Wikipedia:Arsip halaman utama/2024/01/16

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikel pilihan

Kekaisaran Jerman 1871–1918

Penyatuan Jerman menjadi sebuah negara bangsa yang bersatu dalam politik dan pemerintahan diproklamasikan pada 18 Januari 1871 di Balai Cermin Istana Versailles di Prancis. Sejumlah pangeran Jerman yang sebelumnya berdaulat atas negaranya masing-masing berkumpul untuk menobatkan Raja Prusia, Wilhelm I sebagai Kaisar Jerman pertama. Penobatan ini terjadi setelah aliansi negara-negara berbahasa Jerman mengalahkan Prancis dalam Perang Prancis-Prusia. Transisi de facto sebagian besar penduduk berbahasa Jerman menjadi negara-negara yang tergabung dalam (kon)federasi telah berlangsung secara tidak resmi melalui aliansi resmi dan tidak resmi para penguasa — tetapi tanpa kemajuan yang berarti, karena kepentingan pribadi penguasa menghambat proses penyatuan selama hampir satu abad setelah pembubaran Kekaisaran Romawi Suci (1806) dan kebangkitan nasionalisme Jerman selama era peperangan Napoleon.. Penyatuan ini menimbulkan ketegangan akibat perbedaan religius, linguistik, sosial, dan budaya penduduk Kekaisaran Jerman, sehingga peristiwa tahun 1871 hanya merupakan satu momen dalam serangkaian proses penyatuan yang lebih besar. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: John KnoxGanimede (satelit)Yesus

Peristiwa terkini

Tshering Tobgay pada 2013
Tshering Tobgay

Tahukah Anda

  • "... bahwa Dorothy Louise Eady mengaku bahwa dirinya adalah reinkarnasi dengan seorang pelayan kuil Osiris di zaman Firaun Seti I Mesir Kuno dari masa 1320–1200 sebelum Masehi?"
  • "... bahwa kerabat liar tanaman pertanian sangat penting dalam ekosistem alam dan pertanian dan karenanya sangat diperlukan untuk mempertahankan kelestarian ekosistem?"
  • "... bahwa rotan lilin (Calamus javensis) (gambar), yang pada zaman Hindia Belanda dikomersialkan sebagai barang yang diperjualbelikan, mempunyai 12 macam varietas yang hampir sama bentuknya, dan dibeda-bedakan satu sama lain berdasarkan duri, pelepahnya, bentuk, ukuran perbungaan, dan buahnya?"
  • "... bahwa di Indonesia, ateisme sangat sulit disensus karena menurut undang-undang, agama yang diakui oleh pemerintah Indonesia hanya enam, dan oleh sebab itu dikatakan tidak ada tempat bagi ateisme?"

Tantangan kolaborasi

Kolaborasi artikel baru

Wikipedia membutuhkan artikel-artikel berikut. Mari bersama-sama merintisnya pada Januari 2024.

Tantangan kolaborasi
Hasil kolaborasi terbaru
Panduan menerjemahkan artikel · Arsip halaman yang telah dibuat

Hari ini dalam sejarah

16 Januari: Hari Guru di Thailand

Tanggal lain: 15 Januari 16 Januari 17 Januari

Hari ini tanggal 16 Januari 2024 (UTC) – Muat ulang

Gambar pilihan

Kapal Mutiara yang tenggelam pada tahun 1954 dan menjadi situs arkeologi yang telah dipenuhi koral
Kapal Mutiara yang tenggelam pada tahun 1954 dan menjadi situs arkeologi yang telah dipenuhi koral
(ukuran asli: 3,935 × 2,858 piksel, 6.45 MB)

Oleh: W.Strickling
Lisensi: CC BY-SA 4.0