Mehen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Mehen adalah dewa pelindung digambarkan sebagai ular yang melingkari dewa matahari Ra selama perjalanannya sepanjang malam, kisahnya terdapat di Amduat.[1]

Dewa Ular[sunting | sunting sumber]

Mehen dalam Mitologi Mesir, yang berarti ''yang melingkar'', merujuk pada dewa ular mitologis dan permainan papan.[2]

Bukti keberadaan paling awal ke Mehen muncul di Teks Peti Mati.[3]

Dalam kamus Jerman-Mesir karya R. Hannig[4]disebutkan bahwa ular Mehen (mḥn) atau Mehenet (mḥnt) setara dengan Ouroboros.

Hubungan antara Dewa Ular dan Permainan Mehen[sunting | sunting sumber]

Hubungan yang tepat antara dewa dan Mehen (permainan) tidak diketahui. Misalnya, tidak diketahui apakah permainan tersebut berasal dari karakter mitologis, atau karakter tersebut berasal dari permainan itu sendiri.

Mehen dengan batu permainan, dari Abydos, Mesir , 3000 SM, Museum Neues

Diketahui bahwa objek yang dikenal sebagai mehen lebih menggambarkan permainan daripada pemujaan religius karena di terdapat studi lukisan di kuburan dan papan permainan serta peralatan hal ini. Aturan dan metode bermain permainan tidak diketahui, meskipun aturan telah dibuat di zaman modern berdasarkan penilaian tentang bagaimana permainan itu dimainkan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hornung, Erik (1999). The Ancient Egyptian Books of the Afterlife (dalam bahasa Inggris). Cornell University Press. ISBN 978-0-8014-8515-2. 
  2. ^ "a game board". www.ucl.ac.uk. Diakses tanggal 2020-08-28. 
  3. ^ Wilkinson, Richard H. (2003). The Complete Gods and Goddesses of Ancient Egypt (dalam bahasa Inggris). Thames and Hudson. ISBN 978-0-500-05120-7. 
  4. ^ Goldwasser, Orly; Gôldwasser, Ôrlî (2002). Prophets, Lovers and Giraffes: Wor(l)d Classification in Ancient Egypt (dalam bahasa Inggris). Otto Harrassowitz Verlag. ISBN 978-3-447-04590-2. 

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

Mehen di BoardGameGeek