"
Singel oleh Bunkface
Dirilis 7 Maret 2016
Direkam 2015
Genre Pop
Panjang 4:01
Label Bunkface Production Sdn Bhd
Pencipta Sam Bunkface
Produser Animonsta Studios
"Di Bawah Langit Yang Sama"
Singel oleh D'Masiv
Dirilis 22 Januari 2016
Direkam 2016
Genre Pop
Panjang 3:54
Label Musica Studio's
Pencipta Iksan Skuter
Produser Animonsta Studios

Film ini memiliki dua jalur suara asli, masing-masing berjudul "Masih Di Sini" oleh Bunkface dan "Di Bawah Langit Yang Sama" oleh D'Masiv.

"Di Bawah Langit Yang Sama" pertama kali dirilis untuk umum di iTunes pada tanggal 22 Januari 2016 dan video klip yang dirilis di YouTube pada 5 Februari 2016. Sementara, "Masih Di Sini" dirilis satu hari sebelum rilis film di Malaysia dan dirilis di iTunes pada tanggal 7 Maret 2016. Lagu ini digunakan dalam trailer dan sebagian besar di adegan pertempuran, sementara di Bawah Langit yang Sama digunakan dalam ending film.[butuh rujukan]

Promosi[sunting | sunting sumber]

Animonsta Studios mengumumkan pada bulan Juni 2013 yang proyek Daya Sphere yang diharapkan untuk rilis pada tahun 2014. Proyek ini mengumumkan unggulan Klamkabot dan BoBoiBoy dengan kekuatan api.[7] Kemudian, proyek ini ditunda sampai akhir tahun 2015, di mana Animonsta Studios merilis video pertama mereka dari film, BoBoiBoy: The Movie teaser resmi di YouTube pada Februari 2015.[8] Setelah 7 bulan, Animonsta Studios merilis trailer resmi dari film di YouTube, yang telah menyatakan bahwa film ini akan dirilis di bioskop pada 2016.[9]

Pada tanggal 21 Desember 2015, Animonsta Studios secara resmi mengumumkan tanggal acara untuk bioskop Malaysia di akun Facebook resmi mereka yang merupakan 3 Maret 2016. Tanggal menunjukkan untuk bioskop Indonesia diumumkan pada 30 Desember 2015 yang merupakan 13 April 2016. Pada bulan Februari 2016, Animonsta Studios merilis trailer resmi kedua mereka di YouTube.

Animonsta Studios akan mempromosikan film ini pada 2016 Tokyo Anime Penghargaan Festival Maret 2016. Mereka berada di sebuah diskusi untuk membawa film ini ke Kazakhstan.[10] Ada juga beberapa rencana untuk membawa film ini ke negara-negara terdekat seperti Thailand, Filipina, Vietnam dan Kamboja yang mengungkapkan minat mereka dalam film ini.[11] Film ini ditampilkan di 115 bioskop di Malaysia, [12] 100 di Indonesia, dua di Brunei, dua di Singapura, tiga di Hong Kong dan tiga di Macau. Untuk pasar Indonesia, film ini diputar di CGV Blitz, Cinemaxx dan Platinum.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Days of screening Cumulative sales
1 hari (3 Maret) RM 500,000 (USD 120,000)
2 hari (4 Maret) RM 1 million (USD 240,000)[13]
3 hari (5 Maret) RM 2 million (USD 490,000)[14]
4 hari (6 Maret) RM 3.5 million (USD 860,000)[15]
9 hari (11 Maret) RM 5 million (USD 1.25 million)[16]
11 hari (13 Maret) RM 8 million (USD 1.95 million)[12]
12 hari (14 Maret) RM 8.5 million (USD 2.1 million)[17]
14 hari (16 Maret) RM 10 million (USD 2.47 million)[18]
15 hari (17 Maret) RM 10.5 million (USD 2.59 million)[19]
17 hari (19 Maret) RM 13 million (USD 3.2 million)[20]
20 hari (22 Maret) RM 14 million (USD 3.49 million)[21]
25 hari (27 Maret) RM 15 million (USD 3.73 million)[22]
40 hari (11 April) RM 16 million (USD 4.12 million)[23]

Animonsta Studios ditargetkan RM25 juta (Rp 6 juta) untuk film ini, dengan RM12-13 juta (USD 3-3200000) target untuk Malaysia dan Brunei pasar, dan RM12-13 juta (AUD 4-4240000) target untuk pasar Indonesia. Film ini mendapat tempat di Book Malaysia of Records setelah meraup lebih dari RM500,000 pada hari pertama rilis di Malaysia, menjadikannya sebagai film paling sukses pada hari pertama untuk film Malaysia. Setelah empat hari, film ini mendapatkan nilai yang sangat tinggi yaitu RM 3,5 juta. Setelah 11 hari, film ini telah membuat namanya sebagai film terlaris tertinggi animasi Malaysia, mengalahkan Geng: The Adventure Begins yang meraup RM6.3 juta. Film ini mencapai target mereka setelah 17 hari di Malaysia karena mereka telah mengumpulkan RM13 juta, melebihi target mereka untuk pasar Malaysia. Film ini diputar di gedung bioskop Malaysia untuk 58 hari. Film ini mendapat review yang sangat positif dari penonton dan kritikus.

Untuk pasar Indonesia, film ini berhasil mendapatkan lebih dari 5 milyar rupiah (RM 1,48 juta) setelah 12 hari.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b ""LOCK THIS DATE! BoBoiBoy The Movie! 3 Mac 2016 di Malaysia! 13 April 2016 di Indonesia! Bersama kita berjuang bersama BoBoiBoy! Terbaik!"". Facebook. Diakses tanggal 6 Januari 2016. 
  2. ^ a b "Animonsta Akan Hadir Dengan Filem Animasi Baru – Boboiboy : Sfera Kuasa". amanz.my. Diakses tanggal 14 Februari 2015. 
  3. ^ "Boboiboy The Movie sasar RM25 juta". Kosmo!. Diakses tanggal 12 Februari 2016. 
  4. ^ Sinopsis di BoboiBoyMovie.com
  5. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama bbbthemoviesh
  6. ^ "#8Extra - Boboiboy - The Movie" TonTon Extra. 23 February 2016. Retrieved 1 March 2016.
  7. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama boboiboysferakuasa
  8. ^ "BoBoiBoy: The Movie Official Teaser" YouTube. 16 February 2015. Retrieved on 17 November 2015.
  9. ^ "BoBoiBoy: The Movie Official Trailer #1" YouTube. 25 September 2015. Retrieved on 17 November 2015.
  10. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama bbtmhm
  11. ^ "BoBoiBoy: The Movie sasar kutip RM25j" Berita Harian. 2 February 2016. Retrieved on 10 February 2016.
  12. ^ a b "Boboiboy: The Movie proves box office beast at RM8mil after only 10 days" New Straits Times Online. 14 March 2016. Retrieved on 14 March 2016.
  13. ^ "BoBoiBoy's Official Facebook Post" Facebook. 6 March 2016. Retrieved on 7 March 2016.
  14. ^ "Animasi Boboiboy Berjaya Mengutip RM 2 Juta Dalam 3 Hari Pertama Tayangan" Amanz. 6 March 2016. Retrieved on 7 March 2016.
  15. ^ "Boboiboy hits the RM3.5 million mark after only four days" New Straits Times. 8 March 2016. Retrieved in 10 March 2016.
  16. ^ "'Boboiboy The Movie' smashes RM5 million box office mark" New Straits Times Online. 12 March 2016. Retrieved on 12 March 2016.
  17. ^ "BoBoiBoy The Movie: Review & Kutipan Promo" YouTube. 16 March 2016. Retrieved on 19 March 2015.
  18. ^ "BoBoiBoy The Movie telah berjaya mendapat kutipan filem SEBANYAK RM10 JUTA! Terima kasih kepada semua peminat kami!" Facebook. 17 March 2016. Retrieved on 17 March 2016.
  19. ^ "Boboiboy: The Movie hits RM10.5m mark, now among top 5 highest grossing local movies" New Straits Times Online. 17 March 2016. Retrieved on 18 March 2016.
  20. ^ "Boboiboy The Movie puts up a solid box office showing of RM13mil" New Straits Times Online. 20 March 2016. Retrieved on 20 March 2016.
  21. ^ "Boboiboy The Movie, RM14 million and counting..." New Straits Times Online. 23 March 2016. Retrieved on 23 March 2016.
  22. ^ "Boboiboy The Movie closed the weekend with RM15 million" New Straits Times Online. 28 March 2016. Retrieved on 29 March 2016.
  23. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama gross16million

Pranala luar[sunting | sunting sumber]