Ahn Chang-ho

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Ahn Chang-ho
Ahn Chang-ho di Los Angeles, kalifornia.
Nama Korea
Hangeul 안창호
Hanja
Alih Aksara yang Disempurnakan An Chang-ho
McCune–Reischauer An Ch'angho
Nama pena
Hangeul 도산
Hanja
Alih Aksara yang Disempurnakan Dosan
McCune–Reischauer Tosan

Ahn Chang-ho atau kadang juga disebut An Chang-ho (Bahasa Korea[antɕʰaŋho]; Hangul: 안창호; Hanja: 安昌浩, 9 November 1878 - 10 Maret 1938) adalah pahlawan nasional Korea Selatan, seorang aktifis kemerdekaan korea dan salah satu pemimpin awal dari komunitas imigran Korea-Amerika di Amerika Serikat. Nama penanya Dosan (도산; 島山 [tosʰan]) juga sering diasosiasikan dengannya. Ahn membuat Shinminhoe (New Korea Society) ketika ia kembali ke Korea dari Amerika pada tahun 1907. Merupakan organisasi yang paling penting untuk melawan kedudukan Jepang di Korea. Ahn membuat Young Korean Academy (흥사단; 興士團) di San Francisco pada 1913 dan sebagai anggota utama dalam pendirian pemerintahan Korea sementara di Shanghai pada 1919. Ia memegang peran sebagai sekretaris interior, deputi perdana menteri dan sekretaris pekerja. Ahn adalah satu dari dua orang yang dipercaya telah menulis lirik Aegukga, lagu kebangsaan Korea Selatan. Disamping pekerjaannya untuk geraan kemerdekaan. Dosan ingin mengubah karakter orang Korea dan seluruh sistem sosial di Korea. Reformasi pendidikan dan modernisasi sekolah adalah dua kunci usaha Dosan. Dosan adalah ayah dari aktor Philip Ahn dan anggota anggakan laut Amerika Ausan Ahn Cuddy.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Ahn lahir di Gangseo, Provinsi Pyeongan (sekarang Pyongan Selatan di Korea Utara) pada hari ke 6 bulan 10 tahun 1878 dalam kalender cina, atau sama dengan 10 November 1878 dalam kalender Gregorius, tetapi memilih menggunakan tanggal 9 November dalam biografinya. Saat itu merupakan akhir periode Dinasti Joseon (1392-1910) di mana Korea sedang mengalami masa-masa kekacauan. Ahn adalah nama keluarga, chi adalah pembuat generasi, dan sam mengacuh pada fakta bahwa ia adalah anak ke tiga dari Ahn Kyo-jin (ayah) dan Hwang (Ibu). Dosan adalah keturunan dari keluarga Sun Heung Ahn(순흥안씨; 順興安氏).

Dipercaya ia mengganti namanya menjadi Chang-ho ketika mulai berbicara di depan umum saat remaja. Ayahnya juga mengganti namanya dari Ahn Kyo Jin menjadi Ahn Heung-guk (diperkirakan adalah nama ayahnya).

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Ketika Perang Tiongkok-Jepang Pertama (1894-1895) pecah, Ahn yang saat itu masih menjadi pelajar, mulai menyadari perlunya untuk memperkenalkan kebudayaan baru dan peradaban ke negaranya dan meningkatkan status dan kekuatan Korea sebagai negara independen. Ketika Jepang memenangkan perang dan mulai mengarahkan pandangannya ke Korea, tahun 1894 Ahn pergi ke Seoul untuk belajar. Pada tahun 1895 ia mengikuti pendidikan di Gusae Hakdang, lembaga pendidikan yang disponsori misionaris yang didirikan oleh Horace G Underwood dan masuk Kristen. Ketika Ahn masih berstatus pelajar di Gausae ia bekerja untuk Dr. Oliver R. Avison di Jejungwon, Institut medis pertama di Korea yang menjadi Severance Hospital dn sekarang bagian dari Pusat Medis Universitas Yonsei. Pada tahun 1897, ia bergabung dengan Asosiasi Kemerdekaan, sebuah lembaga sosial politik yang memfokuskan pada pentingnya kemandirian dan tidak bergantung pada pengaruh asing. Ia juga memulai kariernya sebagai aktivis kemerdekaan dan pengajar pada saat yang sama. Pada usia 22 tahun, ia mendirikan sekolah dasar swasta pertama di Korea.

Upaya-upaya bagi kemerdekaan Korea[sunting | sunting sumber]

Pertemuan rutin Asosiasi Nasional tahun 1915

Imigrasi ke Amerika[sunting | sunting sumber]

Patung Ahn Chang-ho di Riverside, California

Oktober 1902, Ahn datang ke San Francisco dengan istrinya Helen (Hye Ryeon Lee/이혜련) untuk belajar pendidikan yang lebih baik. Mereka adalah pasangan suami istri pertama yang datang dari korea. Paspor mereka dari King Kojong bernomor 51 dan 52. Ahn Chang ho mulai bekerja disana memetik jeruk di kebun. Ketika tinggal di San Francisco, California. Ia melihat pedagang gingseng bertengkar di jalan mengenai area penjualan. Ahn merasa marah melihat ketidak sopanan orang dari negaranya di luar negeri yang bertengkar di jalan, jadi Ahn mulai menginvestasikan waktunya untuk mengubah sikap dan perilaku mereka dengan mendirikan masyarakat persaudaraan Korea (Korean Felowship Society), yang kemudian meningkat menjadi pemimpin pertama komunitas Korea

Ahn Chang-ho (10-11-1937)

Ahn membentuk Friendship Society (Chinmoke Hoe/친목회) pada tahun 1903, kelompok pertama yang di atur secara eksklusif oleh orang korea di Amerika. 5 April 1905, Ahn membuat Mutual Assistance Society (MAS)(Kongrip Hyophoe/공립협회) organisasi politik Korea pertama di Amerika. MAS kemudian bergabung dengan United Korean Society (Hapsong Hyophoe/합성협회) di Hawaii untuk kemudian menjadi Korean National Association (Daehan Inguk Hoe) (대한인국민회; 大韓人國民會) di tahun 1909, agen resmi Korea di Amerika Serikat hingga akhir perang dunia ke II.[1]

Kembali ke Korea[sunting | sunting sumber]

Perjanjian Eulsa antara Jepang dan Korea pada tahun 1905, yang secara resmi mengesahkan Korea sebagai koloni Jepang membawa Ahn kembali ke Korea. Sekembalinya, ia membentuk Asosiasi Masyarakat Baru, sebuah organisasi rahasia untuk memperjuangkan kemerdekaaan korea. Kemudian, ia mendirikan Sekolah Menengah Daesung dan mengorganisasikan asosiasi siswa pemuda untuk membina pemimpin masa depan Korea.

Tahun 1926 Ahn berangkat dari San Pedro,California menggunakan kapal. Dosan pergi ke Cina, tidak pernah kembali ke Amerika. Selama menjadi aktivis anti jepang di Korea, ia ditahan dan dipenjarakan oleh pemerintah imperial jepang setidaknya 5 kali. Ahn pertama ditahan pada tahun 1909 berhubungan dengan penyerangan Ahn Chung Gun kepada Itō Hirobumi, penduduk Jepang di Korea. Dosan disiksa dan dihukum berkali-kali selama ia menjadi aktivis. Tahun 1932 ia ditangkap di Shanghai, China berhubungan dengan pemboman Yun Bong Gil di taman Hongkew (29 April 1932). Ahn dinaturalisasi menjadi penduduk China pada saat itu dan secara ilegal di ekstradisi kembali ke Korea, dimana Ahn dinyatakan telah melanggar hukum Jepang "Pemeiharaan Perdamaian" dan dijatuhi hukuman lima tahun di penjara Taejon.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Tahun 1937, otoritas Jepang menahan Ahn, tetapi karena komplikasi dari dipenjara dengan kondisi yang tidak layak, penyiksaan yang tidak berperikemanusiaan dan penyakit dalam yang parah, Ahn dibebaskan dengan jaminan dan dipindahkan ke Rumah sakit Universitas Kyungsung, untuk menghindari kemarahan publik pada pemerintah Jepang apabila Ahn meninggal di penjara, ia kemudian meninggal pada 10 Maret 1938.

Peninggalan dan pengakuan[sunting | sunting sumber]

Ahn meninggal 7 tahun sebelum Pembebasan Korea tanggal 15 Agustus 1945. ia dimakamkan di Taman Dosan (도산공원), Seoul yang dibuka pada tahun 1973 untuk memperingati jasa-jasanya. Sebuah gedung dibangun untuk menghormatinya di Gangnam-gu, seoul.[2] Ahn mendedikasikan hidupnya untuk memperjuangkan kemerdekaan korea dan merupakan tokoh terkenal di pesisir barat Amerika sehingga tanggal 11 Agustus di Riverside, California diperingati sebagai Hari Dosan Ahn Chang Ho.

Banyak yang memandang Ahn Cang-ho sebagai kunci moral dan pemimpin filosofis Korea selama abad 20, dalam gejolak langsung sebelum dan selama kedudukan Jepeng di Korea, ia menyerukan untuk memperbarui moral dan semangat orang Korea melalui edukasi sebagai salah satu komponen yang penting dalam perjuangan mereka untuk kemerdekaan dan membangun demokrasi sosial. Dosan juga memasukkan komponen ekonomi dan militer dalam strategi pergerakan kemerdekaannya.

Rumah keluarga Ahn di 36th Place, Los Angeles direstorasi oleh University of Southern California (USC), dimana rumah itu berada (meskipun di lokasi yang berbeda). Dosan tidak pernah tinggal di rumah yang berada di kampus USC sejak keluarga Ahn pindah ke sana pada tahun 1935, beberapa tahun setelah Dosan telah kembali ke Shanghai.

Atas permintaan dari anggota kongres wanita Diane Watson, antor pos USPS (United States Postal Services) di koreatown di Harvard dan 6th street dinamai Dosan Ahn Chang Ho Station. Merupakan USPS pertama yang diberinama orang Asia.

Tahun 2011 Ellis Island Foundation memang papan penghormatan Dosan untuk mengenang 100 tahun masuknya ke Amerika Serikat melalui pulai Ellis dari London 3 September 1911. Ahn merlayar dari Glasglow dengan SS Caledonia.

Kota Los Angeles, di awal 1990 mendeklarasian persimpangan antara Jefferson Boulevard dan Van Buren Place - berseberangan dari Korean National Association dan gereja Korean Presbyterian - dinamakan "Dosan Ahn Chang Ho Square" untuk menghormatinya. Persimpangan utama jalan tol di downtown Los Angeles dimana jalan tol 10 dan jalan tol 110 bertemu dinamai dengan Dosan Ahn Chang Ho.Pola ketiga Taekwondo yang memiliki 24 gerakan disebut dengan Do-San atau Dosan untuk menghormatinya. Ini adalah pola yang diperlukan untuk menguasai dari 7 kup sabuk kuning dengan tag hijau menjadi 6 Kup sabuk hijau.

Tahun 2012 Ahn secara anumerta dinobatkan memperolah penghargaan dalam International Civil Right Walk of Fame oleh the Martin Luther King, Jr. National Historical Site di Atlanta, Georgia. Cucunya Philip Cuddy mewakili menerima penghargaan pada upacara di Atlanta atas nama Dosan. Pusat itu dibuka pada tahun 1968 untuk menghargai pelopor hak asasi manusia di seluruh dunia. termasuk Jimmy Carter, Bill Clinton, Andrew Young (mantan dubes untuk PBB), Rosa Parks (pejuang HAM Afrika Amerika), Stevie Wonder dan Jesse Jackson.

8 November 2013 Dosan dengan anumerta diberikan gelar kehormatan oleh alma maternya Universatas Yonsei sebagai pengakuan atas kehadirannya di Gusae Hakdang sebagai pelajar dan untuk perjuangannya sebagai asisten pengajar, dan untuk perjuanganya di Jejungwon ketika berada di Gusae dan saat berada di rumah sakit Severance pada awal 1900. Dosan juga memberi pengaruh yang baik kepada banya alumni Yonsei dan sekolah medis Severance. Anak Susan Cuddy, Philip Cuddy yang menerima gelar penghargaan memberikan catatan sejarah untuk presiden Yonsei menerima gelar dalam upacara di Seoul atas nama Dosan.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Helen Lee (Yi Hye Ryon), 1884 - 1969

  • Philip Ahn, 1905 - 1978
  • Philson Ahn, 1912 - 2001
  • Susan Ahn Cuddy, 1915 - 2015
  • Soorah Ahn, 1917 - 2016
  • Ralph Ahn, 1926 -

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "National Association of Korean Americans - Resources". www.naka.org. Diakses tanggal 2017-03-15. 
  2. ^ "도산공원" (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 2017-03-15.