Bartolomeus I dari Konstantinopel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Seluruh Kesuciannya Bartholomew I
Patriarkh Ekumenikal Konstantinopel
Bartolomew I.jpg
GerejaGereja Ortodoks Konstantinopel
KeuskupanKonstantinopel
Instalasi2 November 1991
PendahuluDemetrios I
Data Diri
Nama lahirDimitrios Arhondonis (Δημήτριος Αρχοντώνης, Dimítrios Archontónis)
Lahir29 Februari 1940 (umur 79)
Aghios Theodoros (Zeytinli Köyü), Imbros (Gökçeada), Turki
DenominasiGereja Ortodoks Timur
KediamanKepatriarkhan Ekumenikal Konstantinopel, Fener, Istanbul, Turki
Orang tuaChristos (ayah) dan Merope (ibu) Archontónis
Suami/IstriTidak ada
AnakTidak ada
PekerjaanPatriark Ekumenis Konstantinopel
ProfesiTeolog
Alma materSekolah Teologi Patriarkh (seminari Halki)
Pope Franciscus & Patriarch Bartholomew I in the Church of the Holy Sepulchre in Jerusalem (1).JPG

Patriarkh Bartolomeus I (bahasa Yunani: Πατριάρχης Βαρθολομαῖος Α', Patriarchis Bartholomaios A' ', bahasa Turki: Patrik I. Bartolomeos; kelahiran 29 Februari 1940) adalah Uskup Agung Konstantinopel - Roma Baru dan Patriarkh Ekumenikal ke-270 dan saat ini, sejak 2 November 1991.[1] Karena itu, ia adalah "setara orang-orang pertama" dalam Gereja Ortodoks Timur, dan dianggap sebagai pemimpin spiritual dari 300 juta Kristen Ortodoks di dunia.[2][3][4][5]

Dengan nama lahir Dimitrios Arhondonis (Δημήτριος Αρχοντώνης, Dimítrios Archontónis), di desa Zeytinli, Turki, setelah kelulusannya, ia memegang sebuah jabatan di Seminari Teologi Patriarkh Halki, dimana ia diangkat menjadi seorang pendeta. Kemudian, ia menjabat sebagai Metropolitan Philadelphia dan Chalcedon dan ia menjadi anggota Sinode Suci serta komite-komite lainnya sebelum pelantikannya sebagai Patriarkh Ekumenikal.

Kehidupan awal dan karier[sunting | sunting sumber]

Bartholomew I lahir di desa Zeytinli (Άγιος Θεόδωρος/Agios Theodoros) di pulau Gökçeada (Ίμβρος Imvros dalam bahasa Yunani), sebagai putra dari Christos dan Merope Archontónis. Nama kelahiran sekulernya adalah Dimitrios Arhondonis (Δημήτριος Αρχοντώνης, Dimítrios Archontónis). Ia adalah warga negara Turki dan ia masuk dalam (secara etnis) sejumlah kecil komunitas Yunani asli di Turki.

Dimitrios Archontonis masuk sekolah dasar di tempat kelahirannya Imvros dan melanjutkan pendidikan menengahnya di Zographeion Lyceum yang terkenal di Istanbul. Setelah itu, ia mempelajari Teologi di sekolah Teologi Patriarkh atau senimari Halki, dari sana, ia lulus dengan gelar-gelar tertinggi pada 1961, dan kemudian ia diangkat menjadi deakon, menggunakan nama Bartolomeus. Bartolomeus secara penuh melakukan pelayanan militernya di tentara Turki sebagai perwira non reguler antara 1961 dan 1963. Dari 1963 sampai 1968, Bartolomeus menyelesaikan studi-studi pasca kelulusannya di Institut Oriental Pontifikal di Roma, Institut Ekumenikal Bossey di Swiss dan Universitas Maximilian Ludwig Munich di Jerman. Penelitian doktoralnya adalah pada Hukum Kanon. Pada tahun yang sama, ia menjadi dosan di Universitas Gregorian Pontifikal di Rome.

Setelah kembali ke Istanbul pada 1968, ia memegang sebuah jabatan di Seminari Teologi Patriarkh Halki, dimana ia diangkat menjadi pendeta pada 1969, oleh Patriarkh Ekumenikal Athenagoras I. Ketika Demetrius I menjadi Patriarkh Ekumenikal pada 1972 dan mendirikan Pusat Patriarkhal, ia memilih Bartolomeus sebagai direkturnya. Pada Natal 1973, Bartolomeus menjadi Metropolitan Philadelphia, dan berganti nama sebagai direktur pusat patriarkhal sampai pengangkatannya sebagai Metropolitan Chalcedon pada 1990. Dari Maret 1974 sampai pengangkatannya sebagai Patriarkh Ekumenikal, ia menjadi anggota Sinode Suci serta beberapa Komite-Komite Sinode.

Ia dapat berbicara dalam bahasa Yunani, Turki, Italia, Jerman, Prancis dan Inggris; ia juga dapat berbicara dalam bahasa Yunani klasik dan Latin.

Nama Bartolomeus I muncul dalam sebuah rencana pembunuhan yang direncanakan akan dilakukan pada 29 Mei 2013.[6] Satu tersangka telah ditangkap sementara dua lainnya dalam tahap pencarian.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ John Meyendorff, John Chapin, Nicolas Lossky(1981), The Orthodox Church: its past and its role in the world today, Crestwood, N.Y. : St Vladimir's Seminary Press, p.132 ISBN 0-913836-81-8
  2. ^ Ecumenical Patriarch Bartholomew: insights into an Orthodox Christian worldview (2007) John Chryssavgis International Journal of Environmental Studies, 64, (1);pp: 9 - 18
  3. ^ "Ecumenical Patriarch of the Worldwide Orthodox Christian Church Meets with American Bible Society Leaders". Religious News Service. 17 Juli 2007. 
  4. ^ "American Bible Society Sees Potential in Blossoming Greek Orthodox Relations". The Christian Post. 23 Juli 2007. 
  5. ^ "The Patriarch". Time. 29 Juli 2007. 
  6. ^ a b Kaya, Bayram (10 Mei 2013). "One arrested as plot to assassinate Patriarch Bartholomew uncovered". Zaman. Diakses tanggal 10 Mei 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan Gereja Ortodoks
Didahului oleh:
Tidak diketahui
Metropolitan Philadelphia
1973–1990
Diteruskan oleh:
Meliton (Karas)
Didahului oleh:
Meliton (Hadjis)
Metropolitan Chalcedon
1990–1991
Diteruskan oleh:
Joachim (Neradjoulis)
Didahului oleh:
Demetrius I
Patriarkh Ekumenikal Konstantinopel
1991–sekarang
Petahana
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Demetrius I
Wakil Kepala Negara Bagian Gunung Athos
1991–sekarang
Petahana