Tok Aba

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tok Aba
Tokoh BoBoiBoy
Penampilan Tok Aba di BoBoiBoy Galaxy
Penampilan
perdana
BoBoiBoy Musim 1, Episode 1 (2011)
Pengisi suara
Informasi
AliasTok Aba
Julukan
SpesiesManusia
Jenis kelaminLaki-Laki
PekerjaanPemilik toko Tok Aba dan BoBoiBoy Kokotiam
Keluarga
AnakAmato
AgamaIslam
KewarganegaraanMalaysia Malaysia

Tok Aba (lahir pada 28 Januari) adalah tokoh dalam animasi BoBoiBoy dan Mechamato yang berperan sebagai kakek BoBoiBoy dan ayah Amato. Tok Aba memiliki sebuah toko bernama Tok Aba dan BoBoiBoy Kokotiam yang terletak di Pulau Rintis. Minuman cokelatnya sangat terkenal, hingga dianggap sebagai kakao terbaik di galaksi oleh Adu Du.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah awal[sunting | sunting sumber]

Tok Aba telah menikah dengan seorang individu yang tidak diketahui. Dari pernikahan tersebut, mereka mendapat seorang anak laki-laki yang diberi nama Amato, yang kemudian mendapatkan seorang anak laki-laki bernama BoBoiBoy. Tok Aba dikatakan agak ahli dalam penciptaan dan memperbaiki peralatan mekanis yang rusak, tetapi akhirnya memilih untuk membuka toko Tok Aba's Kokotiam[pranala nonaktif permanen] sebagai bisnis restorannya sendiri pada tahun 1977.

Probe juga mengatakan bahwa BoBoiBoy jarang bertemu dengan Tok Aba, sehingga menyebabkan mereka kadang-kadang hampir tidak mengenali satu sama lain. Tetapi, setelah mereka bertemu kembali, BoBoiBoy sering menghabiskan waktunya dengan Tok Aba.

BoBoiBoy[sunting | sunting sumber]

Tok Aba pertama kali terlihat menunggu BoBoiBoy di Stasiun Kereta Api Pulau Rintis tetapi karena BoBoiBoy dan Tok Aba jarang bertemu, mereka malah salah memeluk orang lain pada pertemuan mereka dalam Musim 1 Episode 1. Tok Aba memarahi BoBoiBoy dan Yaya akibat mereka bertengkar karena merugikan dan tidak ada pelanggan yang datang ke toko Tok Aba's Kokotiam.

Suatu hari apabila BoBoiBoy Angin dan BoBoiBoy Tanah bertengkar setelah kehilangan ingatan dan saling menyalahkan, karena mereka sama. Tok Aba menghentikannya dengan menjewer telinganya pada Musim 1, Episode 6. Tok Aba masih peduli dengan mereka dan dia menegur Gopal setelah ia memukul kepala BoBoiBoy yang bertujuan untuk membuat ingatan mereka pulih.

Dalam musim ke-2, BoBoiBoy kembali ke Pulau Rintis untuk berjumpa semula dengan Tok Aba dan menyambung pelajarannya dengan teman-temannya. Tok Aba juga telah mengubah nama tokonya sebagai "Tok Aba dan BoBoiBoy Kokotiam".

Dalam pertarungan BoBoiBoy vs Ejo Jo Finale, Tok Aba telah meminjam Jam Kuasa milik Ying untuk mengganggu Ejo Jo dari mengeluarkan Naga Bayang dan menelan para pahlawan. Ia dikembalikan kembali kepada Ying selepas dia dibebaskan dari Kokun Bayang. Sementara itu, Tok Aba masih meneruskan karirnya di toko dan menjaga BoBoiBoy sepanjang seri.

BoBoiBoy Galaxy[sunting | sunting sumber]

Setelah peristiwa yang terjadi dalam film, Tok Aba tetap menjadi penjaga BoBoiBoy dan meneruskan karirnya di tokonya bersama BoBoiBoy dan Ochobot. Tok Aba telah menyambut kedatangan Koko Ci dan MotoBot di tokonya dan membuat minuman untuk mereka.

Tok Aba kemudiannya mengucapkan perpisahan kepada cucunya saat dia dengan teman-temannya memulai pengembaraan galaksi sebagai anggota TAPOPS. Tok Aba juga telah biasa melakukan kerjanya sendirian sepanjang hari, tetapi kadang-kadang disanjung oleh kehadiran Papa Zola yang teleportasi kembali ke Bumi kerana homesick.

Tok Aba kemudian ditampilkan sekali lagi dalam episode Loopa Lupa?, beliau menyambut kepulangan cucunya dari karirnya dengan TAPOPS. Beliau mempunyai pertemuan dengan BoBoiBoy sebelum memberitahu Papa Zola bahwa Mama Zila mempunyai pesanan daftar bahan makanan untuk dibelinya sebelum mereka pulang ke rumah.

Kemahiran[sunting | sunting sumber]

Tok Aba mahir sebagai barista dan ditunjukkan untuk dapat membuat berbagai jenis minuman. Minuman baru sentiasa diperkenalkan, menunjukkan bahwa dia melakukan percobaan dengan coklat beliau. Beliau juga mempunyai banyak daya tahan untuk seseorang yang berumur, mampu mengendalikan toko coklat itu sendiri tanpa kesia-siaan dalam kesibukan.

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Tok Aba mempunyai bentuk kepala yang agak bujur jika dibandingkan dengan wajah BoBoiBoy dan teman-temannya yang serba kebulatan serta dia memakai kacamata yang lebih kecil daripada matanya. Tok Aba sering memakai peci dan baju biru bercorak kotak-kotak serta menggunakan celana yang berwarna biru tua dan sepatu putih.

Kepribadian[sunting | sunting sumber]

Tok Aba adalah seorang penjaga toko, tetapi sedikit tegas dengan anak-anak di sekitarnya tetapi tetap mesra dan kadang-kadang bercanda. Dia menginginkan yang terbaik pada cucunya, BoBoiBoy dan sebab itulah dia ingin BoBoiBoy menolongnya menjaga tokonya. Dengan cara itu, Tok Aba dan BoBoiBoy Kokotiam boleh terus maju ke depan.

Berdasarkan konsep awal, Tok Aba digambarkan sebagai pendisiplin tegar yang mempunyai rotan untuk menghajar cucunya jika dia nakal. Tetapi, seperti yang ditunjukkan Tok Aba adalah seorang yang penyayang, mesra, lucu dan baik hati. Namun, dia masih tegas jika kalau cucu atau anak-anak lain melakukan kesalahan dengan cara menasihati mereka.

Dalam Kebenaran Raya, Tok Aba setuju dengan tanggungjawab cucunya walaupun dia kecewa dengannya jika tidak pulang ke Bumi untuk beraya bersamanya karena misi penting, tetapi dalam masa yang sama memahami tanggungjawab cucunya itu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]