Basilika San Piero a Grado, Pisa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika San Piero a Grado
Fasad
Agama
AfiliasiGereja Katolik Roma
ProvinsiPisa
Lokasi
LokasiPisa, Italia
Arsitektur
TipeGereja
Gaya arsitekturRomanesque
Peletakan batu pertamaAbad ke-10
RampungAbad ke-12

San Piero a Grado (Italia: Basilica di San Pietro Apostolo) adalah sebuah gereja Katolik di Pisa, Toskana, Italia, di eponymous frazione 7 kilometer (4,3 mi) di sebelah barat pusat kota. Gereja itu terletak di tempat yang dulunya adalah pelabuhan Republik Pisa yang sekarang menghilang, di mana, menurut legenda, Santo Petrus mendarat di Italia dari Antiokhia pada tahun 44 M.[1]

Sejarah dan ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Penggalian arkeologi telah menunjukkan adanya bangunan Palaeo-Kristen di daerah tersebut, dibangun di atas bangunan sipil Romawi, yang kemudian digantikan oleh gereja yang lebih besar pada awal Abad Pertengahan (abad ke-8 hingga ke-9). Konstruksi saat ini, dimulai pada abad ke-10 dan direnovasi pada akhir abad ke-11 hingga awal abad ke-12, memiliki denah basilika dengan nave dan dua gang. Yang tidak biasa adalah keberadaan fasad apse, kemungkinan dibangun setelah runtuhnya fasad akibat banjir Sungai Arno. Pintu masuknya ada di sisi utara.

Bagian luarnya, terbuat dari batu dengan asal yang berbeda, ditandai dengan strip pilaster dan lengkungan yang di atasnya terdapat cekungan keramik yang berharga (aslinya ada di Museum Nasional St Matius di Pisa) Islam, Manufaktur Majorca dan Sisilia dihiasi dengan motif geometris dan figuratif (abad ke-10 hingga ke-11).

Menara lonceng abad ke-12 dihancurkan pada tahun 1944. Hanya pangkalannya yang dibangun kembali.

Interior besar dengan langit-langit rangka dibagi menjadi bagian tengah dan dua lorong oleh kolom antik dengan huruf kapital klasik. Di bagian barat terdapat Gotik ciborium (awal abad ke-15) yang menandai tempat di mana Petrus akan berdoa untuk pertama kalinya.

Di dinding nave terdapat siklus fresco besar, baru-baru ini dipugar, oleh Lucchese Deodato Orlandi (awal abad ke-14), yang ditugaskan oleh keluarga Caetani untuk tahun 1300 jubilee. Di bagian bawah adalah "Potret Paus", dari Santo Petrus sampai Yohanes XVIII (1303); bagian tengah memiliki tiga puluh panel dengan Sejarah Kehidupan St. Pekerjaan Cimabue di San Francesco di Assisi. Di area atas digambarkan "Walls of the Heaven City", sebagian besar dipugar pada abad-abad berikutnya.[2]

Di altar tinggi ada salib kayu dari abad ke-17.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Basilica romanica" (dalam bahasa Italia). San Piero a Grado (Pisa). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-02-13. Diakses tanggal 19 Mei 2013. 
  2. ^ "Basilika San Piero a Grado". Biro Perjalanan Masuk Tuscan. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 Maret 2013. Diakses tanggal 19 Mei 2013. 

Koordinat: 43°40′47″N 10°20′48″E / 43.67972°N 10.34667°E / 43.67972; 10.34667