Ammit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ammit (/ˈæmɪt/; bahasa Mesir: ꜥm-mwt, "pemakan kematian";[1] kadang-kadang Ammut atau Ahemait) adalah dewi mesir kuno yang di kenal juga sebagai Dewi Penghakiman bagi manusia yang tidak memiliki hati yang seimbang dalam segi kebenaran. Diantara gelarnya ialah Pemakan Kematian, Pemakan Hati, dan Dewi Kematian.[2] Dewi Ammit di gambarkan bertubuh setengah Singa, setengah Kudanil dan berkepala Buaya.[3]

Selain mengambil wujud bagai gabungan ketiga hewan buas kuno tersebut, ia juga dikenal sebagai seorang dewi yang mewakili pemakaman, dengan gelar Pemakan Orang-orang Mati, Pemakan Jantung-jantung, dan Kematian yang Agung.

Dewi tersebut hidup di dekat timbangan keadilan dalam alam baka kepercayaan Mesir, yaitu Duat. Dalam Hall of Two Truths, Anubis menimbang jantung seseorang terhadap bulu Ma'at, dewi kebenaran yang terlihat seperti bulu burung unta yang umumnya tampak di dalam hiasan kepala Ma'at

Bila jantung tersebut dihakimi tidak murni, maka tugas Ammit pula untuk memakannya. Orang yang jantungnya dimakan oleh Ammit tidak diperbolehkan untuk melanjutkan perjalanannya ke Osiris dan keabadian. Seketika dimakan, jiwanya akan menjadi selamanya tersesat, yang juga dianggap "kematian kali kedua".

Ammit juga dipercaya untuk menjaga di tepi sebuah danau penuh dengan api, di mana jantung-jantung yang tidak layak dibuang ke danau tersebut untuk dihancurkan. Beberapa peneliti juga percaya bahwa identitas Ammit sendiri mengusung konsep yang sama dengan kehancuran. Maka dari itu Ammit justru ditakuti ketimbang disembah oleh orang-orang Mesir kuno.

Penggambaran[sunting | sunting sumber]

Ammit biasanya digambarkan dengan kepala buaya, kaki depan dan tubuh bagian atas singa (terkadang juga digambarkan sebagai tubuh bagian atas macan tutul atau harimau), dan kaki belakang dan tubuh bagian bawah kuda nil. Kombinasi dari ketiga pemangsa mematikan ini menunjukkan bahwa tidak ada jiwa jahat yang dapat lolos dari pemusnahan Ammit.[4] Ammit juga digambarkan dengan dewa-dewa Mesir lainnya yang menimbang hati seseorang setelah mereka meninggal, dan disinilah nasib seseorang diputuskan.[5] Jika seseorang dianggap jahat, Ammit akan menghancurkan hati dan orang tersebut dimusnahkan.[4]

Budaya populer[sunting | sunting sumber]

Saba Mubarak memerankan Ammit dalam serial televisi Marvel Cinematic Universe (MCU) Moon Knight (2022).[6]

Dalam serial Rick Riordan, The Kane Chronicles, Ammit juga digambarkan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Erman, Adolf; Grapow, Hermann (1926-1961) Wörterbuch der ägyptischen Sprache, Berlin: Akademie-Verlag, volume 1, page 184.9
  2. ^ Hart, George (2005). The Routledge Dictionary of Egyptian Gods and Goddesses, Second Edition. Routledge. ISBN 978-0-203-02362-4. 
  3. ^ INDOZONE (2 April 2022). "Mitologi Ammit, Dewi Penghakiman Mesir Kuno yang Siap Melahap Jantung Manusia". indozone.id. Diakses tanggal 24 September 2022. 
  4. ^ a b Hart, George; George, Hart (April 8, 1986). A Dictionary of Egyptian Gods and Goddesses (dalam bahasa English) (edisi ke-1st). Taylor & Francis Group. hlm. 3–4. ISBN 9780203136447. 
  5. ^ Bunson, Margaret (2012). "Judgment Halls of Osiris". Encyclopedia of Ancient Egypt (dalam bahasa English) (edisi ke-3rd). Facts On File. 
  6. ^ "Who Voices Ammit In Moon Knight's Final Episode?". ScreenRant (dalam bahasa Inggris). 2022-05-04. Diakses tanggal 2022-05-10.