Khnum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Khnum
Dewa sumber sungai Nil
Khnum.svg
Dewa Mesir Khnum biasanya digambarkan dengan kepala ram
Pusat pemujaanElefantin, Esna
SimbolRoda tembikar
SelirHeqet, Satis, dan Neith
KeturunanHeka, Serket dan Anuket
W9E10
Khnum
dalam Hieroglif

Khnum atau juga diromanisasi Khnemu (dalam Bahasa Yunani Kuno: Χνούμ) adalah dewa riam dan kekuatan kreatif dalam Mitologi Mesir. Dia mengendalikan banjir sungai Nil dengan membuka gua Hapi di Elefantin, tempat banjir itu berada. Dia memainkan peran utama dalam kehidupan sehari-hari bangsa Mesir, melindungi mereka dari kelaparan.

Khnum adalah dewa yang sangat kuno yang secara paradoks dikenal terutama berkat teks-teks yang agak baru (abad ke-I) yang terukir di dinding kuil Esna. Menurut tradisi, ia menempatkan bayi yang baru lahir di buaian mereka. Khnum membentuk ciptaannya di atas roda tembikar dengan lumpur dari sungai Nil, untuk memberi mereka kehidupan dan membentuk Ka mereka.

Dia diwakili dalam kedok seorang pria dengan kepala ram, memegang salib (Ankh) dan terkadang langsung direpresentasikan dalam bentuk ram.[1]

Khnum terutama dipuja di Elefantin dan Esna.[2] Sebuah kuil juga didedikasikan untuknya di pulau Philae, yang ditemukan di selusin kota di Mesir dalam berbagai bentuk. Khnum, Satis (Satet) dan Anuket (Anket) membentuk triad Elefantin.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kathryn Bard (1999). Encyclopedia of the Archaeology of Ancient Egypt. Psychology Press, 1999
  2. ^ Wilkinson, Richard H. The Complete Temples of Ancient Egypt. Thames and Hudson, 2000. ISBN 0-500-05100-3

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Media terkait Khnum di Wikimedia Commons