Pesisir Barat Amerika Serikat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Pendapat mengenai negara-negara bagian yang termasuk dalam Pesisir Barat sangatlah bervariasi. Negara bagian yang ditunjukkan dengan warna merah tua selalu dimasukkan, sementara negara bagian yang ditandai dengan warna merah muda terkadang dianggap sebagai bagian Pesisir Barat.

Pesisir Barat atau Pesisir Pasifik ialah istilah yang digunakan untuk menyebut negara-negara bagian yang terletak pesisir bagian barat di Amerika Serikat, yang biasanya terdiri atas California, Oregon dan Washington. Arizona dan Nevada, walaupun tidak berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik, keduanya kerap dimasukkan karena jaraknya tidak terlalu jauh, dan juga karena adanya hubungan ekonomi dan budaya dengan California.

Meskipun bukan bagian Amerika Serikat Daratan, Alaska dan Hawaii yang memang berbatasan dengan Samudera Pasifik, dapat dimasukkan ke "Pesisir Barat". Dari tahun 2007, penduduk Pesisir Barat diperkirakan mencapai 50–60 juta, bergantung pada negara bagian mana yang dimasukkan dalam perkiraan itu.[1]

Pesisir Barat kadang-kadang hanya disebut "Pesisir", istilah lama yang diperkirakan telah muncul di Amerika Serikat Timur Laut. Berdasarkan pada reputasinya yang secara politik lebih kekiri-kirian daripada beberapa bagian lain di AS, istilah "Pesisir Kiri" kadang-kadang juga digunakan.

Kota-kota besar di Pesisir Barat, antara lain San Diego, Los Angeles, San Francisco, Seattle, Anchorage, Honolulu, Phoenix, Las Vegas, Portland, Sacramento dan Fresno.

Rujukan[sunting | sunting sumber]