Universitas Widyatama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Universitas Widyatama
UTama
Moto Friendly Campus for Future Business Pro
Didirikan 2 Agustus 2001
Jenis Perguruan Tinggi Swasta
Rektor Dr. Mame S. Sutoko., Ir., D.E.A
Sarjana 5000 orang (tahun 2009)
Magister 100 orang (tahun 2009)
Lokasi Jl. Cikutra No. 204ABandung, Jawa Barat
Situs web http://www.widyatama.ac.id

Universitas Widyatama adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta Kota Bandung, Jawa Barat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah Universitas Widyatama (UTama) di mulai dengan pendirian Institut Akuntansi Bandung (IAB) di bulan Maret 1973 yang membina program studi Akuntansi (Strata 1). Pendirian perguruan tinggi ini diprakarsai Prof.Dr. Koesbandijah Abdul Kadir, Ak., seorang praktisi sekaligus pendidik yang seluruh hidupnya diabdikan untuk kepentingan pendidikan. Tahun 1976, Yayasan selaku penyelenggara membuka program studi Manajemen Perusahaan (Strata 1) dengan nama Institut Manajemen Bandung (IMB). Akhirnya kedua Institut bergabung menjadi Sekolah Tinggi Akuntansi dan Manajemen Perusahaan Bandung (STAMPB), yang kemudian - 3 September 1979 berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung (STIEB). Kiprah STIEB yang diakui masyarakat luas mendorong Yayasan mengembangkan beberapa sekolah tinggi lain, yaitu : Sekolah Tinggi Teknologi Bandung Widyatama (STTW, tahun 1995); Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Bandung (STIBB, tahun 1996); Sekolah Tinggi Disain Komunikasi Visual (STDKV, tahun 1999); kemudian Program Magister Manajemen Widyatama (MM-Widyatama, tahun 2000), serta Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA-Widyatama, tahun 2004).

Universitas Widyatama berdiri 2 Agustus 2001 merupakan penggabungan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung (STIEB), Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Bandung (STIBB), Sekolah Tinggi Teknologi Bandung Widyatama (STTW), Sekolah Tinggi Disain Komunikasi Visual (STDKV). Upaya penggabungan dimaksudkan untuk menghasilkan lulusan yang benar-benar memiliki daya saing. Langkah lanjut dilakukan Universitas Widyatama adalah upaya serius dan konsisten mewujudkan suatu sistem pelayanan pendidikan dengan standard ISO-9001: 2000.

ROISAPKini, Universitas Widyatama merepresentasikan universitas yang dinamis, inovatif, berorientasi ke depan yang menampung sekitar 6.700 mahasiswa serta sekitar 9.000 alumni yang tersebar di dunia kerja. Widyatama juga telah menempatkan dirinya dalam pergaulan nasional maupun internasional. Melalui kerjasama dengan UNESCO dan Kementrian Riset dan Teknologi dalam rangka menghadapi era masyarakat informasi, Universitas Widyatama ditetapkan sebagai pusat penyebaran informasi untuk Asia Pasifik atau disebut Regional Observatory of Information Society in Asia Pacific (ROISAP). Selain itu, Widyatama merupakan anggota aktif South East Asia Association for Institutional Research dan ditetapkan sebagai penyelenggara konferensi ke lima SEAAIR tahun 2005 di Bali.

Widyatama terletak di Cikutra? wilayah Bandung Timur, sebuah lokasi strategis yang mudah dijangkau sarana transportasi kota. Kampus yang terkonsentrasi dengan berbagai fasilitas belajar mengajar memungkinkan universitas menawarkan sebuah lingkungan belajar yang kondusif dan bersahabat. Selain memiliki lima fakultas, yakni: Fakultas Ekonomi, Fakultas Bisnis & Manajemen, Fakultas Teknik, Fakultas Bahasa, Fakultas Disain Komunikasi Visual, Widyatama menyelenggarakan Program Magister Manajemen (S2) dan Program Pendidikan Profesi Akuntansi/PPA. Rentang jalan panjang yang dilalui, mendorong Universitas Widyatama secara konsisten berada di garis depan bersama perguruan tinggi swasta lainnya dalam membuka kesempatan lebih besar bagi sumber daya manusia Indonesia memasuki dunia pendidikan tinggi yang berkualitas, sekaligus menempatkan diri sebagai jembatan bagi anak didik memasuki dunia kerja.

Pengembangan Universitas[sunting | sunting sumber]

Penggabungan beberapa sekolah tinggi di lingkungan Yayasan Widyatama menjadi Universitas Widyatama, salah satu upaya dalam rangka pengembangan perguruan tinggi ini. Secara bertahap Widyatama telah melakukan langkah-langkah pengintegrasian dan peleburan berbagai aturan dan sistem pendidikan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan pendidikan. Berkait dengan itu, dalam perencanaan dan pengembangan Universitas Widyatama melakukan prrioritas dilakukan kegiatan sebagai berikut: Mengembangkan Sistem Informasi Manajemen dalam lingkungan Universitas Widyatama secara terpadu, sehingga tercipta kondisi saling menguntungkan antara Universitas Widyatama dengan Mahasiswa dan Orang Tua Mahasiswa. Mendorong pelaksanaan riset dan penelitian yang berhubungan dengan aspek-aspek teknlogi, sosial, sosiografi dan lain-lain oleh seluruh sivitas akademika Universitas Widyatama, sehingga diharapkan Universitas Widyatama diharapkan Universitas Widyatama menjadi bagian dari Pusat Penelitian Keilmuan dan Praktis. Melakukan penjajagan kerjasama dengan lembaga pendidikan baik di dalam maupun luar negeri untuk meningkatkan daya saing para lulusan dalam kancah persaingan pencarian lapangan kerja. Melakukan penjajagan kerjasama dengan lembaga pemerintah dan non pemerintah dalam rangka meningkatkan nilai lebih (plus) bagi mahasiswa, Alumni dan Universitas Widyatama. Diharapkan dengan pola pengembangan yang terstruktur dan sesuai dengan kondisi kebutuhan dunia bisnis terkini, akan menciptakan lulusan yang siap kerja dan bahkan bila memungkinkan menjadi seorang interpreneur yang handal.

Konsepsi Logo

  • Bentuk : Huruf W membentuk lingkaran serta lengkungan di bawahnya menggambarkan gelombang air melingkar yang terus membesar dan berkembang dilandasi dasar kokoh berbentuk bulan sabit. Ini memberi makna bahwa Widyatama sebuah wadah yang bisa menciptakan dan mengembangkan potensi setiap mahasiswa untuk terus mengembangkan dan menyebarkan ilmu pengetahuan di masyarakat.
  • Huruf : W di awal atau pusat lingkaran singkatan Widyatama
  • Warna Biru : mencerminkan ilmu pengetahuan dan teknologi dan terus berkembang menjawab perkembangan global tantangan lokal. Memiliki makna kemantapan dan kekuatan, mencerminkan tekad untuk berusaha semaksimal mungkin sesuai kompetensi.
  • Warna Merah Bata : mencerminkan kekokohan dengan bahan dasar tanah.

Pilar Pengembangan[sunting | sunting sumber]

1. Quality

Berdasar standar mutu, kami berikan yang terbaik.

Kebijakan Mutu[sunting | sunting sumber]

Widyatama memberikan pelayanan terbaik, sejalan dengan standar kualitas. Widyatama yakin bahwa kualitas adalah kunci menuju masa depan. Konsisten terhadap keyakinan tersebut, sejak tahun 2003 Widyatama telah diakreditasi ISO 9001 : 2000 oleh TUV ? Jerman. Ini adalah bukti kepedulian Universitas Widyatama terhadap pemenuhan kebutuhan pelanggan, karyawan, dan dosen dengan layanan yang efisien dan efektif serta peningkatan mutu berkelanjutan. Widyatama selalu berupaya untuk menghasilkan lulusan yang profesional yang memiliki keunggulan dan daya saing dan selalu mengembangkan diri dalam masyarakat global.

Komitmen Mutu[sunting | sunting sumber]

Universitas Widyatama adalah perguruan tinggi swasta yang berorientasi pada mutu. Kami selalu berusaha menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan dan daya saing dan siap berkembang dalam masyarakat global. Memuaskan pelanggan, mahasiswa adalah tujuan kami. Komitmen kami :

Menerima calon mahasiswa berpotensi Mendorong mahasiswa aktif dan kreatif Menyediakan fasilitas belajar ? mengajar yang memadai dan layanan administrasi yang memuaskan pelanggan Mengadakan kerjasama dengan pihak eksternal Memilih staf pengajar yang berdedikasi dan berprestasi Menyajikan kurikulum yang dinamis sesuai perkembangan industri dan teknologi Mengutamakan kepuasan pelanggan.

Sasaran Mutu[sunting | sunting sumber]

  • 75 % mahasiswa dapat lulus tepat waktu dengan kriteria (S1 dan D4 8 semester, D3 6 semester).
  • 60 % lulusan mempunyai IPK minimum 2,75.
  • 75 % lulusan mempunyai TOEFL score 450 atau TOEIC 500.
  • 75 % lulusan menguasai aplikasi komputer sesuai bidang studinya dengan baik.

2. Customer Satisfaction

Bagi Widyatama pelanggan dan stakeholder adalah segalanya. Customers and stakeholders of Widyatama deserve the best. Pelanggan, stakeholder, dan Widyatama merupakan mitra yang tak terpisahkan, saling berbagiinformasi demi perbaikan masa depan. Bagi Widyatama, pelanggan dan stakeholder adalah segalanya.

3. Efficiency

Memaksimalkan kinerja membuat hasil yang berkualitas. Efisiensi adalah akar keberlangsungan dan optimalisasi kinerja untuk hasil yang berkualitas. Widyatama, layaknya sebuah korporasi mengelola pendidikan secara profesional, efisien, dan empati, sehingga membuahkan pendidikan tinggi berkualitas yang selalu berorientasi menghasilkan pribadi-pribadi unggul.

4. Friendly Campus

Ramah, sopan, siap membantu dengan layanan terbaik adalah napas Widyatama . Semboyan "Membangun kecerdasan bangsa melalui pendidikan tinggi yang excellent", menjadikan Widyatama noble-industry yang mencetak generasi penerus bangsa berdaya saing tinggi. Dalam komunitasnya yang bersahabat, Widyatama meningkatkan motivasi dan kreatifitas mahasiswa serta membangun komunikasi dengan stakeholder sebagai mitra kerja.

5 Business & Commerce

Seirama dengan aktivitas masa kini, Widyatama menjadikan business dan commerce sebagai warna diri, berarti seluruh program studi mampu menghasilkan lulusan yang dapat menjawab kebutuhan dunia bisnis dan komers.

6 . Growth

Pertumbuhan adalah tujuan akhir institusi kami. Universitas Widyatama tumbuh berkembang dan memberi kontribusi yang berarti bagi kemajuan bangsa, khususnya bagi mahasiswa, alumni, orang tua dan stakeholder.

Terdapat 5 fakultas di universitas ini yaitu:

  1. Fakultas Ekonomi
  2. Fakultas Teknologi
  3. Fakultas Bahasa
  4. Fakultas Desain dan Komunikasi Visual
  5. Fakultas Bisnis dan Manajemen

Pranala luar[sunting | sunting sumber]