Universitas Nasional Pasim

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Universitas Nasional Pasim
UNAS PASIM
Didirikan 25 September 2006
Jenis Perguruan Tinggi Swasta
Rektor Prof. DR. Hb. Mohammad Baharun, SH., MA.
Lokasi Jl. Dr. Djundjunan No.167 (Ters. Pasteur) Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Situs web http://www.pasim.ac.id]


Universitas Nasional Pasim atau dikenal dengan UNAS PASIM adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang terdapat di Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Arti Lambang[sunting | sunting sumber]

  • Warna dasar Putih melambangkan kemurnian, sedangkan warna merah maroon melambangkan motivasi dan inovasi yang terarah serta progresif.
  • Bentuk Piramida menandakan ketinggian teknologi yang berarti bahwa penyelenggaraan pendidikan Universitas Nasional Pasim berbasiskan teknologi disesuaikan dengan kebutuhan/tuntutan zaman.
  • Lambang Piramida yang terdiri dari 2 bagian secara vertikal menandakan dua gabungan disiplin ilmu yaitu ilmu Manajemen dan Sistem Informasi.
  • Lambang Piramida yang terbagi atas 3 bagian secara horizontal menunjukkan tahapan dengan pola yang sistematis dan terstruktur dalam meraih tujuan di bidang pengembangan keilmuan. Berkembangnya keilmuan tersebut dilandasi dengan dasar yang kokoh yang dicerminkan dengan bentuk bagian bawah piramida yang lebih lebar dibandingkan bagian atasnya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

YAPASIM berdiri pada tanggal 11 Juni 1996 dengan akta notaris No 41 didepan notaris Dr Wiratni Ahmadi SH. Pendirian YAPASIM ini ditujukan untuk menjadi lembaga pengelola pendidikan tinggi. Oleh karena itu, setelah YAPASIM berdiri tidak berapa lama sesudah itu pendiri mengajukan ijin kepada Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan untuk mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi yang diberi nama STIE PASIM.

Dan pada akhirnya permohonan tersebut dikabulkan oleh Menteri pendidikan dan kebudayaan pada tanggal 4 Desember 1996 dengan dikeluarkannya SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.80/D/0/1996 tentang ijin STIE PASIM yang terdiri dari dua jurusan yaitu jurusan manajemen dan jurusan akuntansi.

Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan teknologi informasi, di Indonesia khususnya banyak berdiri sekolah tinggi bidang informatika dan komputer. Untuk merespon perkembangan teknologi informasi tersebut serta memenuhi kebutuhan masyarakat, YAPASIM mengajukan ijin kepada menteri pendidikan nasional untuk mendirikan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer yang diberi nama STMIK PASIM. Berdasarkan pada SK Menteri Pendidikan Nasional RI No 164/D/0/2000 tanggal 23 Agustus 2000 secara resmi berdirilah STMIK PASIM, sehingga dibawah pengelolaan YAPASIM ada dua sekolah tinggi yaitu STIE PASIM dan STMIK PASIM.

Tidak hanya berhenti sampai disitu, setelah beberapa tahun kemudian pendiri YAPASIM sangat berkeinginan untuk mendirikan universitas, namun pada saat itu ijin untuk mendirikan universitas baru tidak dikeluarkan lagi oleh Departemen Pendidikan Nasional. Namun hal ini tidak menghalangi keinginan pendiri YAPASIM untuk mengelola universitas, tepatnya pada tanggal 25 September 2006 pengelola Yayasan Pendidikan Kader Keuangan dan Perbankan yang mengelola Universitas Nasional Bandung menyerahkan pengelolaan Universitas Nasional Bandung kepada pendiri YAPASIM. Penyerahan tersebut dituangkan dalam akta notaris No 25 tanggal 25 September 2006 didepan Notaris R. Sabar Partakoesoema, SH.MH.

Setelah berada dibawah pengelolaan YAPASIM, Universitas Nasional Bandung diajukan perubahan namanya kepada Menteri Pendidikan Nasional RI menjadi Universitas Nasional Pasim (Pengembangan Sistem Informasi Manajemen). Pengajuan perubahan nama tersebut disetujui oleh Menteri Pendidikan Nasional RI dengan dikeluarkannya SK Menteri Pendidikan Nasional RI No 172/D/0/2007 pada tanggal 6 September 2007 dibawah Yayasan Pendidikan Kader Keuangan Perbankan.

Universitas Nasional Bandung[sunting | sunting sumber]

Gedung Kampus 2 UNAS PASIM di Jl.Dr. Dakota No.8a, Bandung, Jawa Barat.

Merger dilakukan dikarenakan pada tahun sebelumnya UNB (YPKKP) memiliki defisit mahasiswa yang cukup besar. seluruh mahasiswa UNB yang terbagi kedalam 5 fakultas tidak mencapai 150 orang. Dalam keadaan tersebut pemilik yayasan (YPKKP) menjual salah satu gedung milik UNB kepada Infomedia. keadaan ini makin memperuncing konflik antara mahasiswa UNB dan pemilik yayasan, dengan dijualnya aset tersebut ada kemungkinan aset-aset lain akan dijual jika mahasiswa UNB kembali berkurang pada tahun berikutnya.

Wancana menjual UNB pun Bergulir, beberapa tawaran semisal, dari UK (Uniersitas Kebangsaan) untuk menjual fakultas ekonomi yang dimiliki UNB ditolak karena yayasan ingin menjual seluruh fakultas yang dimilikinya. Pada perkembangan selanjutnya, UNB akhirnya dibeli oleh Yapasim. seluruh mahasiswa ex-UNB diberikan opsi untuk ikut bergabung dengan management baru atau keluar selamanya dari UNB (atau Universitas Nasional Pasim).

Dengan pembelian ini Yapasim diuntungkan dengan memiliki hak menggunakan nama Universitas Nasional YPKKP dan mengganti nama STIE dan STMIK yang dimilikinya menjadi Universitas Nasional Pasim (UNAS PASIM). STIE PASIM dan STMIK PASIM dipindahkan ke Kota Sukabumi, karena lokasi tersebut ditempati menjadi lokasi Universitas Nasional Pasim.

Sejarah singkat Universitas Nasional Bandung[sunting | sunting sumber]

  • Tahun 1992, surat keputusan Menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia nomor 307/DIKTI/KEP/1992 STIE Nasional memiliki jurusan akuntansi dan ilmu ekonomi.
  • Tahun 1999, STBA nasional berdiri dengan 2 jurusan: bahasa inggris dan bahasa jepang.
  • Tahun 2001, Yayasan pendidikan kader keuangan dan perbankan (YPKKP) yang menaungi kedua lembaga pendidikan tersebut melakukan pengganbungan keduanya menjadi Universitas Nasional Bandung (nama yang dipasarkan--tertulis di brosur, billboard, dll) atau Universitas Nasional YPKKP (terdaftar di Kopertis)

Daftar Fakultas[sunting | sunting sumber]

Universitas Nasional Pasim terdiri dari lima Fakultas yaitu :

  1. Fakultas Ekonomi
  2. Fakultas Teknologi
  3. Fakultas Psikologi
  4. Fakultas Sastra
  5. Fakultas Teknik

Pranala luar[sunting | sunting sumber]