Achmad Alf Arslan Djunaid

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
H. Achmad Alf Arslan Djunaid, S.E.
Wali Kota Pekalongan
Masa jabatan
2016–2021
Presiden Joko Widodo
Gubernur Ganjar Pranowo
Wakil Saelany Mahfudz
Informasi pribadi
Lahir 24 Mei 1970
Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia
Meninggal 7 September 2017 (umur 47)
Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia
Orangtua H. A. Zaky Arslan Djunaid
Alma mater Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
Agama Islam

H. Achmad Alf Arslan Djunaid, S.E. adalah Walikota Kota Pekalongan periode 2016-2021. Ia mengemban tugas di Kota Pekalongan bersama dengan Wakil Walikota H. M. Saelany Mahfudz. Alex, begitu ia biasa disapa menyelesaikan studi jurusan manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia [1][2] Lahir di Pekalongan, 24 Mei 1970. Alex wafat pada Kamis, 7 September 2017 di Rumah Sakit Umum Daerah Bendan, Kota Pekalongan setelah pulang dari perjalanan dinasnya di Makassar, Sulawesi Selatan.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Alex lahir dari pasangan H. A. Zaky Arsalan Djunaid[1] dengan Hj. Kustiningsih.[2] Beliau menikah dengan Hj. Ratna Sofia Sunhadji, SE. [3] dan dikaruniai dua putri kembar Amadea Revalana Djunaid dan Amadea Alena Djunaid.

Karier Politik[sunting | sunting sumber]

Alex adalah tokoh yang aktif berorganisasi. Beliau pernah menjadi Ketua Badan Amal Zakat Daerah Kota Pekalongan. Tahun 2010, bersama Muhammad Basyir Ahmad Syawie, Alex maju menjadi pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota. Hasilnya, pasangan Basyir-Alex berhasil memenangkan Pilkada Kota Pekalongan Tahun 2010 dengan persentase 54%.[4]

Di tahun 2015, diusung oleh PDI Perjuangan dan PKB[5], Alex maju sebagai calon Walikota Pekalongan dengan calon wakilnya, Saelany Mahfudz. Dengan dukungan dari sebagian besar masyarakat Kota Pekalongan, pasangan Alex-Sae memenangkan Pilkada Kota Pekalongan Tahun 2015, menyingkirkan pasangan Heri-Sutarip dan Hakam Naja-Nur Chasanah.

Kematian[sunting | sunting sumber]

H. Ahmad Alf Arslan Djunaid wafat pada Kamis, 7 September 2017 pukul 15.45 WIB di Rumah Sakit Umum Daerah Bendan Pekalongan akibat serangan jantung setelah pulang dari perjalanan dinas dari Makassar, Sulawesi Selatan. Sempat dilakukan perawatan selama kurang lebih dua jam oleh tim dokter dengan memacu jantung dikarenakan jatuh pada saat berada dalam kamar mandi di kediamannya. Jenazah dimakamkan pada Jumat, 8 September 2017 di Pemakaman Keluarga Pondok Pesantren Modern Al-Qur'an, Buaran, Kota Pekalongan.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]