Bastet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bastet
Bastet dewi kucing
Bastet Dewi Pelindung, Kucing, Mesir Bawah, Matahari dan Bulan
Nama dalam hiroglif
W1tB1
Pusat pemujaanBubastis
Simbolkucing, singa betina, sistrum
OrangtuaRa, Atum


Bastet sebagai kucing

Bast (namanya juga dieja Bast, Baast, Ubasti atau Baset[1]) adalah dewi perlindungan dan kucing di Mesir Kuno. Ia adalah putri dari Ra, sang dewa matahari. Dewi ini dipuja semenjak masa Dinasti Kedua.

Pusat pemujaannya terletak di Per-Bast (Bubastis dalam bahasa Yunani).

Bastet digambarkan sebagai seorang perempuan dengan kepala kucing yang jinak. Namun, sampai 1000 SM ia digambarkan sebagai singa betina. Ketika Ra menghancurkan musuhnya Apep, Bastet biasanya digambarkan sebagai kucing. Ketika digambarkan sebagai kucing, dia dihubungkan dengan bulan (anaknya Khonsu adalah dewa bulan). Ketika ditampilkan sebagai singa betina, ia dikaitkan dengan sinar matahari.

Bast adalah dewi api, kucing, pelindung rumah dan wanita hamil. Menurut salah satu mitos, dia adalah personifikasi jiwa Isis. Dia juga disebut sebagai "Putri dari Timur".

Bastet seperti halnya kucing memiliki dua sisi kepribadiannya, jinak dan agresif. Dia jinak dan lembut dipandang di samping tugasnya sebagai pelindung rumah, dan wanita hamil, serta agresif karena sifat alaminya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Badawi, Cherine. Footprint Egypt. Footprint Travel Guides, 2004.

Bacaan selanjutnya[sunting | sunting sumber]

  • Malek, Jaromir (1993). The Cat in Ancient Egypt. London: British Museum Press. 
  • Otto, Eberhard (1972–1992). "Bastet". Dalam W. Helck; et al. Lexicon der Ägyptologie. 1. Wiesbaden. hlm. 628–30. 
  • Quaegebeur, J. (1991). "Le culte de Boubastis - Bastet en Egypte gréco-romaine". Dalam Delvaux, L.; Warmenbol, E. Les divins chat d'Egypte. Leuven. hlm. 117–27. 
  • Quirke, Stephen (1992). Ancient Egyptian Religion. London: British Museum Press. 
  • Bakr, Mohamed I.; Brandl, Helmut (2010). "Bubastis and the Temple of Bastet". Dalam M. I. Bakr; H. Brandl; F. Kalloniatis. Egyptian Antiquities from Kufur Nigm and Bubastis. Cairo/Berlin. hlm. 27–36.  ISBN 978-3-00-033509-9
  • Bernhauer, Edith (2014). "Stela Fragment (of Bastet)". Dalam M. I. Bakr; H. Brandl; F. Kalloniatis. Egyptian Antiquities from the Eastern Nile Delta. Cairo/Berlin. hlm. 156–157.  ISBN 978-3-00-045318-2

Pranala luar[sunting | sunting sumber]