Bendera Sahara Barat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Republik Demokratik Arab Sahrawi
Pemakaian Bendera nasional Simbol vexillologis kecil atau piktogram berwarna hitam putih yang menunjukkan perbedaan penggunaan bendera Sisi sebaliknya adalah bayangan cermin dari sisi depan
Perbandingan 1:2[1]
Dipakai 27 Februari 1976; 47 tahun lalu (1976-02-27)
Perancang El Uali Mustafá Sayed

Sahara Barat (Arab: علم الصحراء الغربية) merupakan teritori di baratlaut Afrika, berbatasan dengan Maroko di utara, Aljazair di timurlaut, Mauritania di timur dan selatan, dan Samudera Atlantik di barat. Merupakan salah satu teritori berpenduduk sedikit di dunia, sebagian besar berupa gurun pasir. Kota terbesarnya adalah El Aaiún (Laâyoune), yang menjadi rumah bagi setengah penduduk teritori itu.

Sahara Barat telah masuk dalam Daftar Teritori Pemerintahan Non-Pribadi Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak 1960-an ketika merupakan koloni Spanyol.

Teritori ini diatur oleh Maroko. Front Polisario dan pemerintah terusir Republik Demokratik Arab Sahrawi atau RDAS mengklaim kemerdekaan teritori itu.

Bendera yang digunakan di Sahara Barat:

  • Bendera Maroko

Bendera Maroko digunakan secara luas di teritori ini.

  • Bendera yang digunakan oleh Republik Demokratik Arab Sahrawi:

Bendera Republik Demokratik Arab Sahrawi digunakan oleh Polisario dan Republik Demokratik Arab Sahrawi dalam komunikasi umum dan resmi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Protocol Section of the Office of the President of the Republic (Juni 1987)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]