San Frediano, Pisa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja San Frediano

San Frediano adalah sebuah gereja Katolik bergaya Romanesque di Pisa, Toskana, Italia. Sekarang, Gereja San Frediano berfungsi sebagai gereja resmi bagi Universitas Pisa.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Keberadaannya didokumentasikan sejak tahun 1061. Didirikan oleh keluarga Buzzaccherini-Sismondi dan awalnya didedikasikan untuk Santo Martinus, pernah ada rumah sakit yang dilampirkan padanya.

Fasad romantik, yang berasal dari awal abad ke-12 menunjukkan beberapa ciri khas arsitektur abad pertengahan Pisane, seperti arkade buta, lozenges, dan penggunaan batu bichrome (hadir juga di katedral kota). Bagian atas dimahkotai oleh jendela mullioned yang besar.

Interiornya, meskipun rusak akibat kebakaran pada tahun 1675, tetap mempertahankan denah basilika asli dengan nave tengah dan dua lorong. Kolom marmer memiliki ibu kota yang dihiasi dengan figur pahatan bergaya Romawi. Ini menampung salib kayu langka yang dilukis pada panel berlapis emas dan diberi judul "Salib dan Sejarah Sengsara" (abad ke-12), beberapa altar Barok dan beberapa lukisan abad ke-17 oleh Ventura Salimbeni ('Annunciation dan Nativity), Aurelio Lomi (Adoration of the Magi), serta lukisan dinding oleh Domenico Passignano. Lukisan dinding kubah diselesaikan oleh Rutilio Manetti.

Menara lonceng yang kokoh ada di brickwork.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Comune of Pisa, entri pariwisata di gereja.
  • Donati, Roberto. Pisa. Arte e storia. Narni: Plurigraf. hlm. 74. 
  • Official website (dalam bahasa Italia)

Koordinat: 43°43′05″N 10°23′58″E / 43.717964°N 10.399372°E / 43.717964; 10.399372