Wikipedia:Arsip halaman utama/2023/02/14

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikel pilihan

Pluto

Pluto adalah planet katai di sabuk Kuiper dan objek trans-Neptunus pertama yang ditemukan. Pluto merupakan planet katai terbesar dan bermassa terbesar kedua di Tata Surya dan benda terbesar kesembilan dan bermassa terbesar kesepuluh yang mengorbit Matahari secara langsung. Pluto merupakan objek trans-Neptunus dengan volume terbesar dan massa yang sedikit lebih kecil daripada Eris, planet katai di piringan tersebar. Layaknya objek lain di sabuk Kuiper, Pluto terdiri dari batu dan es dan relatif kecil—kurang lebih seperenam massa Bulan dan sepertiga volume Bulan. Pluto memiliki orbit eksentris dan miring dengan jarak 30 sampai 49 satuan astronomi (4,4–7,3 miliar km) dari Matahari. Ini berarti ada saatnya Pluto lebih dekat ke Matahari daripada Neptunus; resonansi orbit yang stabil dengan Neptunus membuat kedua planet ini tidak bertabrakan. Pada tahun 2014, Pluto berjarak 32,6 SA dari Matahari. Cahaya Matahari butuh waktu 5,5 jam untuk mencapai Pluto pada jarak rata-ratanya (39,4 SA). (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Burhanuddin HarahapJerman NaziDouglas MacArthur

Peristiwa terkini

Gempa Turki dan Suriah pada 2023
Dampak gempa di Diyarbakir

Tahukah Anda

  • "... bahwa karakter Pokémon, Serena, muncul sebagai objek gambar untuk salah satu kartu dalam seri Incandescent Arcana dari Permainan Kartu Koleksi Pokémon untuk pertama kalinya?"
  • "... bahwa Cintaku Kan Selalu Menemanimu adalah sebuah album mini karya penyanyi pop Krisdayanti yang dirilis pada tahun 2011?"
  • "... bahwa dalam studi mengenai kasih sayang antara para kekasih, ketika peserta melihat foto pasangan mereka, otak mereka dibanjiri dopamin, bahan kimia internal yang dilepaskan ketika seseorang melakukan sesuatu yang sangat menyenangkan?"
  • "... bahwa Hill, Rubin, dan Peplau telah mengidentifikasi 5 faktor yang dapat memprediksi putus hubungan sebelum menikah, yaitu perbedaan tingkat keterlibatan dalam menjalin hubungan, perbedaan usia, aspirasi pendidikan yang berbeda, perbedaan tingkat kecerdasan, dan perbedaan dalam hal daya tarik fisik?"

Hari ini dalam sejarah

14 Februari: Hari Valentine

Tanggal lain: 13 Februari 14 Februari 15 Februari

Hari ini tanggal 14 Februari 2023 (UTC) – Muat ulang

Gambar pilihan

Tari Topeng dari Malang
Tari Topeng dari Malang
(ukuran asli: 4.782 × 3.188 piksel, 10,36 MB)

Oleh: Ivuvisual
Lisensi: CC BY-SA 4.0