Politeknik Telkom

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Politeknik Telkom
MotoGiving and Caring The World
JenisSwasta
Didirikan2007
DirekturBudi Sulistyo
Staf akademik
78
Jumlah mahasiswa2.802
Lokasi,
Jawa Barat
,
Indonesia
KampusRural, 3 ekar (1,2 ha)
WarnaBiru, Oranye dan Merah      
AfiliasiYPT, APTIKOM, DIKTI, BAN-PT
Situs webpolitekniktelkom.ac.id

Politeknik Telkom (Inggris: Telkom Polytechnic) dulu adalah sebuah perguruan tinggi vokasi dengan spesialisasi pada keilmuan teknik informatika dan akuntansi komputer. Politeknik Telkom didirikan pada tanggal 27 September 2007 oleh Yayasan Pendidikan Telkom, di bawah naungan Telkom. Lembaga ini berdiri di atas lahan seluas 12.000 m² di Terusan Buah Batu, 3 km selatan Bandung.

Pada tahun 2013, IT Telkom digabung dengan sejumlah perguruan tinggi milik Yayasan Pendidikan Telkom yang ada di Bandung untuk membentuk Universitas Telkom.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Politeknik Telkom memulai sejarahnya dari dua program pelatihan yang bergerak di bidang ICT, yakni Program Profesional dari STT Telkom, dan NIIT & Telkom Center. Kedua lembaga pelatihan tersebut kemudian digabung untuk membentuk Politeknik Telkom. Pada tanggal 27 September 2007, Politeknik Telkom diresmikan oleh Direktur Utama Telkom, Rinaldy Firmansyah.

Pada akhir tahun 2012, Politeknik Telkom memperbaharui konsep kegiatan Kerja Industri, yakni mahasiswa akan terlibat secara profesional pada dunia industri dan mendapat perlakuan yang sama seperti halnya pegawai reguler. Artinya, mahasiswa yang mengikuti program Kerja Industri akan mendapatkan remunerasi dan hak-hak lainnya sama seperti pegawai.

Pada tahun 2013, Politeknik Telkom digabung dengan Institut Teknologi Telkom, Institut Manajemen Telkom, dan STISI Telkom untuk membentuk Universitas Telkom.[1] Politeknik Telkom kemudian ditransformasi menjadi Fakultas Ilmu Terapan (FIT) atau Telkom Applied Science School (TASS) dari Universitas Telkom. Pada tahun 2014, nama Telkom Applied Science School (TASS) diubah menjadi School of Applied Science (SAS).

Direktur[sunting | sunting sumber]

  • Ir. Ahmad Tri Hanuranto, M.T. (2007 - 2010)
  • Ir. Budi Sulistyo, M.T. (2010 - 2013)[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Saeni, Eni, ed. (31 Agustus 2013). "PT Telkom Resmikan Universitas Telkom". Tempo.co. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 Mei 2022. Diakses tanggal 22 Mei 2022. 
  2. ^ "Blog BUDI SULISTYO".