San Michele degli Scalzi, Pisa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja San Michele degli Scalzi
Agama
AfiliasiGereja Katolik Roma
ProvinsiPisa
Lokasi
LokasiPisa, Italia
Arsitektur
TipeGereja
Gaya arsitekturRomanesque

San Michele degli Scalzi adalah sebuah gereja Katolik yang terletak di Piazza San Michele degli Scalzi, di bagian timur Pisa, Italia. Gereja ini juga dikenal sebagai gereja San Michele degli Scalzi di Orticaia, mengacu pada sifat rawa dari situs tersebut pada saat didirikan. Istilah "Scalzi" mengacu pada biarawan bertelanjang kaki yang terkait dengan gereja. Berasal dari abad ke-11, bangunan ini telah dipugar beberapa kali dengan gaya asli Romawi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebuah kapel oratorium dikenal di situs tersebut pada tahun 1025. Sebuah gereja kemudian dibangun di situs tersebut dan ditempatkan di biara Benediktin yang berdekatan yang didirikan pada tahun 1178 oleh para biarawan dari biara Santa Maria di Pulsano sul Gargano. Pemugaran pertama situs tersebut selesai pada tahun 1204. Pada abad ke-15 gereja tersebut berturut-turut menjadi milik beberapa ordo religius, dan sebelum tahun 1463 berada di bawah Canons Regular of the Lateran. Modifikasi besar termasuk langit-langit peti yang rumit (1596).

Gereja dipindahkan ke Olivetan Order pada tahun 1774. Dekorasi internal lebih lanjut ditambahkan. Rekonstruksi abad ke-19 bertujuan untuk memulihkan fitur Romawi asli. Pengeboman selama perang dunia kedua, dan banjir, merusak struktur, membutuhkan pembangunan kembali besar-besaran.

Saat ini[sunting | sunting sumber]

Struktur basilika dari tiga nave masih dipertahankan, diakhiri dengan apse setengah lingkaran. Fasad yang tidak lengkap hanya memiliki marmer di lapisan bawah. Ada tiga portal. lunette pusat memiliki salinan dekorasi Bizantium aslinya dari tahun 1203–1204 yang menggambarkan Kristus memberikan Berkat (aslinya ada di Museum Nasional San Matteo, Pisa). Dekorasi dihiasi dengan relief hierarki malaikat dengan gaya Bizantium. Interiornya menampung salib abad ke-13, dicat tempera dan disepuh; karya seni ini aslinya ada di gereja Santi Cosma e Damiano, juga di Pisa. Situs kiri nave memiliki lukisan dinding St Onofrius, Helen dan seorang uskup. Altar tersebut berasal dari abad ke-18. Organ itu dibangun oleh Anselmi-Tamburini dan dibawa ke sini dari gereja paroki depan San Michele pada tahun 1985. Bekas biara, direnovasi total, sekarang berfungsi sebagai pusat budaya paroki.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]