Gereja Santa Maria della Spina, Pisa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Infotaula de geografia políticaGereja Santa Maria della Spina, Pisa
gereja
religious museum
religious museum
museum of a public entity
Santa Maria della Spina (it)
Santa Maria di Pontenovo (it)

Dinamakan berdasarkanMaria, Duri dan Mahkota
Tempat
Negara berdaulatItalia
Region di ItaliaToscana
Provinsi di ItaliaProvinsi Pisa
KotaPisa
NegaraItalia
Penduduk
AgamaKatolik
Geografi
KeuskupanKeuskupan Agung Pisa
Luas wilayah150 m² [convert: unit tak dikenal]
Sejarah
Pembuatan13 abad
Informasi tambahan
Kode pos56100
Santa Maria della Spina, depan barat
Sisi selatan gereja

Gereja Santa Maria della Spina adalah sebuah gereja Katolik berukuran kecil di kota Pisa, Italia. Gereja ini didirikan sekitar tahun 1230 dengan gaya Gotik Pisa, dan diperbesar setelah tahun 1325,[1] awalnya dikenal sebagai Santa Maria di Pontenovo untuk jembatan yang lebih baru[2] yang ada di dekatnya, runtuh pada abad ke-15, dan tidak pernah dibangun kembali.

Nama della Spina ("duri") berasal dari adanya duri, diduga bagian dari mahkota duri yang ditempatkan pada Kristus selama Sengsara dan Penyaliban-Nya. Peninggalan tersebut dibawa ke gereja ini pada tahun 1333. Pada tahun 1871 gereja tersebut dibongkar dan dibangun kembali pada tingkat yang lebih tinggi karena infiltrasi air yang berbahaya dari sungai Arno. Namun, gereja tersebut diubah dalam prosesnya, dan John Ruskin, yang mengunjungi Pisa pada tahun 1872, sangat marah atas pemugaran tersebut.[3] Gereja tidak lagi menampung "duri", sekarang dipajang di Chiesa di Santa Chiara di Via Roma.

Gereja Santa Maria della Spina selalu dikelola oleh kota, [4] kecuali untuk interupsi singkat pada abad ketujuh belas dan kedelapan belas ketika menjadi tanggung jawab rumah sakit setempat .

Eksterior[sunting | sunting sumber]

Gereja ini merupakan "permata" arsitektur Gotik di Italia. Struktur kecilnya memiliki denah persegi panjang, dan dibangun dari marmer, diletakkan di pita polikrom. Penampilan luar ditandai dengan puncak, tympani dan tabernakel, bersama dengan dekorasi pahatan yang kaya dengan tarsiae, jendela mawar, dan banyak patung dari seniman utama Pisane di awal abad ke-14. Ini termasuk Giovanni Pisano, Lupo di Francesco, Andrea Pisano dengan putranya Nino dan Tommaso, dan Giovanni di Balduccio .

Fasadnya memiliki dua gerbang dengan lengkungan lintel. Di antaranya terletak tabernakel dengan patung Madonna dengan Anak dan dua Malaikat, dikaitkan dengan Giovanni Pisano. Dua ceruk terbuka di bagian atas fasad: ini menampung patung Kristus di antara dua "Kabar Sukacita", dan dua malaikat lainnya.

Fasad selatan, di sepanjang jalan, juga dilengkapi dengan puncak dan tiga belas patung Rasul dan Kristus oleh bengkel Lupo. Patung kecil di atas timpani yang menggambarkan "Orang Suci" dan "Malaikat" berasal dari bengkel Nino Pisano, sedangkan relung di pilar kanan memiliki "Madonna dan Anak" oleh Giovanni di Balduccio.

Sisi timur memiliki tiga lengkungan bundar dengan jendela sederhana. Timpani dihiasi dengan simbol Penginjil, diselingi oleh relung dengan patung Santo Petrus, Paulus dan Yohanes Pembaptis. Menara tinggi seperti piramida diakhiri dengan patung Madonna dengan Anak di antara dua malaikat, oleh Nino Pisano.

Interior[sunting | sunting sumber]

Jika dibandingkan eksteriornya yang kaya, interiornya tampak cukup sederhana. Ini memiliki satu kamar, dengan langit-langit yang dicat selama rekonstruksi abad ke-19. Di pusat presbiteri terdapat salah satu mahakarya tertinggi dari patung Gotik, "Madonna Mawar" oleh Andrea dan Nino Pisano. Di dinding kiri adalah tabernakel yang dulunya merupakan relik mahkota, oleh Stagio Stagi (1534). Patung lain oleh Pisanos, "Madonna del Latte", pernah ada di sini, tetapi telah dipindahkan ke kota Museum Nasional San Matteo.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tanfani, Leopoldo (1871). Della Chiesa di S . Maria del Pontenovo detta della Spina dan di alcuni uffici della Repubblica pisana (dalam bahasa Italia). Livorno: Tipografia Nistri.  H. 68.
  2. ^ Pontenovo berarti jembatan baru dalam bahasa Italia, untuk membedakannya dari jembatan pertama kota yang disebut Pontevecchio (Jembatan Tua ).
  3. ^ Petrecca, Mauro. "Micheli Pellegrini , Vincenzo". 29/ Dizionario Biografico degli Italiani Periksa nilai |url= (bantuan) (dalam bahasa Italia). 74. Treccani. 
  4. ^ Tanfani 1871, hlm. 24-5.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait Santa Maria della Spina (Pisa) di Wikimedia Commons

Koordinat: 43°42′55″N 10°23′47″E / 43.71528°N 10.39639°E / 43.71528; 10.39639