Nu (mitologi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Nun, dewa air

Dalam mitologi Mesir, Nu adalah pendewaan primordial jurang kekelaman berair. Dalam kosmogoni Ogdoad, namanya berarti jurang kekelaman.

Karena menjadi sebuah konsep, Nu dipandang tidak memiliki jender, namun memiliki aspek yang dapat direpresentasikan sebagai wanita atau pria seperti kebanyakan dewa Mesir lain. Naunet (juga diucapkan Nunet) adalah aspek wanita, yang mana nama Nu ditampilkan dengan akhiran jender wanita. Aspek pria, Nun, ditampilkan dengan akhiran jender pria. Seperti konsep primordial tiga empat Ogdoad lainnya, aspek pria Nu digambarkan dengan kodok, atau pria kepala kodok. Dalam kesenian Mesir kuno, Nun juga muncul sebagai pria berjenggot dengan kulit biru-hijau yang merepresentasikan air. Naunet direpresentasikan dengan ular atau wanita berkepala luar.

Historis[sunting | sunting sumber]

Dimulai dengan Kerajaan Tengah Nun digambarkan sebagai "Bapa of the Dewa" dan ia digambarkan pada dinding kuil sepanjang sisa sejarah agama Mesir Kuno.

The Ogdoad termasuk bersama dengan Naunet dan Nun, Amaunet dan Amun , Hauhet dan Heh , dan Kauket dengan Kuk . Seperti dewa Ogdoad lainnya, Nu tidak memiliki kuil atau pusat ibadah. Meski begitu, Nu kadang-kadang diwakili oleh danau suci  , atau, seperti di Abydos , oleh sungai bawah tanah .

Penggambaran[sunting | sunting sumber]

Dalam "Kitab Gerbang", Nu digambarkan dengan tangan terangkat memegang " solar kulit " (atau barque, sebuah perahu ). Perahu ditempati oleh delapan dewa, dengan scarab dewa "Khepri" berdiri di tengah dikelilingi oleh tujuh dewa lainnya.

Selama periode akhir ketika Mesir menjadi diduduki, aspek negatif dari Nun (chaos) menjadi persepsi dominan, yang mencerminkan kekuatan gangguan yang dilepaskan di dalam negeri.