Bola Kampung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bola Kampung
GenreAnimasi, Olahraga
PembuatAnimasia Studios
Lagu pembuka"Bola Kampung"
Lagu penutup"Ai Senshi"
Negara asalMalaysia Barat
Malaysia Timur
Bahasa asliBahasa Melayu
Jmlh. musim5
Jmlh. episode65 (5 musim x 13 Episode)
Produksi
Produser eksekutifAdnan Mansor
Durasi30 menit per episode
Rilis asli
JaringanRTM1 (musim 1-4)
Disney Channel Asia (musim 1-4)
Cartoon Network (Asia) (BK X)
TV2
MNCTV, RTV
Format gambaranimasi
Rilis2006 –
sekarang

Bola Kampung adalah sebuah serial televisi animasi buatan Malaysia yang diproduksi oleh Animasia Studios, mengisahkan gairah sekelompok anak-anak luar bandar dalam memainkan sepak bola dan impian mereka untuk mewakili sekolah mereka dalam olahraga tersebut. Serial Bola Kampung aslinya dibikin dan disiarkan dalam bahasa Malaysia di RTM1, tetapi kini juga di alih suara ke bahasa Inggris dan bahasa-bahasa lain dengan membawa judul Football Kids untuk tayangan oleh Disney Channel di 16 negara sejak akhir tahun 2007, selaku terbitan "buatan MSC Malaysia" terulung yang mencapai pasar internasional.[1] Sehingga hari ini, Bola Kampung sudah disiarkan empat musim di televisi Malaysia.

Pada tahun 2011, serial Bola Kampung diperbaharui dengan serial Bola Kampung X yang ditayangkan perdana di Cartoon Network mulai 4 Juni.[2]

Ringkasan[sunting | sunting sumber]

Bola Kampung mengisahkan sekelompok anak-anak yang tinggal di Kampung Gong Lechar, daerah Pohon Bambu, yang menggilai sepak bola, itupun hanya memainkan karena minat semata-mata. Ini berubah ketika kepala sekolah mereka dan pelatih sepak bola baru, Abdul Rahman, mendirikan sebuah tim bola untuk tanding di turnamen antara sekolah. Iwan, yaitu karakter utama serial Bola Kampung, menjadi pemimpin tim sepak bola sekolahnya ini, tetapi ditentang oleh ayahnya yang, ironik sekali, pernah memainkan dalam tim nasional sepak bola, gara-gara tidak mau anaknya mengalami nasib malang seperti dirinya. Namun, dengan dukungan kawan karibnya Azizul dan Sabok, Iwan berhasil meredah segala rintangan, sekaligus menjadi nadi tim. Bersama-sama, Iwan dan rekan-rekannya bertarung dengan tantangan yang mendatang untuk mencapai impian masing-masing.[3]

Karakter[sunting | sunting sumber]

  • Iwan - Karakter utama Bola Kampung ini adalah seorang yang periang dan memiliki impian untuk mewakili tim negara. Bermain di posisi tengah, dia sering membuat pengiriman tepat dan berbahaya. Peminat cilik Yuri Sakazaki ini dianggap sebagai "nadi utama" pasukannya.
  • Sabok - Seorang kawan karib kepada Iwan. Kelebihannya sebagai pemain sayap kanan merupakan kemampuannya mengontrol bola dengan kedua belah kaki. Dia bijak menciptakan kesempatan di depan gol dengan menggelecek pertahanan lawan. Dia dianggap sebagai "pakar" mengambil tendangan gratis.
  • Azizul - Kekuatannya sebagai pemain sayap kiri adalah lari cepat dan pengiriman tepat. Kakinya yang kuat tepercaya adalah kontribusi kerja-kerja membantu ayahnya di sawah bendang.
  • Kumar - Dia selalu khawatir akan tahap keterampilan dan kemampuannya menjaring gol. Ini, di samping kegemukannya, menjadi kurang menyengat sebagai penyerang. Oleh karena itu dia harus bekerja keras untuk meraih tempat di tim utama.
  • Santokh - Seorang yang kuat ego dan amat kompetitif. Dia percaya yang dirinya adalah yang terbaik dan tidaka akan berkompromi dengan siapa yang menentangnya. Memiliki bakat yang hebat, dia sangat disegani oleh pemain bertahan dengan lari cepat dan tembakan derasnya.
  • Szeto - Reputasi Szeto sebagai salah seorang penjaga gawang terbaik di daerah Pohon Bambu adalah hasil dari dedikasi menolong bapaknya mengopek kelapa setiap hari.
  • Ah Hock - Meskipun rekan baik kepada Santokh, tetapi Ah Hock yang berhati baik ini selalu mengizinkan keputusannya dipengaruhi oleh Santokh. Dia adalah pemain yang biasa saja kemahirannya.
  • Amad dan Amid - Pasangan kembar dalam tim ini bermain di posisi pertahanan bersama-sama. Mereka sangat agresif dan memiliki semangat juang yang tinggi. Kemampuan di udara dan terjahan keras membuat mereka antara pemain pertahanan yang terbaik di daerah.
  • Nasha - Dia adalah anak ke Tok Ketua (ketua kampung) dan juga seorang rekan baik Iwan. Dia juga meminati sepak bola dan percaya bahwa usaha tanpa mengerti jemu akan membawa hasil yang lumayan.
  • Tik-Tok - Dia adalah karakter yang jarang terlihat,dia adalah orang gila yang sering mengganggu Iwan latihan
  • Sanghorjek - Sanghorjek adalah tukang ojek yang membenci sepak bola. Dia merupakan tokoh yang jarang terlihat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]