Andika Hazrumy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Andika Hazrumy
Wakil Gubernur Banten ke-4
Petahana
Mulai menjabat
12 Mei 2017
Presiden Joko Widodo
Gubernur Wahidin Halim
Informasi pribadi
Lahir 16 Desember 1985 (umur 31)
Bendera Indonesia Bandung, Jawa Barat
Kebangsaan  Indonesia
Partai politik Logo GOLKAR.jpg Partai Golongan Karya
Suami/istri Adde Rossi Khoerunnisa
Profesi Politikus/Pengusaha
Agama Islam
Media sosial
Situs web http://andikahazrumy.com/

H. Andika Hazrumy, S.Sos., M.AP. (lahir di Bandung, Jawa Barat, 16 Desember 1985; umur 31 tahun adalah Wakil Gubernur Provinsi Banten Periode 2017-2022[1]. Saat ini ia merupakan mahasiswa Program Doktor Ilmu Sosial Universitas Pasundan. Konsentrasi Administrasi Kebijakan Publik menjadi bidang kajian utama disertasinya yang terintegrasi terhadap proses pembangunan daerah, menuju Provinsi Banten yang maju, mandiri dan berdaya saing.

Ikhtiar, doa restu dan kepercayaan masyarakat memantapkannya maju sebagai wakil gubernur pada pemilihan umum kepala daerah tingkat Provinsi Banten, 15 Februari 2017. Bersama 5 (lima) pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih hasil Pemilukada serentak 2017, Dr. H. Wahidin Halim, M.Si dan H. Andika Hazrumy, S.Sos., M.AP, pada hari Jum’at tanggal 12 Mei 2017 resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Banten periode 2017-2022. 

Wakil gubernur termuda di Indonesia ini mengawali karier di bidang politik pada tahun 2009, saat ia berusia 24 Tahun, Andika terpilih sebagai Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) mewakili Provinsi Banten. Kemudian pada Pemilihan Umum Legislatif tahun 2014, politisi muda Partai Golkar ini terpilih sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) daerah pemilihan Banten I (Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak).

Pengalamannya memimpin berbagai organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan menjadikannya dekat dengan masyarakat. Dengan ciri khasnya senyum, ramah serta santun menjadikannya sebagai figur tokoh muda yang dekat dengan masyarakat. Dengan pengalaman kepimpinannya di organisasi kepemudaan, telah berhasil menjadikan Karang Taruna Provinsi Banten sebagai organisasi kepemudaan yang mampu meningkatkan serta memberdayaan ekonomi masyarakat di Provinsi Banten.

Dalam kepemimpinannya sebagai Wakil Gubernur Banten saat ini, arah kebijakan pembangunan Provinsi Banten fokus pada aspek-aspek peningkatan sumber daya manusia. Dengan program-program prioritas antara lain; peningkatan akses pendidikan, pemerataan layanan kesehatan serta peningkatan kualitas infrastruktur, sebagai sarana aksesibilitas dalam mendukung perekonomian masyarakat.

Karier Politik [sunting | sunting sumber]

Andika Hazrumy mengawali karier politiknya pada tahun 2009 sebagai Anggota DPD-RI. Saat itu, ia bertugas sebagai Anggota Komite IV DPD-RI yang membidangi keuangan sektor publik. Ia juga dipercaya sebagai Wakil Ketua Panitia Akuntabilitas Publik DPD-RI yang merupakan alat kelengkapan DPD-RI di bidang hukum dan pelayanan publik. 

Pada Pemilihan Umum Legislatif tahun 2014, ia terpilih sebagai Anggota DPR-RI Dapil Pemilihan Banten I (Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak). Saat berkarier di DPR, Andika merupakan anggota Komisi III DPR-RI yang membidangi hukum, HAM dan keamanan dengan Nomor Anggota A-293. Pada tanggal 24 Oktober 2016, Andika Hazrumy secara resmi mengundurkan diri sebagai Anggota DPR-RI untuk maju sebagai wakil gubernur pada  Pemilu Kepala Daerah tingkat Provinsi Banten tahun 2017. 

Kini, sebagai wakil gubernur Banten periode 2017-2022, mewujudkan masyarakat Banten yang maju, mandiri, berdaya saing, sejahtera dan berakhlakul karimah merupakan tugas utama. Konsolidasi internal Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Banten terus dilakukan guna merealisasikan program-program strategis pada masa kampanye Pemilukada tingkat Provinsi Banten tahun 2017[2]

Implementasi strategi visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Banten periode 2017-2022 menjadi perhatiannya. Khususnya implementasi program pendidikan dan kesehatan gratis, peningkatan kualitas infrastruktur, tata kelola pemerintahan dan penerapan teknologi informasi dalam pelayanan publik menjadi prioritas khusus dalam pembahasan dokumen-dokumen perencanaan, penganggaran dan pelaksanaan pembangunan Pemerintah Provinsi Banten.

Pendidikan :[sunting | sunting sumber]

• SDN Merdeka 5 Bandung

• SMPN 5 Bandung

• SMAN 5 Bandung

• (S1) Hubungan International - Univ. Pelita Harapan Tangerang - Banten

• (S2) Magister Ilmu Administrasi & Kebijakan Publik Univ. Pasundan Bandung

• 2017- sekarang (S3) Program Doktor Ilmu Sosial Univ. Pasundan Bandung

Organisasi Kepemudaan, Politik dan Kemasyarakatan[sunting | sunting sumber]

Saat ini, Andika Hazrumy merupakan Ketua Umum Karang Taruna Provinsi Banten. Dan juga Koordinator TAGANA (Taruna Siaga Bencana) Provinsi Banten. Adapun pengalaman keorganisasian di bidang kepemudaan, politik dan kemasyarakat lainnya adalah sebagai berikut:

·      2004 - 2009 Anggota Bapilu Partai Golkar DPD I Prov. Banten    

·      2007 - 2012 Wakil Ketua PW GP Ansor Provinsi Banten

·      2008 - 2011 Ketua Bidang Perdagangan Dalam Negeri BPP-HIPMI

·      2008 - 2018 Koordinator TAGANA (Taruna Siaga Bencana) Prov. Banten 

·      2009 - 2014 Wk. Ketua Bid. Tenaga Kerja Partai Golkar DPD I Prov. Banten

·      2011 - 2014 Dewan Pembina HIPMI Prov. Banten     

·      2011 - 2014 Ketua Bidang Agribisnis Kelautan dan Pariwisata BPP-HIPMI

·      2012 - 2015 Dewan Pembina Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD/Prov. Banten)

·      2012 - 2017 Dewan Pembina Gema Ormas MKGR Prov. Banten

·      2012 - 2017 Dewan Penasihat GP Ansor Provinsi Banten

·      2013 - 2015 Dewan Pembina Forum Koordinasi Pencegahan Teroris (FKPT/Provinsi Banten)

·      2014 - 2016 Majelis Pemuda Indonsia KNPI Prov. Banten

·      2014 - 2019 Wk. Ketua Bid. Olah Raga dan Pemuda DPD I Partai Golkar Prov. Banten

·      2015              Pendiri Korps Alumni KNPI

·      2015 - 2019 Wk. Ketua Bidang Organisasi (PP-PCI) Pengurus Pusat – Pengurus Cricket Indonesia

·      2015 - 2020 Wk. Sekjen Bid. Pembangunan Daerah DEPINAS SOKSI

·      2010 - 2015 Ketua Umum Karang Taruna Provinsi Banten

·      2015 - 2020 Ketua Umum Karang Taruna Provinsi Banten

·      2014 - 2016 Wakil Sekjen DPP Partai Golkar

·      2014 - 2016 Sekjen DPP AMPG

·      2016 - 2019 Wk. Bendahara Umum DPP Partai Golkar 

Keluarga [sunting | sunting sumber]

Andika Hazrumy lahir dan dibesarkan dalam lingkungan keluarga pengusaha dan pejabat publik. Kakeknya, almarhum H. Tubagus Chasan Shohib adalah sesepuh Banten, pengusaha dan tokoh pembentukan Provinsi Banten. Ayahnya almarhum H. Hikmat Tomet adalah anggota DPR-RI daerah pemilihan Banten II dari Partai Golkar. Ibunya, Hj. Ratu Atut Chosiyah adalah Gubernur Banten kedua, yang merupakan gubernur perempuan pertama di Indonesia.

Meskipun pada pertengahan tahun 2013 terjadi persoalan yang dialami keluarga besar, Andika Hazrumy menunjukkan kepada publik bahwa apa yang telah dicapainya bukan merupakan sesuatu yang dengan mudah didapat. Perjuangan dan kerja keras dibutuhkan untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat. Terbukti pada Pileg tahun 2014 publik masih menunjukkan kepercayaan terhadap Andika Hazrumy sebagai representasi mereka di parlemen. Ia terpilih mewakili masyarakat Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak di DPR-RI dengan perolehan 70.846 suara.

Perjuangan dan ikhtiar Andika pun terus berlanjut untuk Pembangunan Banten. Pada pilkada serentak tahun 2017, Andika maju sebagai calon Wakil Gubernur Banten bersama Wahidin Halim. Doa restu dan kepercayaan masyarakat Banten mengantarkan Wahidin Halim dan Andika Hazrumy terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Banten masa bakti 2017-2022[3].

Istrinya, Hj. Adde Rosi Khoerunnisa, S.Sos., M.Si merupakan Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten dari Fraksi Partai Golkar. Ia aktif dalam organisasi sosial dan kependidikan; Himpaudi Provinsi Banten dan PMI Kota Serang.

Sisi Humanis Wakil Gubernur Banten ke-4  [sunting | sunting sumber]

Kedekatan Andika dengan ulama dan tokoh masyarakat Banten menjadikannya selalu mengharapkan doa dan restu ulama dalam menjalankan amanah kepemimpinannya sebagai Wakil Gubernur Banten. Pada acara zikir kebangsaan dalam rangka HUT Kodam Siliwangi dan Korem 064/ Maulana Yusuf di Alun-alun Barat Kota Serang, Andika menyampaikan “Ketika kami dalam proses memimpin Provinsi Banten lurus, doakan kami dan dukung kami. Ketika kami dalam proses memimpin Provinsi Banten menyimpang, ingatkan dan luruskan kami oleh kasepuhan, alim ulama, tokoh masyarakat dan masyarakat Banten[4].

Figurnya yang ramah, santun dan dekat dengan masyarakat terlihat dalam menjalankan aktivitasnya sebagai Wakil Gubernur Banten. Dalam suatu kesempatan, Andika terlihat menikmati santap siang di kantin sederhana di sekitar kawasan Pusat Pemerintah Provinsi Banten (KP3B). Penataan kawasan perkantoran pusat pemerintahan Provinsi Banten menjadi salah satu perhatiannya guna meningkatkan kinerja aparatur Pemerintah Provinsi Banten. Andika mengatakan “Saat ini adalah era dimana korporasi menerapkan lingkungan kerja yang nyaman sehingga kinerja meningkat. Salah satunya sekarang itu, korporasi-korporasi mendesain kantin yang nyaman yang bukan asal bikin perut kenyang saja, tapi juga bikin mood pegawai menjadi lebih baik”[5]. Penataan kawasan KP3B juga berkaitan dengan program bina lingkungan di sekitar khususnya meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Bagi Wakil Gubernur termuda di Indonesia ini, usaha kecil, mikro dan menengah merupakan tulang punggung ekonomi di Provinsi Banten[6]

Religiusitas Wakil Gubernur Banten juga tampak saat pelepasan petugas haji Provinsi Banten tahun 2017, “Saya memohon untuk dapat memanjatkan doa untuk Pak Gubernur dan saya (Wagub), dan seluruh Kepala OPD agar diberikan kekuatan, kesehatan dan bimbingan yang baik dalam menjalankan amanah serta dapat memberikan pelayanan dan kontribusi kepada masyarakat Banten kedepan agar lebih baik dan sejahtera"[7].

Provinsi Banten dapat mengedepankan prinsip partisipasi masyarakat, kolaborasi dan koordinasi. Dengan itu, ia berharap dapat menumbuhkan kultur birokrasi yang efektif dan inovatif untuk pembangunan Banten yang maju, mandiri dan berdaya saing.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 46P Tahun 2017 tanggal 10 april 2017    
  2. ^ https://pilkada2017.kpu.go.id/download/calon/2882/2882_BB3-KWK-SK-Pengunduran_1_.pdf/ 
  3. ^ "KPU Gelar Pleno Penetapan Pemenang Pilgub Banten 2017". BantenNews.co.id. 2017-04-05. Diakses tanggal 2017-08-08. 
  4. ^ "Wagub Banten Hadiri Istigosah dan Dzikir Kebangsaan". FesbukBantenNews (dalam bahasa American English). 2017-05-17. Diakses tanggal 2017-08-08. 
  5. ^ https://newsmedia.co.id/lolos-dari-pengawal-wagub-banten-nyelonong-makan-di-kantin-pinggir-danau/ 
  6. ^ "Wagub Banten Minta Jamkrida Fokuskan Penjaminan UMKM". www.neraca.co.id (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-08-08. 
  7. ^ "Wagub Banten Lepas 197 Petugas Pelaksanaan Haji". Poskota News. 2017-07-25. Diakses tanggal 2017-08-08.