Patriark Theodore II dari Aleksandria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Yang Disucikan Paus Theodore II
Θεόδωρος Β΄
Patriark
Patriarch of Alexandria Theodoros II.jpg
Gereja Gereja Ortodoks Yunani Aleksandria
Takhta Aleksandria
Instalasi 24 Oktober 2004
Akhir jabatan Petahana
Pendahulu Petrus VII
Data diri
Nama lahir Nikolaos Horeftakis
Lahir 25 November 1954 (umur 62)
Prefektur Chania, Kreta, Yunani
Denominasi Gereja Ortodoks Timur
Alma mater Sekolah Eklesiastikal Rizarios
Untuk Paus Ortodoks Koptik dengan nama dan gelar yang sama, lihat Paus Theodoros II dari Aleksandria.

Theodore (Theodoros) II (bahasa Yunani: Πάπας και Πατριάρχης Αλεξανδρείας και πάσης Αφρικής Θεόδωρος Β΄, nama lahir Nikolaos Horeftakis lahir 25 November 1954; umur 62 tahun) adalah Patriark Ortodoks Timur Aleksandria dan seluruh Afrika saat ini. Ia secara resmi bergelar Paus Yang Dibeatifikasikan Ilahi dan Patriark Kota Besar Aleksandria, Libya, Pentapolis, Ethiopia, Seluruh Mesir dan Seluruh Afrika, Bapa dari Segala Bapa, Pastor dari Segala Pastor, Prelat dari Segala Prelat, Murid dan Hakim Ekumene Ketiga Belas. ia adalah pemimpin dari Gereja Ortodoks Timur di Afrika dan Madagaskar.[1]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ia lahir di pulau Yunani Kreta pada 1954, dimana ia menyelesaikan pembelajarannya. Ia adalah lulusan Sekolah Eklesiastikal Rizarios di Athena dan memegang sebuah gelar dari Fakultas Teologi Universitas Aristoteles Tesalonika. Ia juga mempelajari Sejarah Seni, Sastra dan Filsafat di Odessa. Dari 1975 sampai 1985 ia menjabat sebagai Deakon Agung dan Kanselir Metropolis Suci Lambis dan Sfakion di Kreta, dimana ia mengembangkan aktivitas Preaching dan Filantropis (hostel-hostel untuk kaum muda, dll). Dari 1985 sampai 1990 ia menjabat sebagai Eksarkat Patriark di Rusia, yang berbasis di kota Ukraina Odessa, pada saat tenure Patriark Nikolas VI dan Partenios.

Theodore mendirikan Institusi Budaya Hellenik dan Museum Philiki Eterea bersama dengan 600 anak, dimana mereka mengajarkan seluruh pengetahuan Yunani. Pada 1990 ia diangkat menjadi Uskup Kirene dan dilantik menjadi Perwakilan Patriark Parthenios di Athena (1990–1997). Ia selalu mengikuti Patriark Parthenios pada perjalanannya di seluruh Afrika dan kepada beberapa konferensi internasional, antar-kepercayaan dan teologi.

Pada 1997 ia dilantik menjadi Vikaris Patriarkal Aleksandria oleh Patriark Petros VII untuk membantunya di luar Patriarkatnya dan setelah sepuluh bulan ia terpilih sebagai Metropolitan Kamerun. Ia mengembangkan aktivitas misionaris disana. Ia membangun gereja-gereja, sekolah-sekolah dan rumah sakit, untuk membantu orang Afrika dan Yunani lokal. Pada 2002, ia ditransfer ke Metropolis Suci Zimbabwe, dimana ia mendirikan empat pusat misionaris di Harare, Pusat Kebudayaan Hellenik untuk 400 delegasi, dua pusat misionaris besar di Malawi, dengan sebuah rumah sakit, sekolah teknikal dan sekolah keperawatan. Sesuai dengan permintaan Parlemen Yunani, ia merenovasi Lapangan Hellenik (Sekolah-Gereja-Vicarage) di Beira, Mozambique. Ia mendirikan gereja-gereja dan berkontribusi pada pembangunan Masyarakat Hellenik di Botswana dan Angola.

Pada saat kematian Patriark Petros dan uskup senior lainnya dalam sebuah kecelakaan helikopter di Laut Aegean, Theodore dipilih pada 9 Oktober 2004 oleh Sinode Tahta Aleksandria sebagai Patriark. Upacara pentahbisan diadakan di Katedral Kabar Gembira di Aleksandria, pada hari Minggu, 24 Oktober 2004, dalam presensi membedakan keagamaan dan perwakilan sipil dan sejumlah besar kepercayaan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Utama
  • "Biography of Theodoros II". Official web site of the Greek Orthodox Patriarchate of Alexandria and All Africa. Diakses tanggal 2011-02-08. 
Spesifik
  1. ^ "AngolaPress - News". www.angolapress-angop.ao. Diakses tanggal 2008-05-12. 
Jabatan Gereja Ortodoks
Didahului oleh:
Petrus VII
Patriarkh Yunani Aleksandria
since 2004
Petahana