Santo Stefano dei Cavalieri, Pisa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Santo Stefano dei Cavalieri
Gereja Santo Stefano dei Cavalieri berada di Piazza dei Cavalieri
Agama
AfiliasiGereja Katolik Roma
ProvinsiPisa
Lokasi
LokasiPisa
 Italia
KoordinatKoordinat: 43°43′09.57″N 10°24′03.43″E / 43.7193250°N 10.4009528°E / 43.7193250; 10.4009528
Arsitektur
ArsitekGiorgio Vasari, Pasquale Poccianti, Gaetano Niccoli
TipeGereja
Gaya arsitekturMannerisme
Peletakan batu pertama1565
Rampung1859
Giuseppe Pera, Pemandangan Piazza dei Cavalieri (1801-1803)

Santo Stefano dei Cavalieri adalah sebuah gereja Katolik di pusat kota Pisa yang terletak di Piazza dei Cavalieri (Alun-alun Ksatria).[1]

Konstruksi gereja ini dimulai pada 17 April 1565 untuk membangun gereja bagi Order of Knights of St Stephan, yang didirikan oleh Adipati Agung Cosimo de' Medici untuk melawan pembajakan Saracen di Mediterania. Proyek dengan desain dan pengawasan oleh Giorgio Vasari dan David Fortini ialah untuk membangun sebuah gereja di lokasi gereja yang lebih tua bernama San Sebastiano alle Fabbriche Maggiori, yang bertanggal setidaknya hingga 1074. Gereja baru di situs tersebut ditahbiskan pada tanggal 21 Desember 1569. Fasadnya, dengan marmer putih dirancang oleh Don Giovanni de' Medici, anak haram Cosimo I, dengan bantuan Alessandro Pieroni; desain mereka dipilih dari rencana awal Vasari. Sebuah prasasti memperingati penyelesaian pada masa pemerintahan Ferdinando I de' Medici.

Menara lonceng, juga dirancang oleh Vasari, diselesaikan pada tahun 1572 oleh Giovanni Fancelli. Desain altar utama dibuat oleh Pier Francesco Silvani. Banyak perubahan dan penambahan diusulkan dan dibuat selama dua abad berikutnya, termasuk rencana oleh Gherardo Mechini, Paolo Guidotti, Ranieri Gherardi, Torpè Donati, Alessandro Gherardesca, Florido Galli, Niccolò Matas, dan Pasquale Poccianti. Rekonstruksi terakhir pada tahun 1859, selesai setelah penindasan tatanan, menciptakan sistematisasi kolom interior yang lebih jelas seperti yang kita lihat sekarang.

Bagian Dalam Gereja[sunting | sunting sumber]

Bronzino, Kelahiran Kristus

Gereja menampilkan banyak spanduk piala, ditangkap selama pertemuan angkatan laut dengan perompak Saracen. Wadah untuk air suci (1568) dipahat oleh Giovanni Fancelli, berdasarkan desain Vasari.

Di muka depan terdapat lima lukisan monokrom "Stories of St Stefano Pope and Martyr", termasuk satu yang merayakan masuknya Ferdinando I pada tanggal 31 Maret 1588. Grand-duke ini ditugaskan langit-langit kayu oleh Bartolomeo Atticciati (1604).

Langit-langit gereja ini memiliki enam lukisan di atas kayu yang menggambarkan episode peristiwa bersejarah di mana tatanan militer aktif, termasuk "Pemberian seragam oleh Cosimo I de' Medici" oleh il Cigoli, "Kembalinya Armada dari Pertempuran Lepanto dan Pemecatan Prevesa oleh Jacopo Ligozzi, Embarkasi di Livorno dari Maria de' Medici oleh Allori, Kemenangan di Kepulauan Yunani dan Penangkapan Bona oleh l'Empoli,

Detail langit-langit kayu

Mimbar polikrom (1627) diselesaikan oleh Chiarissimo Fancelli. Ini berisi lukisan karya seniman Pisa, Aurelio Lomi dari "Madonna dan anak dengan Santo Joseph dan Stefano" (1593) dan lukisan istana Ordo.

Altar utama (1702–1709) di presbiteri dirancang dan dipahat oleh Giovanni Battista Foggini dengan patung "St Stefano Pope" dan "tokoh alegoris Agama dan Keyakinan", dan di atas perunggu tahta, relief dengan Pemenggalan Kepala St Stefano. Di sebelah kanan adalah lukisan oleh Giorgio Vasari, dengan Pemakaman St Stefano (1571), sedangkan di kanan adalah Kelahiran Kristus (1564) oleh Bronzino .

Di Sakristi terdapat kelompok pahatan oleh Foggini dari "St Stefano dan alegori Nalar dan Trinitas" (1683), dibuat pada saat pemindahan tubuh santo ke gereja ini pada tahun 1682.

Kapel Sakramen Kudus diselesaikan pada tahun 1837 oleh Florido Galli.

Organ[sunting | sunting sumber]

Ada tiga organ di dalam gereja, yang pertama dari tahun 1571 oleh pembuat organ Cortonese Onofrio Zeffirini. Di sebelah kiri adalah organ oleh orang Siena Azzolino Bernardino della Ciaja yang direkonstruksi pada tahun 1733. Pada tahun 1931, Giovanni Tamburini membuat organ baru di belakang organ tahun 1733. Organ modern adalah satu-satunya yang berfungsi di gereja.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Santo Stefano dei Cavalieri". Expedia. Expedia Inc.