Zulkieflimansyah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Zulkieflimansyah
Gubernur NTB Zulkieflimansyah.png
Gubernur Nusa Tenggara Barat 8
Mulai menjabat
19 September 2018
Presiden Joko Widodo
Wakil Sitti Rohmi Djalilah
Pendahulu Muhammad Zainul Majdi
Rosiady Sayuti (Plh.)
Anggota DPR RI Fraksi PKS
Masa jabatan
1 Oktober 2004 – 26 Februari 2018
Presiden Megawati Soekarnoputri
Susilo Bambang Yudhoyono
Joko Widodo
Informasi pribadi
Lahir 18 Mei 1972 (umur 46)
Bendera Indonesia Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat
Kebangsaan  Indonesia
Partai politik PKS
Alma mater University of Strathclyde
Universitas Indonesia
Pekerjaan Politikus
Akademisi
Profesi Pakar Ekonomi
Situs web www.zulkieflimansyah.com

Dr. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc. (lahir di Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat, 18 Mei 1972; umur 46 tahun) adalah Gubernur Nusa Tenggara Barat yang menjabat sejak 19 September 2018.

Zulkieflimansyah pernah menjabat sebagai Anggota DPR RI Fraksi PKS sejak 1 Oktober 2004 hingga 26 Februari 2018. Di Nusa Tenggara Barat, ia merupakan pendiri Universitas Teknik Sumbawa (UTS)[1] dan aktif di kepengurusan Nahdlatul Wathan.[2]

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Akrab disapa Bang Zul, Zulkieflimansyah adalah politisi muda yang terpandang dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Bang Zul terpilih untuk ketiga kalinya sebagai Anggota DPR-RI periode 2014-2019 mewakili Dapil Banten II (Kab.Serang, Kota Serang, Kota Cilegon). Sejak 2011 Bang Zul bertugas di Komisi XI yang membidangi keuangan, perencanaan pembangunan dan perbankan dan untuk periode 2014-2019 Bang Zul menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi XI. Pada bulan April tahun 2016, ia dipindahkan menjadi anggota Komisi VII DPR-RI.

Sebelum terjun ke politik di 2004, Bang Zul dikenal sebagai salah satu putra terpintar bangsa dan akademisi. Di 2003 Bang Zul dinobatkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai Peneliti Muda Terbaik Indonesia (bidang ekonomi & manajemen). Sederet prestasi di diperolehnya di dunia penelitian dan menjadi Senior Research Fellow, Kennedy School of Government, Harvard University di Amerika Serikat, menjabat sebagai Direktur Riset Pasca Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan diberi kepercayaan sebagai Pemimpin Program Extension Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Di 2012 Bang Zul terjerat kasus dugaan pemerasan terhadap perusahaan BUMN yaitu PT. Merpati Nusantara Airlines dalam penyertaan modal negara dan diberikan sanksi oleh Badan Kehormatan DPR-RI.

Pada Pilkada Serentak 2018, Bang Zul maju mencalonkan diri sebagai Calon Gubernur Nusa Tenggara Barat.

Zulkieflimansyah digantikan oleh Ei Nurul Khotimah.

Perjalanan Politik[sunting | sunting sumber]

Zulkieflimansyah sangat aktif berorganisasi sejak di bangku kuliah. Bang Zul adalah Ketua Senat Mahasiswa Universitas Indonesia (1994-1995). Ketika menjalani program pasca sarjana di Inggris Bang Zul tetap giat berorganisasi dan memimpin beberapa organisasi kemahasiswaan yaitu Persatuan Pelajar Indonesia di Glasgow, UK (Ketua), Strathclyde Moslem Student Association, Glasgow, UK (President) dan Mahasiswa Muslim Indonesia di Britania (Ketua).

Keterlibatannya dalam dunia politik diawali dengan terpilihnya menjadi Anggota DPR-RI pada periode 2004-2009. Bang Zul bergabung dengan PKS sebelum Pileg 2004 dan mencalonkan diri menjadi calon legislatif. Beliau pernah menjadi sorotan publik mengenai pelanggaran kode etik dalam sidang paripurna DPR yang pada saat itu membahas mengenai pengesahan Undang-Undang Keinsyinyuran.

Didukung oleh PKS, Zulkieflimansyah pernah maju sebagai Calon Gubernur Banten pada Pilkada 2006. Zulkieflimansyah maju pada Pilkada 2006 sebagai Calon Gubernur Banten didampingi oleh artis yang juga terjun dalam dunia politik, Marissa Haque. Namun pasangan ini berhasil dikalahkan oleh pasangan Ratu Atut-Masduki.

Pada periode 2014-2019, Zulkieflimansyah mendapatkan kepercayaan untuk menjadi Wakil Ketua Fraksi PKS Bidang Litbang.

Riwayat Pendidikan[sunting | sunting sumber]

  • 2001 : Doktor Ekonomi Industri. Department of Economics University of Strathclyde UK
  • 1998 : Msc Bidang Industrialisasi. Department of Economics University of Strathclyde Glasgow UK
  • 1997 : Msc Bidang Pemasaran dan Bisnis Internasional. Department of Marketing University of Strathclyde Glasgow UK
  • 1995 : Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Anggota DPR Ini Bangun Universitas Teknologi Sumbawa". 27 Oktober 2014. Republika. Diakses 30 Januari 2018.
  2. ^ "DR Zulkieflimansyah, Sosok Tepat Lanjutkan Kepemimpinan di NTB". 21 Maret 2017. Tribunnews. Diakses 30 Januari 2018.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Muhammad Zainul Majdi
Rosiady Sayuti (Plh.)
Gubernur Nusa Tenggara Barat
2018-Sekarang
Diteruskan oleh:
Petahana