Universitas Presiden

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Universitas Presiden
President University Logo.JPG
Ketua Prof. Dr. Juwono Sudarsono
Rektor Prof. Dr. Ermaya Suradinata,SH,MH,MS
Situs web www.president.ac.id

Universitas Presiden (bahasa Inggris: President University), adalah universitas berstandar internasional yang bertempat di Jababeka Education Park di Kawasan Industri Jababeka, Indonesia. Universitas ini dikepalai oleh Prof. Dr. Ermaya Suradinata,SH,MH,MS.

Sebagian besar program studi bertempat di Kampus Utama Universitas Presiden di Jababeka Education Park Kota Jababeka Bekasi, sedangkan program studi Disain Komunikasi Visual bertempat di kampus II Universitas Presiden di Menara Batavia Jakarta.

Universitas Presiden menyediakan kompleks asrama yang tidak terlalu jauh dengan kampus. Kompleks asrama Academia terdiri dari Student Boarding House dan Student Pavillion. Unit Student Boarding House berjumlah 189 bangunan yang masing-masing bangunan dihuni oleh 4 orang mahasiswa. Sedangkan unit Student Pavillion terdiri dari 64 bangunan yang masing-masing dihuni 22 orang mahasiswa. Setiap unit Student Pavillion terdiri dari 2 lantai, 5 kamar di lantai dasar, 6 kamar di lantai atas, dengan fasilitas AC, kamar tidur dan lemari di setiap kamar.

Universitas Presiden dilengkapi dengan:

  • Kurikulum Internasional - Universitas Presiden menerapkan kurikulum standar internasional.
  • Lingkungan Berbahasa Inggris - Semua mata kuliah disajikan dengan pengantar bahasa Inggris. Mahasiswa akan dibiasakan berbicara, menulis, dan berpikir dalam bahasa Inggris yang menjadi bahasa internasional dewasa ini.
  • Ekstrakurikuler Mahasiswa - Universitas Presiden menyediakan fasilitas yang menunjang aktivitas mahasiswa sepeti President Executive Club, Jababeka Golf and Country Club, kolam renang, lapangan tenis, lapangan sepak bola, lapangan bola basket.
  • Komunitas Multinasional - Mahasiswa Universitas Presiden berasal dari seluruh pelosok Indonesia dan mancanegara seperti Cina, Vietnam dan Laos.
  • Pengalaman Kerja - Universitas Presiden menyediakan program magang selama 2 semester bagi semua mahasiswa sebagai upaya mempersiapkan mahasiswa ke jenjang karier.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Universitas Presiden dikonsep oleh Bapak S. D. Darmono selaku Presiden Direktur PT Jababeka Tbk. dan Prof. Donald W. Watts selaku Presiden Universitas Bond (Queensland) dan Wakil Penasehat Universitas Curtin di Australia Barat.

Cikal bakal President University didirikan pada tahun 2001 dengan nama Sekolah Tinggi Teknik Cikarang dan diresmikan menjadi President University oleh Menteri Pendidikan pada 16 April 2004.

Kerjasama[sunting | sunting sumber]

Universitas Presiden telah mengadakan program kerjasama dengan institusi-institusi berikut:]

  • Kerjasama dengan International Pacific College (IPC) New Zealand untuk program pertukaran mahasiswa dan dosen.
  • Kerjasama dengan Deakin University Australia untuk program Double Degree.
  • Kerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk program twinning bagi mahasisma Teknik Informatika.
  • Kerjasama dengan Universitas Waseda Jepang untuk program beasiswa bagi mahasiswa teknik Informatika yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan S2.
  • Kerjasama dengan William Angliss Institute Australia untuk mahasiswa Manajemen Turis dan Perhotelan.
  • Kerjasama dengan Microsoft Indonesia, IndosatM2, dan Intel Corporation untuk membangun pusat penyuluhan Usaha Kecil Menengah (UKM)
  • Kerjasama dengan Cologne Business School (CBS) Jerman untuk program Double Degree.

Fakultas[sunting | sunting sumber]

Universitas Presiden membuka 22 macam program studi yang terdiri dari 6 fakultas, yaitu fakultas Ekonomi (Economics), Teknik (Engineering), Komputasi (Computing), Ilmu Politik dan Bisnis (Business and International Relations), Komunikasi (Communication), dan Hukum (Law:

Fakultas Ekonomi

Fakultas Teknik

Fakultas Kumputasi

Fakultas Komunikasi

Fakultas Ilmu Politik

Fakultas Hukum

Pranala luar[sunting | sunting sumber]